Analisis Pelaksanaan Pelayanan Farmasi Bagian Instalasi Kefarmasian RSUD Simeulue

Ardianti Ardianti

Abstract


Pendahuluan; Standar pelayanan farmasi di rumah sakit menentukan kualitas pelayanan dan menjaga keselamatan pasien. Pelayanan farmasi di Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue belum sesuai standar dan belum terlaksana dengan baik. Tujuan; Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pelayanan farmasi bagian instalasi bagian kefarmasian RSUD Simeulue tahun 2018. Metode; Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Informan kuncidalam penelitian ini adalah Direktur Rumah Sakit Umum daerah Simeulue dan kepala bagian kefarmasian berjumlah 2 orang, informan utama adalah apoteker dan asisten apoteker berjumlah 2 orang dan informan triangulasi/tambahan yaitu pasien sebanyak 2 orang. Hasil; penelitian bahwa pelaksanaan pengkajian dan pelayanan resep sudah baik, penelusuran riwayat penggunaan obat tidak berjalan dengan baik, rekonsiliasi obat tidak berjalan dengan baik, informasi obat sudah berjalan dengan baik, pelayanan konseling cenderung kurang baik, pemantauan terapi obat cenderung tidak baik, monitoring efek samping obat cenderung tidak baik dan pemantauan kadar obat dalam darah cenderung tidak baik. Kesimpulan; dalam penelitian ini bahwa pelaksanaan pelayanan farmasi di Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue yang sudah baik adalah pelaksanaan pengkajian pelayanan resep dan informasi obat, sedangkan pelayanan farmasi tidak baik adalah penelusuran riwayat penggunaan obat, rekonsiliasi obat, pelayanan konseling, pemantauan terapi obat, monitoring efek samping obat dan pemantauan kadar obat dalam darah.


Keywords


Pelaksanaan, Pelayanan Farmasi, Instalasi Kefarmasian

Full Text:

PDF

References


Sakit DIR. KMK No. 1197 Tahun 2004 Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit. 2006;

Nofriana E, Suryawati S. Analisis ABC dan VEN terhadap Belanja Obat di RSUD Dr, Soedarso Pontianak Tahun 2010. [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada; 2012.

Kementerian Kesehatan RI. PMK RI No. 72/2016 Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. 2016;(49).

Aslam M, Tan CK, Prayitno A. Farmasi Klinis (Clinical Pharmacy) Menuju Pengobatan Rasional dan Penghargaan Pilihan Pasien. Jakarta: PT Gramedia: Jakarta; 2003.

Ikawati Z. Farmakoterapi Penyakit Sistem Pernapasan. Yogyakarta: Pustaka Adipura; 2010.

Rasool BKA, Fahmy SA, Abu-Gharbieh EF, Ali HS. Professional practices and perception towards rational use of medicines according to WHO methodology in United Arab Emirates. Pharm Pract (Granada). 2010;8(1):70.

Pharmacy AC of C, Page RL, Hume AL, Trujillo JM, Leader WG, Vardeny O, et al. Interprofessional education: Principles and application a framework for clinical pharmacy. Pharmacother J Hum Pharmacol Drug Ther. 2009;29(7):879.

Indah WN. Profil Penerapan Farmasi Klinik di Rumah Sakit Amal Usaha Milik Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta. 2016;

Profil RSUD Simeulue Tahun 2017.

Nasution DA. Manajemen Perencanaan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padangsidimpuan Tahun 2017. 2017;

Amaranggana L. Pelayanan Informasi Obat yang Efektif dari Beberapa Negara untuk Meningkatkan Pelayanan Farmasi Klinik. Farmaka. 2017;15(1):20–8.

Putra A, Widayanti AW. Persepsi Tenaga Kesehatan Terhadap Peran Apoteker Dalam Pelayanan Farmasi Klinik Di Rumah Sakit Umum Pusat DR. Soeratji Tirtonegoro Klaten. Universitas Gadjah Mada; 2013.

Any K. Perkembangan Layanan Farmasi Menuju Pelayanan Farmasi Klinik di RSUD Pasar Rebo.

Gultom M, Ardiningtyas B, Aditama H. Pelaksanaanstandar pelayanan kefarmasian dan gambaran pelayanan farmasi di Kota Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada; 2016.

Mardiati N. Gambaran Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian RSU Banjarmasin 2017. J Pers Soc Psychol. 2017;1(1):1188–97.

Sakti YA, Rimawati E. Persepsi pasien terhadap pelayanan kefarmasian petugas Apoteker di Puskesmas Gunungpati Semarang tahun 2016. 2016; Available from: http://mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/18973.pdf

Athiyah U, Dan M, Di G. Profil Informasi Obat Pada Pelayanan Resep apotek RSu Surabaya. 1(1):6–11.

Baroroh F, Darmawan E. Evaluasi Implementasi Pelayanan Konseling Obat di Apotek Kota Yogyakarta. 2016;3(1):13–9.

Restriyani M. Persepsi Dokter Dan Perawat Tentang Peran Apoteker Dalam Pelayanan Farmasi Klinik Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta. 2016;

Febriawati H. Manajemen Logistik Farmasi Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2013.

Widyati. Praktik Farmasi Klinik (Fokus pada Pharmaceutical Care). Jakarta: Berlian Inter Nasional; 2014.

Siswanto. Metode Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Cetakan Ke. Yogyakarta: Bursa Ilmu; 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta; 2015.

Ahmadi R. Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2014.

Rahmat J. Metode Penelitian Komunikasi Bandung. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya; 2009.

Arhayani. Perencanaan dan Penyiapan Pelayanan Konseling Obat Serta Pengkajian Resep Bagi Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Imanuel Bandung. 2017;




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v2i1.4871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.