Hubungan Mutu Pelayanan Dokter Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Londut Kabupaten Labuhanbatu Utara

Nurhakiki Hasibuan, Tengku Moriza

Abstract


Pengukuran tingkat kepuasan pasien mutlak dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Melalui pengukuran tersebut, maka dapat diketahui sejauh mana dimensi-dimensi mutu pelayanan kesehatan yang telah di selenggarakan dapat memenuhi harapan Pasien. Tujuan; penelitian untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Dokter Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Londut Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode; Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan explanatory research, pengambilan sampel yang diambil dengan menggunakan accidental sampling yaitu sebanyak 88 orang. Pengumpulan data diambil dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji chi-square. Hasil;  penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mutu pelayanan hubungan responsiveness kategori cukup yaitu 48 responden (54,5%), reliability responden kategori cukup yaitu 48 responden (54,5%), assurance kategori cukup yaitu 50 responden (56,8%), empathy kategori cukup yaitu 53 responden (60,2%), tangible kategori cukup yaitu 44 responden (50,0%). Kesimpulan;  dalam penelitian ini menunjukkan bahwa  terdapat hubungan  yang signifikan antara Mutu Pelayanan Dokter Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Londut Kabupaten Labuhanbatu Utara. Melalui penelitian ini, sebaiknya pihak puskesmas khususnya dokter lebih meningkatkan ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan lebih menjalankan komunikasi dua arah dengan pasien agar terciptanya hubungan yang baik antara dokter dan pasien.


Full Text:

PDF

References


Handayani L, Rampen TAA, Hariastut I. Kajian Undang-undang no. 36 Tahun 2009 terkait Program KB Berkualitas dalam Mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera. 2011;

Azwar A. Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 1996;1496.

Dedi A. Manajemen pelayanan kesehatan. Mulia Medika. Yogyakarta; 2012.

Indonesia PR. Nomor 74 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta Sekr Negara. 2014;

Soejadi S. Pedoman Penilaian Kinerja Rumah Sakit. Umum Katiga Bina, Jakarta. 1996;

Muninjaya AA. Gde. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC; 2011.

Ikhlashiah A. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit Adenin Adenan Medan. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit Adenin Adenan Medan.

Purnomo I, Amirudin Z. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Batang Iii. Pena J Ilmu Pengetah Dan Teknol. 2014;27(1).

Muhammad A, Umboh JML, Tucunan AAT. Hubungan antara Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Siko Ternate. Tumou Tou. 2015;1(2).

Profil. Kesehatan Puskesmas Puskesmas Londut Kabupaten Labuhan Batu Utara. 2015;

Astawa Y. Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. 2012;

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah Hal 92-98. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2016.

Khoiriyah R, KM KEWS. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi Pada Peserta Bpjs Di Puskesmas Setabelan Kota Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2017.

Singarimbun M, Effendi S. Metodologi Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. 1989;

Nursalam. Ilmu Perilaku dan Pendidikan Kesehatan untuk Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika ; 2011;

Sugesti E, Sugiyanto Z, Ernawati D. Hubungan persepsi pasien rawat jalan tentang mutu pelayanan dokter dengan kepuasan pasien rawat jalan di rsud kota salatiga tahun 2013. J-Dinus; 2013.

Tacoh TS, Pangemanan JM, Rumampuk JF. Hubungan Antara Pelayanan Dokter dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap A Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Pusat Prof. DR. RD Kandou Kota Manado. fkm. unsrat. ac. id/wp-content. TAUFIQ-TACOH-091511177. pdf; 2013.

Imbalo S. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. 2012;

Bustami MS. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga. Halaman; 2011.

Arwanda KF. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Pura Tahun 2015. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Ina di Rumah Sakit Umum Drh Tanjung Pura Tahun 2015.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v1i1.3982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.