Analisis Kepuasan Kerja Perawat berdasarkan Desain Fisik Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Madani Medan

Damian Vidana Hamzah

Abstract


Pendahuluan; Desain fisik instalasi rawat inap RSU Madani Medan didapati banyak ruangan perawatan yang tidak memiliki jendela sehingga kurangnya kebutuhan pencahayaan dan ventilasi alami, lantai ruangan rawat inap terbuat dari keramik yang licin. Tujuan; untuk menganalisis Kepuasan Kerja Berdasarkan Desain Fisik Ruang Rawat Inap RSU Madani Medan. Metode; Jenis Penelitian ini deskriptif kualitatif dengan menggambarkan keadaan sesungguhnya yang terjadi di lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah 4 orang perawat pelaksana, 1 orang Kepala Pengelola Medis dan 1 orang Kepala Penunjang Medis. Analisa data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman meliputi pengolahan data dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion or verification dan triangulasi.  Hasil;  Ruang Pos Perawatan, KM/ WC (Toilet) RSU Madani Medan sudah memenuhi standar sesuai dengan syarat ruanganmenurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 24 Tahun 2016. Ruang perawatan, Ruang Tindakan, Gudang kotor (Spoolhoek/ Dirty Utility) dan Ruang Isolasi belum memenui standar syarat ruangan. Kesimpulan;  Desain Fisik Ruang Rawat Inap RSU Madani Medan belum memuaskan kinerja perawat pelaksana di RSU Madani Medan. Saran; Diharapkan kepada Rumah Sakit Umum Madani Medan agar meningkatkan ketersediaan sarana prasarana, meningkatkan ketersediaan sumber daya yang ada secara keseluruhan, melakukan evaluasi terhadap pelayanan secara terus menerus (Continuous Quality Inprovement)

Keywords


Kepuasan Kerja, Desain Fisik, Ruang Rawat Inap

Full Text:

PDF

References


Lu J, Hignett S. Ergonomics Methods Applied To Healthcare Architecture. In Loughborough: Louborough University; 2011. p. 379–87.

Djemari. Pelayanan Gawat Darurat (Emergency Care). 2011.

Kemenkes RI. Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Ruang Rawat Inap. Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan Direktorat Bina Upaya Kesehatan [Internet]. Jakarta; 2012.

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 24 Tahun 2016 Tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit. Jakarta; 2016.

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 129/Menkes/SK/11/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta; 2008.

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 1171/Menkes/PER/VI/2011 Tentang Sistem Informasi Rumah Sakit [Internet]. Jakarta; 2011.

Depkes R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. indonesia; 2009.

Haripradianto T. Arsitektur Rumah Sakit. Program Ruang dalam Perencanaan Rumah Sakit. 2009.

WHO. World Health Statistic Report 2015 [Internet]. Geneva; 2015.

RS Madani. Profil Rumah Sakit Madani Medan. RS MADANI MEDAN. Medan: RS MADANI MEDAN; 2016.

Tjiptono F. Service, Quality and Satisfaction. 3rd ed. Yogyakarta: Andi; 2011.

Kemenkes RI. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 129/MENKES/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Tahun 2008. Nomor 129/MENKES/SK/II/2008. indonesia; 2008.

Siliwire J. Arsitektur Rumah Sakit. PT. Global Rancang Selaras [Internet]. 2010.

Febriana M. . Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Triase IGD RS. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2009 [Internet]. UNAND. 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta; 2012.

Moleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosidakarya PR, editor. Bandung; 2014.

Prastowo A. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press; 2012.

Hasibuan M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Revised. Jakarta: Bumi Aksara; 2011.

Arisman. Mengukur Kepuasan Masyarakat dan Kualitas Pelayanan Publik. artikel, Kementrian Hukum dan HAM [Internet]. 2014.

Sutrisno. Pengaruh Kualitas Layanan dan Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Tingkat II Tentara Nasional Indonesia, Surabaya. J Ilmu Ekon dan Manjemen JMM17. 2015;2(2)(27–41).

Nursalam. Manajemen Keperawatan. 3rd ed. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Depkes RI. Pedoman Teknis Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Kelas C. Pusat Sarana, Prasarana dan Peralatan Kesehatan. Jakarta [Internet]. Jakarta;

Nyorong M, Hamzah A, Mukti WY. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Woodward Kota Palu. J Adm dan Kebijak Kesehat Indones [Internet]. 2013.

Nurachman E. Asuhan Keperawatan Bermutu di Rumah Sakit. Jakarta: Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI); 2014.

Azwar A. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Ikatan Dokter Indonesia; 2011




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v3i1.4916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.