Dampak Peran terhadap Pembentukan Perilaku Aktor Teater Pasca Pementasan

Marwah Fakhruddin, Nurfitriany Fakhri, Muh Nurhidayat Nurdin

Abstract


Teater dapat menjadi sebuah metode untuk pembentukan perilaku bagi individu. Peran dalam sebuah naskah teater dapat berdampak bagi aktor  yang memerankannya.          Penelitian ini berfokus pada bagaimana proses pembentukan perilaku yang terjadi pada aktor teater dan bagaiamana dampak peran yang dirasakan pasca pementasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah laki-laki berusia 27 dan 30 tahun sebanyak dua orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil analisis data menunjukan bahwa proses pembentukan perilaku terjadi ketika aktor mendalami peran dengan observasi, eksplorasi dan olahrasa. Berawal dari mengobservasi dan memahami tokoh yang akan dilakonkan, aktor kemudian meniru perilaku tokoh tersebut ke dalam peran yang dilakonkan dan dilakukan pengulangan secara terus-menerus. Dampak yang dirasakan kedua responden lebih percaya diri, terbuka kepada orang lain, ingin mendapatkan perhatian dan mampu berterima dengan dirinya.

Keywords


Pembentukan Perilaku; Peran; Aktor

Full Text:

PDF

References


Ratna Raissa R, Hakim SN. Pembentukan Karakter Melalui Peran Dalam Teater. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah surakarta; 2019.

Setiawan FN, Fajar Y. Kontribusi Teater Kampus dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa: Studi Kasus Teater Lingkar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Lensa. 2015;7(1):81–92.

Faqih M. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Siswa Melalui Ektrakurikuler Teater di SMA Muhammadiyah 3 Jember. [Skripsi]. IAIN Jember; 2019.

Suprajitno S. Teater sebagai Media untuk Pengabdian Masyarakat. J Pengabdi Kpd Masy. 2017;3(1):96–107.

Murahim NFN. Nilai-Nilai Budaya Sasak Kemidi Rudat Lombok: Perspektif Hermeneutika. Mabasan. 2011;5(2):59–79.

Wijayanti KD, Waluyo B, Sulaksono D, Fitriana TR, Said DP. Strategi Penanaman Pendidikan Karakter pada Generasi Muda Melalui Metode Sosiodrama sebagai Langkah Penguatan Daya Saing Bangsa. SENADIMAS. 2019;

Syahutari GE. Kesejahteraan Psikologis dalam Proses Kreatif Aktor Teater Satu. J Kaji Seni. 2019;5(2):167–81.

Kusumawati AA. Menengok Seni Teater Drama Umat Islam di Indonesia. ADABIYYAT. 2009;8(2):372–86.

Saaduddin S, Novalinda S. Pertunjukan Teater Eksperimental Huhh Hahh Hihh: Sebuah Kolaborasi Teater Tari. Ekspresi Seni J Ilmu Pengetah dan Karya Seni. 2017;19(1):39–57.

Novianto D. Hubungan antara Tingkat Apresiasi Seni Peran Teater dengan Kebermaknaan Hidup pada Pemain Seni Peran Teater. 2002;

Sianturi E. Gaya Kepemimpinan dan Pengelolaan Organisasi Seni Pertunjukan Studi Kasus Teater Gandrik. J Tata Kelola Seni. 2015;1(1):75–98.

Alfan A, Jatiningsih O. Pembentukan Karakter Mahasiswa Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Institut di Universitas Negeri Surabaya. Kaji Moral dan Kewarganegaraan. 2014;1(2):305–23.

Hidayat A. Komunikasi dalam Pertunjukan Drama: antara Pengarang, Aktor, dan Penonton. KOMUNIKA J Dakwah dan Komun. 2010;4(1):32–9.

Elfafriani IF, Yohana N. Konstruksi Makna Seni Teater di Kalangan Anggota Sanggar Teater di Kota Pekanbaru. [Skripsi]. Riau University; 2016.

Mahardika FD, Suyanto E, Fuad M. Karakterisasi Tokoh Cerpen Pengakuan Arya dan Sarpakenaka Karya Gunawan dan Rancangan Pembelajarannya. J Kata Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 2018;6(1 Jan).

Susandro S, Irianto IS. Peran Penonton Atas Pertunjukan Teater “Rumah Jantan” Karya/Sutradara Syuhendri. J Cerano Seni| Pengkaj dan Pencipta Seni Pertunjuk. 2022;1(01):15–25.

Mayangsari F. Perkembangan Watak Tokoh Utama pada Novel Memang Jodoh Karya Marah Roesli dan Rancangan Pembelajarannya di SMA. 2018;

Syafii MS, Fathurohman I, Fardani MA. Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. J Penelit dan Pengemb Pendidik. 2022;6(1):88–96.

Mustaqim I. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. J Edukasi Elektro. 2017;1(1).

Kusumasari S. Penciptaan Peran Tokoh Xiau Mei dalam Naskah Senja dan Penantian Karya Hernandes Saranela Terinspirasi dari Film The Chinese Widow. [Skripsi]. Institut Seni Indonesia Yogyakarta; 2020.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v6i2.5685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.