Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kebaikan Pasien Rawat Jalan Jantung di Rumah Sakit Advent Medan

Andini Mentari Tarigan, Umar Zein, Darwin Syamsul

Abstract


Kebaikan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Survei awal yang dilakukan di Rumah Sakit Advent Medan pada poli jantung pasien mengatakan merasa menunggu lama terhadap jam pelayanan yang tidak sesuai, kurang jelasnya informasi yang diberikan oleh petugas kesehatan serta mengatakan minimnya waktu pasien untuk berkonsultasi kepada dokter. Tujuan; untuk menganalisis Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kebaikan Pasien Rawat Jalan Jantung di Rumah Sakit Advent Medan. Metode; Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini pasien yang berobat di poli jantung dengan jumlah sampel 80 responden dengan cara pengambilan sampel penelitian yaitu menggunakan teknik accidental sampling. Hasil; Diperoleh hasil, variabel yang memiliki pengaruh yaitu reliability mempunyai nilai p (Sig) 0.000 < 0.05, tangible p (Sig) 0.001 < 0.05, empathy p (Sig) 0.007 < 0.05 sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh yaitu assurance p (Sig) 0.843 > 0.05 dan responsiveness p (Sig) 0.064 > 0.05. variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kebaikan pasien adalah variabel reliability dengan nilai sig 0.000 dan Exp (B) 15.979 yang artinya reliability yang baik memiliki 16 kali bepengaruh terhadap kebaikan pasien. Kesimpulan; Dari hasil penelitian, diharapkan rumah sakit memberikan informasi yang jelas terkait mengurus berkas pasien kunjungan ulang, ruang poli yang tidak berpindah-pindah dan waktu pelayanan yang sesuai sehingga memudahkan pasien dan meningkatnya kebaikan pasien.


Keywords


Kebaikan Pasien, Mutu Pelayanan, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta Republik Indones. 2009;

UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Diakses pada tanggal. 44AD;9.

Suryawati C. Kepuasan pasien rumah sakit (tinjauan teoritis dan penerapannya pada penelitian). J Manaj Pelayanan Kesehat. 2004;7(04).

Departemen Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan UU No. 44 Tahun 2009: Rumah Sakit. Jakarta Dep Kesehat RI. 2009;

Satrianegara MF. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta Salemba Med. 2014;21.

Permenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 012 tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta; 2012.

Herlambang S, Murwani A. Cara mudah memahami manajemen kesehatan dan rumah sakit. Yogyakarta Gosyen Publ (in bahasa). 2012;

Menkes RI. Permenkes RI Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif di Rumah Sakit. 2016. Jakarta Diperbanyak oleh Dep Kesehat. 11AD;

Trimurthy IGA. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro; 2008.

Subekti D. Analisis hubungan persepsi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien balai pengobatan (bp) umum puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2009. Universitas diponegoro; 2009.

Anjaryani WD. Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Diponegoro; 2009.

Az-zahroh TN. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. PSIKOSAINS (Jurnal Penelit dan Pemikir Psikologi). 2017;12(2):99–111.

Putra M. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara Tahun 2016. 2016;

Zaniarti D. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jamkesmas di RSUD Salatiga. Universitas Negeri Semarang; 2011.

Rumah Sakit Advent. Profil RS Advent Medan. RSU Advent Medan. 2017;

Muninjaya AA. Gde. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC; 2011.

Septiani A. Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Kabupaten Sumedang. Coopetition. 2016;7(1):1.

Pangerapan DT, Palandeng OELI, Rattu AJM. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. J Kedokt Klin. 2018;2(1):9–18.

Ginting T. Analisis kualitas pelayanan rawat jalan puskesmas berastagi Kabupaten karo. J tesis) Progr Magister dan Kebijak Publik Univ Indones Jakarta http//lib ui ac id(Diakses 3 Oktober 2016). 2012;

Ainaini M. Studi terhadap Kepuasan Atas Pelayanan Puskesmas Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2006.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v1i2.3973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.