Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Di Puskesmas Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan

Dira Asifa

Abstract


Pendahuluan; Berhasilnya organisasi dalam mencapai tujuan bukan hanya tergantung kepada kepemimpinan dan gaya kepemimpinan, juga bergantung pada kualitas SDM yaitu tentang kedisiplinan pegawai nya. Tanpa kedisiplinan kerja yang tinggi maka tugas atau pekejaan yang akan dilaksanankan tidak akan mencapai hasil yang maksimal sehingga tujuan organisasi dapat tidak tercapai dengan baik. Terdapat permasalahan di Puskesmas Pekan Labuhan yaitu tingkat disiplin kerja pegawai masih kurang baik terutama dalam hal ketaatan terhadap waktu, misalnya dalam hal tidak mematuhi ketentuan jam kerja dan tidak tepat waktu dalam penyelesaian tugas serta jarang menggunakan atribut yang lengkap seperti bad nama. Tujuan; untuk menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Di Puskesmas Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan Tahun 2018. Metode; Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan menggunakan desain Cross Sectional dengan jumlah sampel sebanyak 39 pegawai dan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Total Sampling. Hasil; Dari tabel uji univariat didapatkan hasil bahwa dari 4 variabel gaya kepemimpinan, mayoritas pegawai mengatakan bahwa kepala puskesmas pekan labuhan memiliki gaya kepemimpinan bebas dengan disiplin kerja pegawai sedang. Sementara berdasarkan uji bivariat menggunakan Chi-square didapatkan hasil bahwa ada 3 gaya kepemimpinan yang berpengaruh dengan disiplin kerja yaitu gaya kepemimpinan demokratik, gaya kepemimpinan birokratik dan gaya kepemimpinan bebas Kesimpulan dan saran; Hasilnya dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala puskesmas pekan labuhan menggunakan gaya kepemimpinan bebas serta memiliki disiplin kerja yang sedang. Disarankan agar kepala puskesmas pekan labuhan bisa menerapkan gaya kepemimpinan birokratis agar disiplin kerja pegawai dapat lebih baik lagi, kepala puskesmas juga harus bisa bersikap lebih tegas lagi dalam memimpin para pegawai nya yang melanggar aturan, lebih bisa menjalin kedekatan dengan semua pegawai, serta lebih bisa lagi mempertimbangkan saran ataupun pendapat dari para pegawai nya. Untuk para pegawai juga agar lebih bisa menaati peraturan yang telah dibuat, lebih ditingkatkan lagi semangat dalam bekerja sehingga timbul rasa tanggungjawab terhadap tugas-tugas yang diberikan serta lebih bisa lagi ditingkatkan komunikasi antara semua pegawai dengan pimpinan.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Sutrisno E. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta Kencana Prenada Media Gr. 2009;

Sutarto. Dasar-dasar kepemimpinan administrasi. Gadjah Mada University Press; 1989.

Kartono K. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu Badan Penerbit Rajawali Press, 2013. Jakarta; 2013.

Mesiono. Manajemen dan Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis.2010.

Pamudji S. Kepemimpinan pemerintahan di Indonesia. Yayasan Karya Dharma, Institut Ilmu Pemerintahan; 1981.

Inu Kencana S. Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia, Bandung: PT. Refika Aditama. 2003;

Tanjung SHF. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Puskesmas Andam Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2016.

Permenkes.Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75/2014. Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta.2014.

Nurmaladewi, R. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Kelurahan Kemboja Kecamatan Tanjungpinang Barat. Skripsi. Tanjung Pinang, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pratiwi A. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Camat Stabat Kabupaten Langkat.

Hasibuan MSP. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Penerbit PT. BumiAksara, Jakarta. 2000;

ENDRIAWAN BDA, NUGRAHENI R. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Disiplin Kerja Pegawai (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Bidang Sumber Daya Air). Fakultas Ekonomika dan Bisnis; 2014.

Puskesmas Pekan Labuhan. 2017. Profil Puskesmas Pekan Labuhan 2017. Medan;

Dwinata CP. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Disiplin Pegawai Pada Puskesmas Rambung, Kelurahan Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan. 2015;

Yugusna I, Fathoni A, Haryono AT. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja dan Kedisiplinan Karyawan (Studi Empiris pada Perusahaan SPBU 44.501. 29 Randu Garut Semarang). J Manage. 2016;2(2).

Siagian SP. Teori dan Praktek Kepemimpinan, PT. Rineka Cipta Jakarta. 2003;

Liestiani Noorjanah N. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Pertanian Lebak Banten. 2010;

Jaya KYP, Adnyani I. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Di Dinas Balai Bahasa Provinsi Bali. E-Jurnal Manaj Unud. 2015;1(9):2702–21.

Siagian SP. Teori dan praktek kepemimpinan. Rineka Cipta; 1999.

Handoko TH. Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta BPFE. 2001;




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v2i1.4253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.