Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Ketepatan Pengembalian Berkas Rekam Medis di Ruang Rawat Inap Terpadu (RINDU) A di RSUP H. Adam Malik

Agustina Ginting

Abstract


Pendahuluan; Ketepatan pengembalian berkas rekam medis yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, yakni 1x24 jam, merupakan salah satu faktor dari beberapa faktor peningkatan mutu informasi yang berkualitas di rumah sakit. Pengembalian berkas rekam medis yang tepat sangat diperlukan guna menghindari terganggunya sistem pelayanan dan berkurangnya kualitas rumah sakit. Tujuan; Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan ketepatan pengembalian berkas rekam medis di ruang rawat inap terpadu (Rindu) A RSUP H. Adam Malik. Metode; Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif crossesctional, yaitu salah satu desain penelitian atau bisa pula dilihat sebagai salah satu metodologi penelitian sosial dengan melibatkan lebih dari satu kasus dalam sekali olah dan juga melibatkan beberapa variabel untuk melihat pola hubungannya. Hasil; Uji Chi square antara variabel pendidikan dengan variabel ketepatan pengembalian berkas rekam medis hasilnya  ada hubungan. Diketahui bahwa Ha diterima karena nilai p= .023 (nilai p> 0,05). Uji Chi square antara variabel penempatan kerja dengan variabel ketepatan pengembalian berkas rekam medis hasilnya tidak ada hubungan. Diketahui bahwa Ho diterima nilai karena nilai p= .798 (nilai p> 0,05). Uji Chi square antara variabel lama kerja dengan variabel ketepatan pengembalian berkas rekam medis hasilnya tidak ada hubungan. Diketahui bahwa nilai Ho diterima karena nilai p= .190 (nilai p> 0,05). Uji Chi square antara variabel lingkungan kerja dengan variabel ketepatan pengembalian berkas rekam medis hasilnya tidak ada hubungan. Diketahui bahwa Ho diterima karena nilai p= .798 (nilai p> 0,05). Kesimpulan; Berkas rekam medis yang kembali dari ruang rawat inap terpadu (Rindu) A sudah kembali tepat waktu. Dimana jika dilihat dari kriteria penilaian pengembalian rekam medis atau yang biasa disingkat dengan PRM, rekam medis yang kembali sudah mencapai 80% dari target 100%.

Keywords


Ketepatan Pengembalian, Rekam Medis, Rawat Inap

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia No. 44 Tahun 2009. Tentang Rumah Sakit.

Tribowo C. Perizinan dan Akreditasi Rumah Sakit Sebuah Kajian Hukum Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2012.

Susetyo B. Statistika Untuk Analisa Data Penelitian. Bandung: Refka Aditama; 2010.

Permenkes RI. No. 269/Menkes/Per/III/2008. Tentang Rekam Medis.

Edna HK. Health Information Management. 10th ed. 1994.

Hatta GR. Manajemen Informasi Kesehatan. Jakarta: UI Press; 2008.

Hayt E, Hayt J. Legal Aspects of Medical Records. Physicians’ Record Co. 1964.

Kesehatan DRI. Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. 1997.

Gibson JL, Ivancevich JM, Donnelly JH. Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Binapura Aksara Publiher; 2008.

Poerwadarminta WJ. Kamus Bahasa Indonesia. 3rd ed. Jakarta: Balai Pustaka; 1976.

Azwar A. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar;

Anggraini F. Hubungan Antara Gaya Hidup Dengan Status Kesehatan Lansia Binaan Puskesmas Pekayon Jaya Kota Bekasi Tahun 2008. http://lontar. ui. ac. id/opac/ui; 2008. University of Indonesia; 2008.

Dewi RK. Hubungan Metode Pembiayaan Dengan Persepsi Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap Di RSUD Tipe A Dr Moewardi. Surakarta. 2010;30–51.

Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan. Tangeran: Binarupa Aksara Publisher;

Heidjrachman R, Husnan S. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE; 2009.

Kreitner R, Kinicki A. Perilaku Organisasi. Salemba Empat; 2003.

Wexley KN, Yukl GA. Organizational Behaviour and Personnel Psychology. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.

Jefriany RS. Ketepatan Waktu Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap di RSPAU Dr. Suhardi Hardjolukito. Yogyakarta; 2017.

Robins S. Perilaku Organisasi. Peningkatan Kerja Melalui Perilaku Kerja Berdasarkan Kecerdasan Emosional Telaah Bisnis. Kesepuluh. 2006;7:No 1.

Oktafiyani Y. Pengaruh Pendidikan dan Masa Kerja Terhadap Kedisiplinan Karyawan di SMK Muhamadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2009.

Wibowo YT. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Ketepatan Pengembalian Dokumen Rekam Medis Di Ruang ICU RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Rahmawanti NP. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). J Adm Bisnis. 2014;8(2).

Zainal VR, Ramli M, Mintis T, Arafah W. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2009.

Maharsi ZN. Tingkat Ketepatan Waktu Pengembaliann Berkas Rekam Medis Rawat Inap Di RSUD Wates. 2017;

Nitisemito AS. Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia; 1999.

Mawei AC, Nelwan O, Uhing Y. Kepemimpinan, Penempatan Kerja Dan Kompensasi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Pada PT. Bank Bni (Persero), Tbk. KCU Manado. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akun. 2014;2(2).

Lewa EIIK, Subowo. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT Pertamina (Persero) Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat, Cirebon. Sinergi Ed Khusus Hum Resour. 2005;129–40.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v3i2.4915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.