Pengaruh Faktor Thought And Feeling, Personal References, Resources dan Culture terhadap Kepuasan Pasien di RSU Delima Medan

Nangari Sembiring Guru Kinayan

Abstract


Rumah Sakit Umum Delima Medan (RSUDM). Beroperasi dengan 60 unit tempat tidur rawat inap, terletak di KM 13,7 Medan. Masalahnya, pertama sejak awal sampai sekarang pemakaian tempat tidur rawat inap tidak pernah mencapai BOR 60%. Tujuan; menghentikan masalah riil RSUDM telah melaksanakan 2 kali uji akreditasi versi anjuran KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit), tetapi tindakan tersebut tidak pernah memberikan perbaikan yang memuaskan. Metode; Jenis penelitian survey analitik dengan rancangan cross sectional (potong lintang) Sampel dihitung berda sarkan populasi pasien rawat inap yang pulang di sepanjang 1 bulan sebanyak 345 orang jumlahnya  78 orang. Hasil; Variabel "Thought and Feeling" dengan Coef = 0,392 dan Sig = 0,00 <0.05; dan variabel "Culture" dengan Coef = 0,401 dan Sig = 0,00 <0.05   mampu memengaruhi nilai variabel dependent "Behavior". Dua variabel lain yaitu variabel "Personal References" dan "Resources" tidak memiliki indikasi berpengaruh. Tidak ada kebermaknaan pengaruh suatu faktor variabel biodata yang diregistrasi.  Kesimpulan; Untuk meningkatkan BOR, peneliti menganjurkan manajemen rumah sakit menggunakan temuan penelitian untuk mengatur ulang pelayanan perawat dan pelayanan dokter di rawat inap, memberikan pasien edukasi kesehatan yang lebih akurat dan efektif sehingga mampu menilai makna pelayanan yang baik seperti yang ditawarkan RS.


Keywords


Health Education, nurses' demand and satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Sunandar U. Pengaruh karakteristik kepemimpinan dan inovasi produklayanan kesehatan terhadap kinerja perusahaanuntuk mencapai keunggulan bersaing padarumah sakit awal bros pekanbaru. J tepak manaj bisnis. 2018;8(2).

Wirawan EA, Novitasari D, Wijayanti F. Hubungan Antara Supervisi Kepala Ruang Dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa. J Manaj Keperawatan. 2013;1(1).

Hutahaean S. Kajian tentang proses magang (internship) perawat di rs x jakarta. J akad keperawatan husada karya jaya. 2018;4(1).

Suardani L, Suardani L. Hubungan antara Beban Kerja dengan Kepuasan Kerja Perawat di Ruang IGD RSUD Kabupaten Buleleng Tahun 2015. Universitas Udayana; 2016.

Ambarwati D, Lataruva E. Pengaruh Beban Kerja terhadap Stres Perawat IGD dengan Dukungan Sosial sebagai Variabel Moderating (Studi pada RSUP Dr. Kariadi Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis; 2014.

Khozin M. Evaluasi implementasi kebijakan standar pelayanan minimal bidang kesehatan di kabupaten gunungkidul. J Stud Pemerintah. 2010;1(1).

Respati T, Djoerban B, Maryani H. Penerapan Metode Barber Johnson untuk Menilai Efisiensi Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia. Bul Penelit Sist Kesehat. 2001;4(1 Jun).

Asmara AP. Pengaruh Turnover Intention terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Bedah Surabaya. J Adm Kesehat Indones. 2018;5(2):123–9.

Suryawati C. Penyusunan indikator kepuasan pasien rawat inap rumah sakit di provinsi Jawa Tengah. J Manaj Pelayanan Kesehat. 2006;9(04).

Mujtaba BG, Johnson WC. Creating an Organizational Culture of Delightful Customer Intimacy at Publix Super Markets, Inc. Int J Mark Pract. 2016;3(2):47–67.

Priambodo g. Caring dalam asuhan keperawatan.

Rifai mi. Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien rumah sakit umum daerah (rsud) wirosaban kota yogyakarta. 2016;

Daniri MA. Standarisasi tanggung jawab sosial perusahaan. Indones Kadin Indones. 2008;

Nurdini A. “ Cross-sectional vs longitudinal”: pilihan rancangan waktu dalam penelitian perumahan permukiman. Dimens (Journal Archit Built Environ. 2006;34(1):52–8.

Sativa G, Cahyanti RD. Pengaruh indeks massa tubuh pada wanita saat persalinan terhadap keluaran maternal dan perinatal di rsup dr. kariadi periode tahun 2010. Faculty of Medicine; 2011.

Haryadi Mr, Suryana Hp. Pengaruh Suasana Toko Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Le Delice Cafe And Bakery Bandung. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung; 2018.

Santoso S. Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo; 2017.

Dahlan MS. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Penerbit Salemba; 2011.

Simamora B. Analisis multivariat pemasaran. Gramedia Pustaka Utama; 2005.

Bouman M, Van der Wiele T. Measuring service quality in the car service industry: building and testing an instrument. Int J Serv Ind Manag. 1992;3(4):4–16.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v1i1.3964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.