Penyuluhan Kesehatan Tentang Bijak Makan dan Memilih Cemilan Sehat pada Remaja di SMPN 39 Pekanbaru

Nur Hapipa, Nurlisis Nurlisis, Nisa Meilani, Putri Kulya Alanai

Abstract


Pada masa remaja sebagian besar anak memiliki pola makan yang tidak seimbang karena sering mengonsumsi jajanan atau camilan rendah gizi. Berdasarkan hasil survey awal yang dilakukan pada siswa SMPN 39 Pekanbaru ditemukan masih banyak perilaku remaja yang lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji dibandingkan makanan sehat, serta kurangnya pengetahuan pada remaja tentang bahaya makanan junkfood. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja mengenai bagaimana pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan memberikan  penyuluhan menggunakan metode ceramah tanya jawab. Penyuluhan kesehatan yang diberikan yaitu tentang pentingnya mengkonsumsi makanan sehat serta mengurangi konsumsi junkfood berlebihan. Sasaran pengabdian yaitu siswa di SMPN 39 Pekanbaru. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 5 Agustus 2023. Sebelum melakukan penyuluhan pelaksana memberikan bina suasana kepada remaja di SMPN 39 agar para remaja mau mendengarkan dan menerima penyuluhan yang dilakukan. Terjadi peningkatan pengetahuan remaja sebelum dan sesudah penyuluhan. Hal ini membuktikan bahwa penyuluhan yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja di SMPN 39 Pekanbaru tentang konsumsi makanan sehat. Diharapkan para remaja dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan berperilaku hidup sehat, serta mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari junkfood. Peran dari sekolah juga sangat penting dalam mengawasi dan mengingatkan pada remaja mengenai pentingnya menjaga gizi agar tetap seimbang


Keywords


Bijak Makan; Cemilan Sehat; Remaja

Full Text:

PDF

References


Sukma DC, Margawati A. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dalam Memilih Makanan Jajanan dengan Obesitas pada Remaja di SMP Negeri 2 Brebes. [Thesis]. Universitas Diponegoro; 2014.

Hanum TSL, Dewi AP. Hubungan antara Pengetahuan dan Kebiasaan Mengkonsumsi Fast Food dengan Status Gizi pada Remaja. [Thesis]. Universitas Riau; 2015.

Kementerian Kesehatan RI. Remaja Sehat Penuh Gizi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020.

Kementerian Kesehatan RI. Buku Pemantauan Kesehatan Anak dan Remaja : Sehat Itu Keren. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020.

Hafiza D. Hubungan Kebiasaan Makan dengan Status Gizi pada Remaja SMP YLPI Pekanbaru. J Med Hutama. 2020;2(01 Oktober):332–42.

Mardalena I. Dasar-Dasar Ilmu Gizi dalam Keperawatan : Konsep dan Penerapan pada Asuhan Keperawatan. Yogjakarta: Pustaka Baru Press; 2017.

Kementerian Kesehatan RI. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan; 2021.

Iryanti N. Hubungan Pola Makan Terhadap Status Gizi Remaja Putri di Madrasah Aliyah Modern Madinatu’ulum Desa Kemang Manis Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin. [Thesis]. Universitas Adiwangsa Jambi; 2022.

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI. Laporan Kinerja Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan RI; 2013.

Kementerian Kesehatan RI. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2017.

Wahidin U. Pendidikan Karakter bagi Remaja. Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2017;2(3).

Alfiyati NN. Kebiasaan Konsumsi Junk Food, Persentase Lemak Tubuh dan Status Gizi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Universitas Muhammadiyah Semarang; 2020.

Supardi N, Fitrianingsih J. Edukasi Tentang Gizi Seimbang Bagi Remaja dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan Mengenai Kebutuhan Gizi di Wilayah Kerja Puskesmas Somba Opu. Pandawa Pus Publ Has Pengabdi Masy. 2023;1(3):216–22.

Sulistyoningsih H. Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogjakarta: Graha Ilmu; 2011.

Winarsih. Pengantar Ilmu Gizi dalam Kebidanan. Yogjakarta: Pustaka Baru Press; 2018.

Zuiatna D. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri. J Midwifery Updat. 2022;4(1):32–40.




DOI: https://doi.org/10.33085/.v5i1.5956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.