Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi pada Ibu Hamil di Kelurahan Taipa Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro Kota Palu

Ketut Suarayasa, Miranti Miranti

Abstract


Berita yang dimuat koran Radar Sulawesi Tengah pada tanggal 15 Februari 2023 menyebutkan bahwa kasus stunting tertinggi di kota Palu berada di Kelurahan Taipa (24,17%), dan sebagian besar berada di RW 04. Terdapat beberapa penyebab stunting, salah satunya adalah status kesehatan ibu saat hamil. Beberapa kondisi ibu hamil yang berisiko melahirkan anak stunting antara lain: anemia kehamilan dan kurang energi kronik (KEK). Hipertensi dan Diabetes Mellitus pada ibu hamil juga berisiko terhadap kesehatan janin yang dikandung. Oleh karena itu perlu adanya deteksi dini status kesehatan ibu hamil serta edukasi mengenai faktor risiko kehamilan dan  pentingnya asupan nutrisi yang adekuat selama hamil. Kegiatan pengabdian masyarakat meliputi pemeriksaan kesehatan dan edukasi kepada ibu hamil. Tujuannya untuk mengetahui status kesehatan ibu hamil dan meningkatkan pengetahuan ibu tentang faktor risiko kehamilan dan upaya pencegahannya. Metode pengabdian dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan edukasi pada Ibu hamil. Bahan yang digunakan saat pemeriksaan kesehatan antara lain: tensi meter, alat tes gula darah dan hemoglobin, pita pengukur lingkar lengan atas dan timbangan. Sedangkan untuk media edukasi dipergunakan lembar timbal balik (flipchart) dan banner. Hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan terdapat beberapa ibu hamil yang memiliki faktor risiko tinggi kehamilan, antara lain: Anemia (33,3%), Hipertensi (20,0%), Kurang Energi Kronis (13,3%) dan Diabetes (0,67%). Sedangkan hasil edukasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan ibu hamil dari nilai 80,6 (baik) menjadi rata-rata 99,3 (sangat baik). Kesimpulan: masih adanya ibu hamil yang memiliki risiko tinggi kehamilan dan pentingnya edukasi untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil

Keywords


Pemeriksaan Kesehatan; Edukasi; Anemia; Hipertensi; Kurang Energi Kronik

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik; 2023.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Palu: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah; 2021. 1-222 p.

Dinas Kesehatan Kota Palu. Profil Dinas Kesehatan Kota Palu. Palu: Dinas KEsehatan Kota Palu; 2021. 1-23 p.

United Nations Children’s Fund (UNICEF). Situasi Anak di Indonesia - Tren, peluang, dan Tantangan dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. Unicef Indonesia. Jakarta: UNICEF Indonesia.; 2020. 8-38 p.

Gozali A, Asokawati S. Literature Review. ANZ J Surgary. 2014;84(3):207–10.

World Health Organization. Millennium Development Goals (MDGs). Geneva: World Health Organization; 2016.

Kemenkes RI. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2015-2019. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2015.

Kementrian Kesehatan RI. Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2017.

Kementrian Kesehatan RI. Health Sector Review Kumpulan Policy Brief Health Sector Review Kumpulan Policy Brief. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2021.

Kementerian Kesehatan RI. Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2023.

Suarayasa K, Hermiyanty K, Ayu Wandira B, Rizki Ashari M, Pitriani M. Social Determinants Effect on Maternal Mortality in Central Sulawesi Province. Cent African J Public Heal. 2020;6(2):62.

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020.

Hardiansyah, Supariasah ID. Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Gizi Bayi dan Balita. Jakarta: EGC; 2017.

Kurniati I. Anemia Defisiensi Zat Besi ( Fe ) Iron Deficiency ( Fe ) Anemia. J Kedokt Univ Lampung. 2020;4(1).

Putri RD, Simanjuntak BY, Kusdalinah K. Pengetahuan Gizi, Pola Makan, dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah dengan Kejadian Anemia Remaja Putri. J Kesehat. 2017;8(3).

Wibowo A. Kesehatan Masyarakat di Indonesia (Konsep, Aplikasi dan Tantangan). Jakarta: PT Raja Grafindo; 2014.

Zuiatna D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Anemia pada Ibu Hamil. J Kebidanan Malahayati. Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati; 2021;7(3):404–12.

Sya’diah R, Lestari S, Rahmasari D, Marhayati N, Kusmawati A, Khoirotun Nisa P. Peran Psikologi untuk Masyarakat. Jakarta: UM Jakarta Press; 2018.

Notoatmodjo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Rineka Cipta. Bandung: Refika Aditama; 2014.




DOI: https://doi.org/10.33085/.v5i1.5887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.