Hubungan Kepemimpinan Kepala Ruangan dengan Motivasi Perawat Pelaksana dalam Melakukan Discharge Palnning di Rumah Sakit Mitra Medika Medan

Nella Rosita, Mulidan Mulidan

Abstract


Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh dari pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi, seni mempengaruhi dan mengarahkan orang dengan cara kepatuhan, kepercayaan, kehormatan, pembinaan dan kerjasama yang bersemangat dalam mencapai tujuan bersama. Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala ruangan dengan motivasi perawat pelaksana dalam melakukan discharge planning di Rumah Sakit Mitra Medika Tanjung Mulia Medan. Penelitian ini merupakan desain penelitian survey analitik yang berisi urain-uraian. Populasi dalam penelitin ini seluruh responden, dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan tehnik purposive Sampling yaitu tehnik pengambilan sempel dimana jumlah hasil dari populasi di tetapkan menjadi sampel yang berjumlah sebanyak 63 orang. Metode pengumpulan data yaitu data primer, data skunder dan data tertier. Analisi data yang digunakan dengan uji Chi-square. Penelitian menunjukkan mayoritas kepemimpinan kepala ruangan  dengan mayoritas baik (58,7%), dengan mayoritas motivasi perawat dalam melakukan discharge planning baik (66,7%), diperoleh nilai p-value= (0,002). Kesimpulan penelitian ini ada hubungan kepemimpinan kepala ruangan dengan motivasi perawat pelaksana dalam melakukan discharge planning di Rumah Sakit Mitra Medika Tanjung Mulia Tahun 2023. Disarankan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan kepada Rumah Sakit agar melakukan sosialisa dengan cara bekerja sama dengan perawat tentang cara discharge planning guna untuk memperbaiki pelayanan dan akreditasi Rumah Sakit yang baik.


Keywords


Kepemimpinan Kepala Ruangan; Motivasi; Perawat Pelaksana; Discharge Planning

Full Text:

PDF

References


Riyani SU, Rizal AAF. Hubungan Fungsi Pengorganisasian Kepala Ruangan dengan Kinerja Perawat dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Samarinda. Borneo Stud Res. 2020;1(3):1878–82.

Yancomala O. Hubungan Gaya Kepemimpinan dengan Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat. J Adm Pendidik. 2014;2(1):535–41.

Shafieian R. Kepemimpinan Keperawatan. Lit Rev. 2020;27(8):22–39.

Gurusinga R, Wulan S. Lubuk Pakam Tahun 2017. 2017;

Reichenbach A, Bringmann A, Reader EE, Pournaras CJ, Rungger-Brändle E, Riva CE, et al. Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan dalam Pelaksanaan Discharge Planning. Prog Retin Eye Res. 2019;561(3):S2–3.

Riyanti RD, Kurniawati T. Hubungan antara Motivasi Kerja Perawat dengan Pelaksanaan Discharge Planning di Ruang Rawat Inap RSU PKU Muhammadiyah Bantul. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta; 2015.

Novitasari FP, K MD, Gasong DN, Nusawakan AW. Manajemen Discharge Planning pada Klien dengan Demam Berdarah Dengue (DBD). J Kesehat. 2019;10(2):257.

Pnbp D, Sumatera U, Rsvp DI, Adam H, Medan M. ,~Mml~~Mm~ 13000319 111. (35).

Rahman T, Pertiwiwati E, Setiawan H. Hubungan Fungsi Manajemen Kepala Ruang dengan Motivasi Perawat dalam Melakukan Discharge Planning. J Keperawatan Raflesia. 2020;2(2):71–80.

Africia F, Wahyuningsih SW. Hubungan Motivasi Perawat dengan Pelaksanaan Discharge Planning di Ruang Rawat Inap RSM Siti Khodijah Gurah Kabupaten Kediri. J Sabhanga. 2020;2(1):7–17.

Wulandari T. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di RSUD Pandan Arang Boyolali. DIII Keperawatan. 2019;

V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, J.G.S.Souza. Hubungan Kepemimpinan Keperawatan dan Motivasi Perawat Pelaksana dalam Dicharge Planning. Braz Dent J. 2022;33(1):1–12.

Mikha M. Hubungan Motivasi Perawat dan Supervisi Kepala Ruangan Terhadap Pendokumentasian Discharge Planning di Rumah Sakit Tk. II Kartika Husada. ProNers. 6(2).

Ikhwanudin SQ, Imallah RN. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang dengan Pelaksanaan Discharge Planning di Ruangan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta; 2017.

Kaban AR, Lubis AN, Arruum D. The Effect of Leader Member Exchange and Organizational Citizenship Behavior on Nurse Job Satisfaction at University of Sumatera Utara Hospital. IOSR J Nurs Heal Sci. 2019;Volume 8(5 Ser. II.):33–40.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v5i2.6057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.