Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Burnout pada Tenaga Kesehatan RSUD Lukas Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan Tahun 2020

Tilik Adil Dakhi

Abstract


Burnout merupakan suatu proses yang dialami seorang anggota organisasi yang sebelumnya sangat committed terhadap organisasi tersisih dari pekerjaannya sebagai respon atas stres yang dialami di dalam pekerjaan. Bertujuan untuk mengetahui apakah ada faktor yang mempengaruhi burnout pada tenaga kesehatan RSUD Lukas Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistika. Pada dasarnya, pendekatan kuantitatif dilakukan pada penelitian inferensial (dalam rangka pengujian hipotesis) dan menyandarkan kesimpulan hasilnya pada suatu probabilitas kesalahan penolakan hipotesis nihil. Dengan metode kuantitatif akan diperoleh signifikansi perbedaan kelompok atau signifikansi hubungan antar variabel yang diteliti . Lokasi Penelitian adalah dimana suatu penelitian itu dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja RSUD Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan.Populasi penelitian adalah keseluruhan objek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tenaga kesehatan di RSUD Lukas Hilisimaetano yang berstatus keperawatan dan kebidanan berjumlah 43 orang.Sampel penelitian adalah memberikan batasan pada populasi apabila subjek penelitian sangat banyak dan berada di luar jangkauan sumber daya peneliti, atau apabila batasan populasinya tidak mudah di definisikan. Kesimpulan Ada hubungan yang signifikan antara exhaustion, depersonalisasi dan  personal Achievement.Faktor yang paling dominan terhadap tenaga kesehatan bidan dan perawat di RSUD Lukas Hilisimaetano dengan rentang pilihan 6-8= 52 (40,3 %) orang-orang pada tingkatan ini cenderung mudah terkena burnout. Perlunya menjaga keseimbangan antara kerja, hiburan, dan sistem dukungan sosial yang dimilikinya (keluarga, teman dan jaringan sosial lainnya).


Keywords


Faktor Bournot, Tenaga Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Darojati M. Pengaruh Beban Kerja dan Burnout terhadap Kinerja dengan Self-Efficacy sebagai Variabel Intervening pada Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kota Kediri. [Skripsi]. UIN Sunan Ampel Surabaya; 2018.

Hamami MAN, Noorrizki RD. Fenomena Burnout Tenaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. In: Seminar Nasional Psikologi. Jogjakarta: Universitas Mulawarman; 2021. p. 149–59.

Indraswari D, Ningrum DR. Hubungan antara Hardiness dengan Burnout pada Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batang. J Empati. 2014;3(1):37–46.

Puspita SD. Peran Faktor Motivator dan Efikasi Diri terhadap Burnout pada Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit. [Skripsi]. Universitas Gadjah Mada; 2019.

Ramdan IM, Fadly ON. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Burnout pada Perawat Kesehatan Jiwa. J Keperawatan Padjadjaran Bandung. 2016;4(2).

Sahrah A. Burnout Perawat Perempuan ditinjau dari Iklim Organisasi. J Psycho Idea. 2018;15(2):88–97.

Santoso MDY. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Burnout pada Tenaga Kesehatan dalam Situasi Pandemi Covid-19. J Keperawatan Trop Papua. 2021;4(1):1–10.

Swasti KG, Ekowati W, Rahmawati E. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Burnout pada Wanita Bekerja di Kabupaten Banyumas. J Keperawatan Soedirman. 2018;12(3):190–8.

Gunawan I. Metode Penelitian Kualitatif. Vol. 143. Jakarta: Bumi Aksara; 2013.

Tampubolon LF. Burnout Syndrome pada Perawat di Ruangan Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. J Keperawatan Prior. 2018;1(1).

Darmawanti AIN, Rahmawati E, Suprawoto DN. Hubungan Beban Kerja terhadap Tingkat Burnout Perawat Pasien Kemoterapi di Rumah Sakit Panti Nirmala Malang. J Keperawatan Florence. 2021;1(1):1–7.

Sari IK. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Burnout Perawat di RSUD Haji Makassar. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2015.

Raden Roro Lia Chairina MM. Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Kinerja Perawat Rumah Sakit). Sidoarjo: Zifatama Jawara; 2019. 156 hlm.

Wirati NPR, Wati NMN, Saraswati NLGI. Hubungan Burnout dengan Motivasi Kerja Perawat Pelaksana. J Kepemimp dan Manaj Keperawatan. 2020;3(1):8–14.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v4i2.5054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.