Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Ibu dalam Menghadapi Menopause di Desa Tetehosi I Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi

Wahyuni Wahyuni, Debby Pratiwi

Abstract


Latar Belakang: Menopause dikenal sebagai masa terhentinya menstruasi. Sebagian besar wanita mulai mengalami gejala menopause pada usia 40 tahun dan puncaknya pada usia 50 tahun. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi menopause di Desa Tetehosi I Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Tahun 2020. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita menopause sebanyak 102 orang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling menjadi 50 ibu. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Data yang diperoleh dari hasil uji statistic yaitu dengan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%, maka disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan kecemasan ibu menghadapi menopause (p-value = 0.001 <α = 0,05), ada hubungan antara sikap dengan kecemasan ibu menghadapi menopause (p-value = 0.000<α = 0,05), ada hubungan antara dukungan suami dengan kecemasan ibu dalam menghadapi menopause (p-value = 0.014 < α = 0,05). Kesimpulan: Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan dukungan suami dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi menopause di Desa Tetehosi I Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Tahun 2020. Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan ibu dalam mencari informasi baik dari petugas kesehatan maupun media-media yang ada untuk menambah pengetahuan khususnya mencegah kecemasan menghadapi menopause karena itu merupakan perubahan yang alamiah.


Keywords


Pengetahuan, Sikap, Dukungan Suami, Kecemasan Menopause

Full Text:

PDF

References


Icesmi Sukarni K dan Margareth ZH. Buku kehamilan, Persalinan, dan Nifas dilengkapi dengan patologi. Yogyakarta: Medical Book; 2018. 420 p.

Nina Siti Mulyani S. Buku Menopause Akhir Siklus Menstruasi pada Wanita di Usia Pertengahan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2015. 128 p.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016 (Health Statistics) [Internet]. Kementerian Kesehatan RI. 2017. 431 p. Available from: www.kemkes.go.id

Muslihati MS dan C. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kecemasan Dalam Menghadapi Menopause Di Desa Meunasah Dayah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. J Healthc Technol Med. 2019;330–40.

dr. Ida Ayu Chandranita Manuaba SO. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan; 2018.

M AW dan D. Buku Pengetahuan, sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2015.

Fithriyana R. Jurnal Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan Ibu Menghadapi Menopause di Desa Suka Damai Wilayah Kerja Puskesmas Ujung Batu Rohul. Doppler Univ Pahlawan Tuanku Tambusi. 2019;42–7.

Putri F. Jurnal Hubungan Dukangan Suami dengan Tingkat Kecemasan Wanita Pramenopause Di Desa Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari Jember. Insight Fak Psikol Univ Muhammadiyah Jember. 2017;126–38.

Yusuf A, Fitryasari R, Nihayati HN. Keperawatan kesehatan jiwa. Buku Ajar Keperawatan Kesehat Jiwa. 2015;

Selpiana Oktapiani KR. Jurnal Faktor – faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Dalam Menghadapi Menopause. Mahakam Midwifery J. 2018;213–29.

Mary Baradero, SPC, MN & Mary Wilfrid Dayrit, SPC M. Seri Asuhan Keperawatan Kesehatan Mental Psikiatri. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2016.

Nuha Medika. Konsep & Aplikasi Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta; 2014.

Aryanti Wardiyah & Rilyani. Buku Sistem Reproduksi. Jakarta: Penerbit Salemba Medika; 2016.

Imelda Fitri, SST MK. Buku Lebih Dekat dengan Sistem Reproduksi Wanita. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2017.

Dr. Ruswana Anwar. dr., SpOG (K)., KFER. M. Modul Konseling Asuhan Kebidanan pada Ibu Menopause. Jakarta: CV. Sagung Seta; 2017.

Eva Ellya Sibagariang S. Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Trans Info Media; 2016.

Haryono R. Siap Menghadapi Menstruasi & Menopause. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2016.

Pujiastuti EH& W. Asuhan Holistik Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Trans Medika; 2016.

Muhammad Iman. S.E S kom. MMMK. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode

Endang Dwi E, Setyaningsih R. Hubungan Tingkat Pengetahuan Menopause dengan Tingkat Kecemasan pada Wanita di Desa Ngabeyan Kecamatan Kartasura Sukoharjo. 2016




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v3i2.4878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.