Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap Ruang Penyakit Dalam di Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue

Rosmawiya Rosmawiya

Abstract


Pendahuluan :kesehatan adalah pelayanan publik yang bersifat mutlak dan erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat.Untuk semua pelayanan yang bersifat mutlak, negara dan aparaturnya berkewajiban untuk menyediakan layanan yang bermutu dan mudah didapatkan setiap saat. Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang dirasakan dan timbul sebagai akibat dari kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas dan diperoleh pasien, kemudian pasien dapat membandingkan dengan apa yang diharapkannya.Tujuan: untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Simeulue. Metode : jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik dengan pendekatan  cross sectional, yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue pada bulan januari sampai Agustus 2018.Teknik pengumpulan data menggunakan data primer, sekunder dan tersier, dengan menggunakan analisa data univariat, bivariat dan multivariat.Hasil : penelitian menunjukkan ada hubungan bukti fisik dengan p value 0,000, kehandalan dengan nilai p value = 0,000, daya tanggap dengan p value = 0,000, jaminan  dengan p value = 0,003 dan empati dengan p value = 0,000 terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit umum Simeulue, dan faktor yang lebih dominan memengaruhi kepuasan adalah bukti fisik dengan nilai p value 0,000.Kesimpulan :dari penelitian ini bahwa Pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan masih kurang baik dan belum dapat membuat pasien merasa puas.     


Keywords


Kepuasan, Bukti Fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty)

Full Text:

PDF

References


Pohan I. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC; 2007.

Profil RSUD Simeulue Tahun 2017.

Zeithaml VA, Parasuraman A, Berry LL. Delivering quality services. Dev FPC, editor. Vol. 11. 1990. 63–64 p.

Tatik Suryani. 10. Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran [Internet]. Graha Ilmu, editor. yogyakarta; 2008.

Az-zahroh TN. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. PSIKOSAINS (Jurnal Penelit dan Pemikir Psikologi). 2017;12(2):99–111.

Mukti Y, Hamzah, A NM. Pengaruh Mutu Layanan Kesehatan Terhadap Kepuasan PAsien Rawat Inap di Rumah Sakit Woodward Kota Palu. Aak. 2013;2(3):35–41.

Pengaruh Faktor Karakteristik, Mutu Pelayanan Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. 2012;

Oroh ME, Rompas S, Pondaag L. Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Jurrnal keperawatan, Ejournal Univ Sam Ratulangi Manad. 2014;7.

Puri Kusumawati. Perbedaan kepuasan pasien pengguna asuransi perusahaan Dan non asuransi terhadap mutu pelayanan kesehatan di Bangsal rawat inap rumah sakit islam Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Univ Muhammadiyah Surakarta. 2013;

Harfika J, Abdulllah N. Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance. 2017;XIV(1):44–56.

Yunida ME. pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Amal Sehatwonogiri. J Manaj Bisnis Indones [Internet]. 2016 Apr 1 [cited 2019 Oct 13];5(3):287–97.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan 1. jakarta: Asdi Mahasatya; 2010.

Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan. p. Ed III.

Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry LL. Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Further Research. J Mark. 1994;58(1):111.

Farida NL. Pengaruh Bukti Fisik, Kehandalan, Dan Ketanggapan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Desa Cerme Kabupaten Nganjuk. 2017;01(07).

Nurhaida S, Sudirman S. Hubungan Kulaitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Ampana Kabupaten Tojo UNA-UNA. Heal Tadulako. 1(2).

Ilma S, Sanna AT, Darmawansyah D, Arifin A. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Ditinjau dari Aspek Input Rumah Sakit di Instalasi Rawat Inap RSU. Haji Makassar. Media Kesehat Masy Indones Univ Hasanuddin. 2011;7(2).

Zoeldhan. dalam Nur Laili Farida Pengaruh Bukti Fisik, Kehandalan, Dan Ketanggapan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Desa Cerme Kabupaten Nganjuk. 2014;

Triwinarno. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Sragen. Trop Life Sci Res. 2014;25(1):75–93.

Wilson A, Zeithaml VA, Bitner MJ, Gremler DD. Services marketing: Integrating customer focus across the firm. McGraw Hill; 2003.

Ayuningrum H, Immas P, Dewi RS. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Kota Magelang.

Wira D, Suarjana, Wijaya G. Hubungan antara Persepsi Daya Tanggap dan Persepsi Empati dengan Kepuasan Pasien di RSUD Wangaya Denpasar The Relationship between Inpatient Expectations of Staff Responsiveness and Empathy with Inpatient Satisfaction at Wangaya District Hospital Denpasar. Public Health. 2014;2:150–5.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v2i2.4883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.