Hubungan Pelayanan Rekam Medis terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poli Bedah RSUP H. Adam Malik

Maimunah Maimunah

Abstract


Pendahuluan; Kebutuhan pasien adalah kebutuhan mendasar bagi penyedia layanan kesehatan. Kepuasan itu penting, ketika pasien sendiri mencari jasa layanan kesehatan maka kepuasan akan menjadi patokan untuk pembelian di masa yang akan datang. Pasien merasa tidak puas dikarenakan pendistribusian status yang terlambat sehingga lamanya mereka dilayani. Tujuan; Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelayanan rekam medis terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Poli Bedah RSUP H. Adam Malik. Metode; Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif crossectional, yaitu salah satu desain penelitian atau bisa pula dilihat sebagai salah satu metodologi penelitian sosial dengan melibatkan lebih baik dari satu kasus dalam sekali olah dan juga melibatkan beberapa variabel untuk melihat pola hubungannya. Hasil; Uji chi square antara variabel tangibels dengan variabel kepuasan pasien hasilnya tidak ada hubungan. Diketahui bahwa Ho diterima karena nilai p= .933 (nilai p>0,05). Uji chi square antara variabel empati dengan variabel kepuasn pasien hasilnya tidak ada hubungan. Diketahui bahwa Ho diterima karena nilai p= .884 (nilai p>0,05). Uji chi square antara variabel reliability dengan variabel kepuasan pasien hasilnya ada hubungan. Diketahui bahwa Ha diterima karena nilai p= .000 (nilai p<0,05). Uji chi square antara variabel responsive dengan variabel kepuasan pasien hasilnya tidak ada hubungan. Diketahui bahwa Ho diterima karena nilai p= .918 (nilai p>0,05). Uji chi square antara variabel assurance dengan variabel kepuasan pasien hasilnya tidak ada hubungan. Diketahui bahwa Ho diterima karena nilai p= .858 (nilai p>0,05). Kesimpulan; Pasien merasa tidak puas dikarenakan pendistribusian status yang terlambat sehingga lamanya mereka dilayani. Terlambatnya  pendistribusian status biasanya dikarenakan salah simpan, salah pendistribusian dan petugas yang kurang tanggap.

Keywords


Hubungan, Pelayanan, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


World Health Organization.

Kementerian Kesehatan RI. Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI; 2009.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Andriani L. Pengertian Rumah Sakit Menurut Wikipedia. Sist Inf Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Dengan Menggunakan Progr Komput. 2009.

John J. Patient Satisfaction: The Imfact of Past Experience. J Heal Care Mark. 1992;12(3).

Boediono B. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.

Alma B. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta; 2012.

Tjiptono F. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi; 2002.

Tjiptono F. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQM). Yogyakarta: Andi; 2001.

Lovelock C, Wirtz J. Service Marketing (People, Technology, Strategy), Pearson Education Limited. England: Prentice Hall; 2011.

Yazid M. Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi. Ekonisia Fakultas Ekonomi UI; 2001.

Sabarguna BS. Pemasaran Pelayanan Rumah Sakit. Bandung: Sagung Seto; 2008.

Thoha M. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2008.

Manulang M. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Ghalia Indonesia; 2008.

Kotler PKK. Manajemen Pemasaran. Jild 1, 13. Jakarta: Erlangga; 2009.

Gaspersz V. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum; 2003.

Surat Keputusan Dirjen Pelayanan Medik No. 78 tahun 1991. Tentang Penyelenggaraan Rekam Medis.

Satriananda MM. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Bvgil Gelato. University of Muhammadiyah Malang; 2018.

Adhytyo DR. Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Ngawi. Gaster J Kesehat. 2013;10(2):22–32.

Wulandari Y. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kurir JNE Cabang Kawaluyaan Bandung. Universitas Widyatama; 2015.

Bata YW, Arifin MA. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja Tahun 2013. J Unhas.

Utama IK. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Mahasiswa D3 Manajemen Melanjutkan Studi Program S1 Manajmen Pada Universitas Widyatama Bandung. Universitas Widyatama; 2015.

Jamaludin A. Analisis Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Padang Sederhana Karawang. J Manaj Bisnis Kreat. 2018;4(1).

Pratiwi I. Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Perpustakaan; 2017.

Azkha N, Elnovriza D. No TitleAnalisis Tingkat Kepuasan Klien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Dalam Wilayah Kota Padang Tahun 2006. J Kesehat Masy Andalas. 2007;1(2):65–72.

Fatonah L. Tinjauan Tentang Pelaksanaan Pelayanan Konsumen Pada PT. BANK JABAR Banten Cabang Utama bandung. Universitas Widyatama; 2008.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v3i2.4949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.