Pengambilan Keputusan untuk Menjadi Pekerja Seks Komersial (PSK) pada Remaja di Kota Parepare

Bismi Fortuna Ibrahim

Abstract


Pengambilan keputusan pekerja seks komersial menjadi perhatian saat ini mengingat ada beberapa hal yang seharusnya dapat dipertimbangkan dengan baik khususnya keputusan menjadi pekerja seks komersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pengambilan keputusan dan faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan untuk menjadi pekerja seks komersial (PSK) pada remaja di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan jenis pertanyaan terbuka. Partisipan penelitian berjumlah empat responden utama. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis tematik. Berdasarkan hasil temuan, proses pengambilan keputusan menjadi pekerja seks komersial pada responden secara garis besar memiliki beberapa kesamaan. Proses pengambilan keputusan yang dilalui berawal dari kondisi awal, tekanan yang dialami, melakukan alternatif pekerjaan, mendapatkan ajakan dari teman, mempertimbangkan keputusan yang akan diambil, hingga akhirnya berkomitmen atau yakin terhadap keputusan yang diambil sebagai pekerja seks komersial. Faktor-faktor yang melatarbelakanginya adalah ingin memenuhi kebutuhan pribadi, membantu kehidupan keluarga, dan memiliki kegagalan dalam hubungan rumah tangga. Hasil penelitian ini diharapkan remaja dapat menyadari pentingnya pengambilan keputusan untuk mencegah dampak negatif dari dunia pekerja seks komersial dalam kehidupan subjek dan masyarakat.

Kata kunci: Pekerja Seks Komersial, Pengambilan Keputusan, Remaja.


Keywords


Pekerja Seks Komersial; Pengambilan Keputusan; Remaja

Full Text:

PDF

References


Purwaningtyastuti, Savitri D. Kebermaknaan Hidup Pekerja Seks Komersial ditinjau dari Konsep Diri. J Din Sos Budaya. 2016;18(2):260–73.

Destrianti F, Harnani Y. Studi Kualitatif Pekerja Seks Komersial (PSK) di Daerah Jondul Kota Pekanbaru Tahun 2016. J Endur. 2018;3(2):302–12.

Aini SQ. Pengambilan Keputusan sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK) pada Remaja Laki-Laki (Studi Kasus terhadap Remaja Laki-Laki Pelaku Prostitusi di Kabupaten Pati). J Litbang. 2014;10(2):152–60.

Rahman A. Penyebaran Informasi HIV/AIDS dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pekerja Seks Komersial (PSK) di Kota Parepare. [Skripsi]. Universitas Hasanuddin; 2008.

Safira AN, Rahmandani A. Pengalaman Menjadi Single Mother pada Pekerja Seks Komersial (PSK) di Resosialisasi Sunan Kuning Semarang. Empati. 2018;7(4):321–31.

Kartika RO. Pengaruh Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas X Man 5 Sleman. 2022;

Hairuddin K. Advokasi Penggunaan Kondom pada Pekerja Seks Komersial dalam Rangka Mengantisipasi Penularan HIV/AIDS. CV. AZKA PUSTAKA; 2022.

Sari IP, Mattiro S, Widaty C. Profil Remaja Pekerja Seks Komersial di Banjarmasin Kalimantan Selatan. J Tugas Akhir Mhs Pendidik. 2021;1(2).

Husfahsari Ramadhani H. Analisis Pemetaan dan Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian HIV Dan AIDS di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013. [Skripsi]. Universitas Hasanuddin; 2013.

Prastyo I, Suryanto S, Rini AP. Disonansi Kognitif Wanita Pekerja Seks Komersial yang Bekerja Menghidupi Keluarga. Psisula Pros Berk Psikol. 2019;1:74–83.

Ramadhani HH. Analisis Pemetaan dan Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian HIV Dan AIDS di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013. [Skripsi]. Universitas Hasanuddin;

Prakoso RAT, Listyani RH. Identitas Diri Perempun Pekerja Seks Komersial (Studi Fenomenologi Kesadaran Perempuan Memilih Profesi Pekerja Seks Komersial di Kota Surabaya). Paradigma. 2021;10(1).

Ranyard R, Crozier WR, Svenson O. Decision Making Cognitive models and explanations. Decision Making. 2002. 1–257 p.

Saharuddin A. Upaya Preventif Jarimah Pornografi Terhadap Remaja Di Media Sosial Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Polres Parepare). IAIN PAREPARE; 2023.

Ridwan RK. Perlindunga Hukum Terhadap Hak Perempuan di Kota Parepare. IAIN PARE PARE; 2022.

Wulang AT, Nawawi J, Nurlinah N. Analisis Penerapan Kebijakan Pencegahan dan Penghapusan Perdagangan (Trafficking) Perempuan dan Anak di Kota Makassar. Gov J Ilmu Pemerintah. 2013;1–20.

Faradilla HF. Kehidupan Seksual pada Narapidana Laki-Laki selama Menjalani Masa Hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang; 2020.

Fitriani N. Perilaku Wanita Pekerja Seksual (WPS) Terkait Pencegahan Infeksi Menular Seksual di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar Tahun 2017. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2017.

Wildan RM. Penyertaan dalam Tindak Pidana Eksploitasi Seksual terhadap Anak. [Skripsi]. Universitas Bosowa; 2022.

Burlian P. Patologi Sosial. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China pada Kasus Covid-19 di Kompas.com. Jakarta: Medikal Indonesia; 2016. 1–260 p.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v6i2.5828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.