Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rawat Jalan UPTD Puskesmas Langsa Kota

Cut Adelina Miranda

Abstract


Penilaian kepuasan pasien penting untuk dilakukan karena merupakan bagian dari mutu pelayanan, berhubungan dengan pemasaran, dan prioritas peningkatan pelayanan. Desain penelitian menggunakan rancangan crossectional dengan tujuan untuk Menganalisis Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan UPTD Puskesmas Langsa Kota. Populasi  sebanyak 96 orang. Sampel penelitian berjumlah 96 responden dengan teknik total sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari Uji bivariate menunjukkan bahwa seluruh variabel mempunyai hubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan karena nilai p value < 0.05. Uji Hipotesis dengan bahwa waktu penyelesaian dan sarana prasarana mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien dikarenakan p-value (Sig) <0.05. sedangkan 8 (delapan) variabel lainnya tidak mempunyai pengaruh dikarenakan p-value (Sig) > 0.05. Nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,446 yang berarti mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen yaitu kepuasan pasien sebesar 44,6%. Kesimpulan dari semua variabel tersebut ternyata Uji bivariate menunjukkan bahwa seluruh variabel mempunyai hubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan karena nilai p value < 0.05. Kepala UPTD Puskesmas Langsa Kota sebaiknya lebih meningkatkan pengawasan dalam kelengkapan pencatatan rekam medik pasien supaya terjaga kelangsungan pelayanan.

 


Keywords


Persyaratan, Waktu Penyelesaian, Biaya / Tarif, Sarana dan Prasarana

Full Text:

PDF

References


Bantu A, Mulyadi N, Bidjuni H. Hubungan pengetahuan perawat dengan penerapan identify patient correcly di RSUP Ratatotok Buyat Kabupaten Minahasa Tenggara. J Keperawatan. 2014;2(2).

Mursidin N. Pengukuran Kinerja Sektor Publik Ditinjau dari Perspektif Balanced Scorecard (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Barru). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2017.

Trisnantoro L. Memahami penggunaan ilmu ekonomi dalam manajemen rumah sakit. UGM press; 2018.

Jahra N. Analisis Implementasi Pola Pengelolaan Badan Layanan Umum Pada Rumah Sakit Daerah Kalisat-Jember. 2013;

Farianita R. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit TK. III Bhakti Wira Tamtama Semarang. Universitas Negeri Semarang; 2015.

Hasbi FH. Analisis hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan dengan pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan puskesmas poncol Kota semarang tahun 2012. J Kesehat Masy Univ Diponegoro. 2012;1(2):18776.

Pohan I. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar- Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC; 2006.

Farianita R. Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Instansi Rawat Jalan Di Rumah Sakit TK III Bhakti Wira Tamtama. Semarang; 2016.

Khusnawati. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pada Puskesmas Sungai Durian. Kab Kubu JMPK; 2010.

Peraturan Menteri Pembayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. 2017.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v1i1.4364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.