Faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan Ibu Hamil dalam Menghadapi Proses Persalinan

Miratu Megasari

Abstract


Persalinan adalah proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup dari dalam uterus ke dunia luar. Kecemasan selama kehamilan banyak dialami oleh ibu hamil karena kurangnya pengetahuan dan dukungan dari keluarga, serta adanya penyakit yang dialami ibu menyebabkan kecemasan terhadap dirinya maupun bayinya. Kecemasan dapat bertambah berat apabila ibu hamil mengalami ketakutan akan perubahan yang terjadi pada tubuhnya, kondisi janin yang dikandung serta kesiapan mental dalam menghadapi proses persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Klinik Hj. Dermawati Nasution Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik Pengambilan sampel dengan menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden Ibu Hamil di Klinik Hj. Dermawati Nasution. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Data dianalisis menggunakan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian dengan menggunakan uji chi - square menunjukkan adanya hubungan antara variabel pengetahuan dengan kecemasan ibu hamil (p = 0,046 < 0,05), sikap dengan kecemasan ibu hamil (p = 0,002 < 0,05), dan dukungan suami dengan kecemasan ibu hamil (p = 0,009 < 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, dan dukungan suami dengan kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Klinik Hj. Dermawati Nasution Tahun 2021. Diharapkan kepada ibu hamil hendaknya secara aktif meningkatkan pengetahuan terhadap proses persalinan yang benar agar tidak terjadi kecemasan yang berlebihan pada ibu hamil

Keywords


Pengetahuan; Sikap; Dukungan Suami; Kecemasan Ibu Hamil

Full Text:

PDF

References


Organization WH. Maternal Mortality Evidance Brief. Maternal Mortality. Geneva; 2019. 1–4 p.

Batist J. An Intersectional Analysis of Maternal Mortality in Sub-Saharan Africa: a Human Rights Issue. J Glob Health. 2019;9(1).

Kementerian RI. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia (Data and Information Indonesia Health Profil). In: Profil kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI; 2017. p. 1–184.

Jahriani N. Pengaruh Pijat Laktasi terhadap Produksi ASI pada Ibu Menyusui di Kelurahan Sendang Sari Kabupaten Asahan Tahun 2019. Excell Midwifery J. 2019;2(2):14–20.

Sumatera Utara DKP. Dinas Kesehatan Kota Medan. Profil Kesehat Medan. 2016;

Ayu MG. Asuhan Kebidanan Kehamilan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Buku Kedokteran ECG; 2018.

Jannah N. Asuhan Kebidanan Persalinan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Buku Kedokteran ECG; 2021.

Siallagan D. Tingkat Kecemasan Menghadapi Persalinan Berdasarkan Status Kesehatan, Graviditas dan Usia di Wilayah Kerja Puskesmas Jombang. Indones J Midwifery. 2018;I(2).

Putri RD. Hubungan Pengetahuan dengan Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan pada Masa Pandemi Covid-19. J Kebidanan Malahayati. 2021;8 (2)(2476–8944):132–40.

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Penelitian Ilmiah. Medan: Citapustaka Medis Perintis; 2016.

Safitri Y. Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Primigravida dalam Menghadapi Proses Persalinan di RSU Sundari Medan. J kebidanan flora. 2018;11(1).

Suyati, Ninik Azizah SRA. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Proses Persalinan dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Persalinan. [Skripsi] Universitas Pesantren Tinggi Darul ’Ulum (UNIPDU) Jombang; 2012.

Palimbo A. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dengan Kecemasan Proses Persalinan di BPM Hj. Maria Olfa. J Din Kesehat. 2015;6(1).

Fitrayani. Hubungan Sikap dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil dalam Menghadapi Persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Andowia Kabupaten Konawe Utara. [Skripsi]. Poltekkes Kemenkes Kendari; 2019.

Poncowati NR. Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Ibu Primigravida tentang Antenatal Care dengan Kecemasan Menghadapi Persalinan di Rumah Bersalin kartini Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Intan Husada J Ilm Keperawatan. 2017;3(1).

Retnowati. Hubungan antara Dukungan Suami dengan Kecemasan Saat Persalinan pada Ibu Primigravida di Puskesmas Melati II Kabupaten Slemen. [Skripsi] Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta; 2016.

Siallagan D, Lestari D. Tingkat Kecemasan Menghadapi Persalinan Berdasarkan Status Kesehatan, Graviditas dan Usia di Wilayah Keja Puskesmas Jombang. Indones J Midwifery. 2018;1(2):104–10.

Sari WNI. Hubungan Dukungan Suami dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Persalinan pada Ibu Hamil Primigravida Trimester III di Puskesmas Melati II Sleman. [Skripsi]. Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta; 2018.

Mukhadiono, Widyo Subagyo DW. Hubungan antara Dukungan Suami dengan Tingkat Kecemasan pada Ibu Primigravida Trimester III dalam Menghadapi Persalinan. J Keperawatan Soedirman. 2015;10(1).




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v5i1.5169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.