Pendampingan Pembentukan Pos Kesehatan Pesantren di Pondok Pesantren Nuruddin Desa Sungai Sarik

Ani Triana, Yulrina Ardhiyanti, Kiki Megasari, Della Frisca

Abstract


Pondok Pesantren (Ponpes) Nuruddin Desa Sungai Sarik merupakan salah satu sekolah yang ada di Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar dan menjadi mitra dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ponpes Nuruddin ini adalah satu-satunya pondok pesantren yang berada di Wilayah Rantau Setingkai Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar yang melaksanakan pendidikan pesantren modern di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Kampar. Permasalahan yang kompleks terkait perilaku kesehatan warga pesantren Nuruddin dikarenakan ponpes tersebut berada dilokasi yang terisolir dan jauh dari akses fasilitas kesehatan, tidak adanya jaringan internet atau telepon, kurang mendapat perhatian dari tenaga kesehatan yang berada di wilayah tersebut hal ini dikarenakan tenaga kesehatan yang jarang berada di desa. Tujuan kegiatan yaitu terbentuknya Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Nuruddin Desa Sungai Sarik sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga pesantren. Metode kegiatan ini advokasi dan koordinasi, promosi dan sosialisasi, penyediaan sumber dana, pelatihan kader kesehatan (santri husada) siap guna, survei mawas diri, penyediaan sarana prasarana dan fasilitas kesehatan, pelaksanaan jasa layanan kesehatan, monitoring dan evaluasi, pencatatan dan pelaporan. Hasil kegiatan adalah terbentuknya Poskestren dan jaringan sistem informasi di Pondok Pesantren Nuruddin. Kesimpulan dari kegiatan ini  yaitu telah terlaksana program pembentukan Poskestren yang ada di Pondok Pesantren Nuruddin yang dapat dimanfaatkan dan secara berangsur sistem informasi dapat  terlaksana dengan baik. Diharapkan adanya pemantauan secara berkelanjutan oleh Pihak Puskesmas Kampar Kiri.


Keywords


Pendampingan; Pos Kesehatan; Pesantren

Full Text:

PDF

References


Rofi’i AH, Addury MM. Capacity Builing Organisasi Poskestren Mamba’ul Huda. Khidmatan. 2021;1(1):22–32.

Yusnita, Widianti D, Dewi C. Upaya Penerapan Gizi Seimbang di Pesantren sebagai Bagian Dari Pemberdayaan Poskestren. Pros SNaPP. 2015;1(1):37–44.

Ponpes Nuruddin. Profil Pondok Pesantren Nuruddin Desa Sungai Sarik Tahun 2023. Kampar: Ponpes Nuruddin; 2022.

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Pos Kesehatan Pesantren. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2013.

Mab’ruroh U. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Santri Husada dalam Membentuk Santri Sehat Berdasarkan Teori Health Promotion Model. Universitas Airlangga Surabaya; 2018.

Yuniasih L, Wibowo M. Hubungan Peran Pos Kesehatan Pesantren dengan Penerapan Personal Hygiene Santri. J Cakrawala Promkes. 2020;2(1):29.

Wijaya S, Adriansyah AA. Analisis Pelaksanaan Manajemen Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) (Studi di Pondok Pesantren Assalafi Al Fitrah Kedinding, Kota Surabaya). [Thesis]. Universitas Sumatera Utara; 2018.

Wijaya S, Asih AYP. Studi Kebijakan Ponpes dalam Upaya Mewujudkan Pesantren Sehat di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan). 2021;4(2):28–35.

Kustiningsih1, Anita DC, Utsani R. Pembentukan Poskestren di Pesantren Tahfizd Nurani Insani Desa Balecatur Gamping Sleman, Yogyakarta. J Pengabdi dan Pengemb Masy. 2020;3(1):365.

Hadi A. Konsep dan Praktek Kesehatan Berbasis Ajaran Islam. Al-Risalah. 2020;11(2):53–70.

Miswanto. Pentingnya Pendidikan dan Seksualitas pada Remaja. J Stud Pemuda. 2019;3(2):111–22.

Supriatna LD, Indasah I, Suhita BM. Program Promotif Poskestren Terhadap PHBS Santri di Pondok Pesantren. Holistik J Kesehat. 2020;14(3):332–7.

Sulaiman U, Asnaniar WOS, Hamzah W, Syam N. Pelatihan Pengukuran Status Kesehatan Santri Husada Poskestren Secara Mandiri di Pesantren Wihdatul Ulum Umi. J Pengabdi Kesehat. 2019;2(2).

Bintarti TW, . H, Budiarti RPN, Masithah D. Upaya Peningkatan Pengetahuan Kader Santri Husada Poskestren Al Hikam Bangkalan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja. J Pengabdi Masy Univ Merdeka Malang. 2019;4(2):31–4.

Ningsih ESB. Penerapan Program Revitalisasi Poskestren Melalui Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Pada Santri/Wati di Pondok Pesantren Darul Muttaqin. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2021;5(1):368.




DOI: https://doi.org/10.33085/.v5i1.5943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.