Pengaruh Faktor Psikologis dan Organisasi terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak

Dewi Yanti, Iman Muhammad

Abstract


Peran komunikasi dalam meningkat kinerja perusahaan sangat penting karena sistem komunikasi yang baik akan meningkatkan kinerja karyawan. Membatu mendorong dan mengarahkan karyawan untuk melakukan pekerjaan, mempengaruhi sikap, perilaku dan menanamkan kepercayaan karyawan. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan komunikasi pemimpin dengan kinerja petugas kesehatan di Puskesmas B.P Mandoge. Desain: Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan desain cross sectional, sampel yang diambil dengan mengunakan total population dengan rumus slovin yaitu sebanyak 49 pasien. Pengumpulan data diambil dari data primer dan sekunder. Analisa data yang digunakan untuk mengetahui hubungan variabel menggunakan uji chi-square. Alat ukur yang di gunakan adalah kuesioner. Hasil: Mayoritas petugas kesehatan berpendapat bahwa komunikasi pemimpin dalam kategori cukup yaitu 19 responden (38,8%) dan mayoritas petugas kesehatan memiliki kinerja dalam kategori kurang yaitu 22 responden (44,9%). Kesimpulan: Komunikasi pemimpin adalah sig-p = 0,017 atau < nilai sig α = 0,05. Hal ini membuktikan bahwa komunikasi pemimpin memiliki hubungan dengan kinerja petugas kesehatan di Puskesmas B.P Mandoge. Bagi Puskesmas B.P Mandoge disarankan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu indikator dalam menentukan kebijakan berkaitan dengan upaya meningkatkan komunikasi pimpinan secara baik agar terwujud kinerja bawahan yang maksimal.

 


Keywords


Komunikasi Pemimpin, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Nomor U-URI. tahun 2009 tentang Kesehatan. Lembaran Negara Republik Indones Nomor. 36AD;144:36.

Pohan Imbalo S. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta Penerbit Buku Kedokt EGC. 2012;

Illustri S, Kes M. Faktor-Faktor Psikologis Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Di Irna Utama Rsup Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2013. J Kesehat Bina Husada Vol. 2013;10(4).

Agustina W. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kokap Ii Segajih Hargotirto Kokap Kulon Progo Yogyakarta. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta; 2009.

Simamora NRH, Kep M. Buku ajar pendidikan dalam keperawatan. In EGC; 2009.

Sumijatun. Konsep Dasar Menuju Keperawatan Profesional. Jakarta: Trans Info Media; 2010.

Nursalam N. Manajemen keperawatan: Aplikasi dalam praktek keperawatan profesional. Jakarta Salemba Med. 2015;

M Ratnasari. Penerapan Pengembangan Manajemen Kinerja (PMK) Klinik Bagi Perawat dan Bidan Pada Sistem Remunerasi. J Keperawatan Univ Indones. 2010;

Aditama TY. Manajemen administrasi rumah sakit. Penerbit Universitas Indonesia; 2009.

Indonesia R. Undang-undang Republik Indonesia nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta Republik Indones. 2009;

Firmansyah M. Pengaruh Karakteristik Organisasi Terhadap Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Untuk Membantu Promosi Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Sigli Tahun 2009. 2009.

Depkes. Kinerja Pelayanan Kesehatan. 2010;

Hafizurrachman LT, Adang B. Beberapa Faktor yang Memengaruhi Kinerja Perawat dalam Menjalankan Kebijakan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah. J Indon Med Assoc. 2011;61(10):387–93.

Sarworini F. Hubungan Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karanganyar. Faculty Of Social and Political Science; 2007.

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan. Bandung: Cipta pustaka Media Printis. 2016;

Notoatmodjo S. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: rineka cipta; 2010.

Suarni dkk. Hubungan Faktor Psikologis dengan Kinerja Perawat dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. 2013;

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. 2007;20.

Anoraga P. Psikologi kerja. PT Rineka Cipta; 2009.

Siregar HS. Pengaruh Faktor Psikologis dan Organisasi terhadap Kinerja Bidan dalam Pelaksanaan Program Jaminan Persalinan di Kota Padangsidimpuan. 2012.

Kadarisman M. Manajemen kompensasi. Universitas Terbuka; 2011;

Suprihanto J. Manajemen. UGM PRESS; 2016.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v1i2.3990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.