Penyuluhan dan Penanganan Fisioterapi dengan Modalitas Infrared di Desa Bengkel Kecamatan Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai

Anggriani Anggriani, Maryaningsih Maryaningsih, Yeni Vera, Ronald Erwansyah, Nurul Aini, Sulaiman Sulaiman, Lagut Sutandra, Maryani Maryani

Abstract


Desa Bengkel Kecamatan Bengkel  Kabupaten Serdang Bedagai merupakan daerah pedesaan yang banyak menghadapi masalah kesehatan seperti stroke, nyeri punggung bawah, gangguan keseimbangan dan masalah kesehatan lainnya, hal ini terjadi karena keterbatasan akses ke pelayanan kesehatan salah satunya akses fisioterapi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, pencegahan cedera dan penyakit, rehabilitasi dan pemulihan fisik, peningkatan akses terhadap pelayanan fisioterapi dan pemberdayaan masyarakat. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan ceramah dan pemberian pelayanan serta penanganan fisioterapi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pemberian  fisioterapi dengan modalitas infrared dan penyuluhan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesehatan masyarakat Desa Bengkel sebesar 75%, dan terdapat 25% yang tidak mengalami perubahan pengetahuan. Pemberian infrared bermanfaat mengurangi nyeri, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan kesehatan pada kulit, memproduksi kolagen serta memberikan efek relaksasi pada tubuh. Kesimpulan: pemberian pelayanan fisioterapi dengan modalitas infrared berhasil meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Bengkel, terdapat perubahan positif dalam kondisi kesehatan masyarakat yang mendapatkan pelayanan fisioterapi, terutama pada masalah muskuloskeletal. Melalui pemberian penyuluhan dan penanganan fisioterapi dengan infrared, diharapkan masyarakat dapat memahami pentingnya peran fisioterapi dalam kesehatan mereka dan memiliki keterampilan untuk merawat diri sendiri secara lebih efektif


Keywords


Infra red; Fisioterapi; Kesehatan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Fruth SJ. Fisioterapi Pemeriksaan dan Pengukuran. Jakarta: EGC; 2014.

Kementerian Kesehatan RI. Standar Pelayanan Fisioterapi. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2015.

Susanto HA. Penatalaksanaan Fisioterapi dengan Modalitas Infra Red (IR), Tens dan Terapi Latihan pada Kasus Cervical Root Syndrome Dextra di RST Dr. Soedjono Magelang. [Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Pemerintah Desa Bengkel. Profil Desa Bengkel. Bengkel; 2022.

Anggriani. Pendampingan Penggunaan Infra Red di Posyandu Lansia. Abdimas J Pengabdi Masy. 2021;1(1):27–32.

Sulaiman S, Anggriani A. Pengaruh Penggunaan Infra Red di Posyandu Lansia Desa Lama. Pelita Masy. 2019;1(1):46–54.

Haryanti A, Ramadhani AN, Kuswidyadhana NA, Ahmadi RG, Sukma TA. Edukasi dan Penatalaksanaan Fisioterapi pada Kondisi Low Back Pain Myogenic dengan Infra Red dan Myofascial Release. In: Prosiding University Research Colloquium. 2023. p. 9–13.

Nasution II, Al Haris M. Penatalaksanaan Fisioterapi pada Pasien Osteoarthritis Knee dengan Modalitas Infrared, Tens (Transcuta Neus Electrical Nerve Stimulation) dan Latihan di RS. Universitas Sumatera Utara. J Kesehat dan Fisioter. 2022;33–8.

Sinaga PS, Wijanarko W. Penatalaksanaan Fisioterapi pada Post Orif Plat and Screw Fraktur Femur 1/3 Distal Femur dengan Modalitas Infra Red dan Proprioceptive Neuromuscular Facilitation. J Gentle Birth. 2022;5(1):60–73.

Elvira ED, Aulia R, Fauziyah N, Sukaris S, Rahim AR. Pencegahan dan Penanganan Nyeri Sendi Lutut (Osteoarthritis) pada Lansia. DedikasiMU J Community Serv. 2021;3(2):848–55.

Syurrahmi S, Luberto P, Hanani AM, Syafitri EY, Anisah CP. Penyuluhan Upaya Pencegahan dan Deteksi Dini Terhadap Permasalahan Nyeri Lutut pada Masyarakat Wonolopo Mijen. J Pelayanan dan Pengabdi Masy Indones. 2023;2(3):236–47.

Mirawati D, Salsabila A, Suci AZ, Artamirela AW, Maharani AD, Saputri AE, et al. Penyuluhan Kesehatan Penatalaksanaan William Flexion Untuk Mengurangi Nyeri pada Penderita Low Back Pain et Causa Ischialgia pada Lansia. J Abdimas Indones. 2023;3(3):275–9.

Ningsih M. Penyuluhan dan Pelatihan Pemberian Sinar Infra Red dan Tens. Abdimas J Pengabdi Masy. 2021;1(1):18–26.

Sulaiman S, Erwansyah R, Maryaningsih M, Anggriani A, Vera Y. Sosialisasi dan Penanganan Fisioterapi pada Lansia di Puskesmas Kutalimbaru. J Pengabdi Masy Ilmu Kesehat. 2023;4(1):5–9.

Halimah N, Pradita A. Effectiveness of Infrared and William Flexion Exercise on Reducing Pain and Increasing Flexibility in Patients with Low Back Pain. Babali Nurs Res. 2023;4(3):401–11.

Loniza E, Safitri M. Meningkatkan Kesehatan Lansia dengan Terapi Infrared dan Pengecekan Tensi Ranting Aisiyah Prenggan. In: Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. 2020.




DOI: https://doi.org/10.33085/.v5i1.5996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.