Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Transisi Pembelajaran Daring Menjadi Blended Learning

Andi Nurbaeti

Abstract


Penyesuaian diri di perguruan tinggi merupakan suatu proses interaksi yang saling mempengaruhi antara individu dan lingkungan serta merupakan sumber stres bagi mahasiswa. Penelitian ini berfokus pada gambaran penyesuaian diri mahasiswa yang menjalani transisi pembelajaran daring menjadi blended learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar yang merupakan mahasiwa rantau dengan ekonomi kurang mampu, pernah menjalani perkuliahan daring dan sedang menjalani transisi pembelajaran menjadi blended learning. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Terdapat empat aspek yang diukur yaitu penyesuaian akademik, penyesuaian sosial, penyesuaian emosional dan kelekatan terhadap institusi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penyesuaian diri mahasiswa dalam penyesuaian akademik dan sosial mengalami peningkatan dalam menjalani transisi pembelajaran menjadi blended learning. Penyesuaian yang dijalani mengalami peningkatan dari segi pemahaman materi dan interaksi dengan teman maupun dosen. Adapun beberapa hambatan yang dialami mahasiswa selama menjalani transisi pembelajaran menjadi blended learning yaitu penyesuaian emosional dan kelekatan terhadap institusi, yaitu munculnya perasaan kesal dengan perubahan jadwal perkuliahan dan kebiasaan terlambat mengikuti perkulihan blended learning. Penelitian ini berimplikasi pada bidang psikologi Pendidikan dan sosial.

 


Keywords


Blended Learning; Daring; Penyesuaian diri

Full Text:

PDF

References


Hikmah AN, Chudzaifah I. Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr J Pendidik Islam. 2020;6(2):83–94.

Sari D. Pembelajaran Tatap Muka dan Daring terhadap Perkuliahan Mahasiswa/I Teknik Kimia. Pros Semin Nas Univ Islam Syekh Yusuf. 2020;1(1):1364–9.

Melinda, Lesawengen L, Waani FJ. Perilaku Konsumtif dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja di Universitas Sam Ratulangi Manado. J Ilm Soc. 2021;1(1):1–10.

Saputra RA, Hariyadi A, Sarjono S. Pengaruh Konsep Diri dan Reward terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. J Educ Fkip Unma. 2021;7(3):1046–53.

Ufairoh FN, Paraswati F, Imani K, Nagari PM. Penyesuaian Diri Mahasiswa Akibat Culture Shock pada Perubahan Sistem Pembelajaran di Era Pandemi. Pros Natl Semin Account , Financ , Econ. 2021;1(4):291–306.

Ufairoh NY, Purnamasari I, Sulianto J. Pola Belajar Peserta Didik dalam Program Belajar dari Rumah. J Penelit Ilmu Pendidik. 2022;5(1).

Septiningwulan AE, Dewi DK. Hubungan antara Peer Attachment dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Psikologi Unesa Selama Masa Pandemi. Character Junal Penelit Psikol. 2021;8(8):44–56.

Munaa T. Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya terhadap Craving Mantan Pengguna Narkoba di Yayasan Mutiara Maharani Jakarta. [Skripsi]. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif; 2019.

Fitrah M. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi kasus. Jakarta: CV Jejak (Jejak Publisher); 2018.

Wijaya H. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Surabaya: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray; 2018.

Guritno S, Rahardja U. Theory and Application of IT Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Jakarta: Penerbit Andi; 2011.

Erindana FUN, Nashori HF, Tasaufi MNF. Penyesuaian Diri dan Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama. Motiv J Psikol. 2021;4(1):11.

Tandirura DK, Littik SKA, Aipipidely D. Pengaruh Penyesuaian Diri terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa FKM Undana Kupang Selama Masa Pandemi Covid-19 di Tahun 2022. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2023;23(2):2006–13.

Anggana WT, Pedhu Y. Hubungan antara Regulasi Diri dan Penyesuaian Akademik Mahasiswa Angkatan 2019. J Pendidikan, Psikologi, dan Konseling. 2021;19(1):105–15.

Anggana WT, Pedhu Y. Hubungan Antara Regulasi Diri dan Penyesuaian Akademik Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Psiko Edukasi. 2021;19(1):105–15.

Salsabela DMS, Aulia FI, Nurjanah NA, Ayu PSC. Analisis Penggunaan Zoom Meeting dalam Menjunjung Pembelajaran Hybrid bagi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. J Educ Technol. 2022;2(2):151–8.

Ghufron MN. Penyesuaian Akademik Tahun Pertama Ditinjau dari Efikasi Diri Mahasiswa. Konseling Edukasi "Journal Guid Couns. 2018;1(1).

Martiwi E, Ekapti RF. Analisis Respon Pembelajaran Daring pada Era Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi dan Minat Belajar Mahasiswa. J Tadris IPA Indones. 2022;2(2):131–46.

Fatan FR, Rila RM, Solina W. Profil Penyesuaian Sosial Mahasiswa Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat(Studi Pada Angkatan 2015). J Res Educ Stud. 2021;1(1):81–91.

Farisqia HR. Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Konsep Diri Remaja Usia 13-21 Tahun di Desa Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri KUDUS; 2021.

Dahrul A, Eva N, Dwiastuti I. Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru Tahun 2016 dari Daerah Indonesia Bagian Timur. Flourishing J. 2021;1(6):441–440.

Susilawati P. Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Meningkatkan Kemampuan Afektif dan Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Fisika di SMK 5 Pagesangan Mataram. [Skripsi]. UIN Mataram; 2021.

Ahmad MY, Tambak S, Hasanah U. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand. Al-Hikmah J Agama dan Ilmu Pengetah. 2018;15(2):16–30.

Ahmad Y, Tewal B, Taroreh RN. Pengaruh stres kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Pt. Fif Group Manado. J

Spooner D. Place Attachment on University Campuses: At What Point Do Undergraduates Connect to Academic Institutions. Plan High Educ. 2019;47(2):27–38.

Gasong D. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish; 2018.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v6i2.5705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.