Faktor-Faktor yang Berhubungan Nyeri pada Saat Pemasangan Infus di Rumah Sakit Umum Mitra Medika

Agus Surya Bakti, muflih Ngadino

Abstract


Pemasangan infus merupakan prosedur yang paling banyak dilakukan di rumah sakit, pemasangan infus yang didapatkan pasien di rumah sakit memiliki trauma berkepanjangan. Salah satu prosedur yang dilakukan pada pasien adalah terapi melalui pemasangan infus. Pemasangan infus merupakan prosedur yang menimbulkan tidak nyaman, ketakutan dan kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Nyeri Pada Saat Pemasangan Infus di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan Tahun 2023. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan crossectional. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Mitra Medika Tanjung Mulia. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang ada di Instalasi Gawat Darurat yang berjumlah 705 responden dari bulan januari 2023 - maret 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  Accidental Sampling dengan mengacu pada rumus slovin yaitu 87 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Uji yang digunakan adalah uji Chi-Square.Hasil Penelitian: menggunkan uji chi-square memperlihatkan bahwa, terdapat hubungan signifikan antara faktor usia dengan nyeri pemasangan infus (p value =0,04), terdapat hubungan faktor kecemasan dengan nyeri pemasangan infus (p value=0,04), terdapat hubungan faktor dukungan keluarga dengan nyeri pemasangan infus (p value =0,04). Kesimpulan Berdasarkan hasil dan analisa yang telah dilakukan oleh peneliti mengenai variabel Faktor-Faktor Yang Berhubungan Nyeri Pada Saat Pemasangan Infus di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan Tahun 2023 adalah usia, kecemasan dan dukungan keluarga.


Keywords


Usia; Kecemasan; Dukungan Keluarga; Pemasangan Infus

Full Text:

PDF

References


Amelia R, Kurniawati I. Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Diet Hipertensi pada Penderita Hipertensi di Kelurahan Tapos Depok. J Kesehat Saelmakers PERDANA. 2020;3(1):77–90.

Novian A. Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Diet Pasien Hipertensi 2018. [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang; 2018.

Langingi ARC. Hubungan Status Gizi dengan Derajat Hipertensi pada Lansia di Desa Tombolango Kecamatan Lolak. Community Publ Nurs. 2021;9(1):46–57.

Prihatin K, Fatmawati BR, Suprayitna M. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Berobat Penderita Hipertensi. J Ilm STIKES Yars Mataram. 2020;10(2):7–16.

Roslandari LMW. Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pasien Hipertensi Rawat Jalan pada Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Studi Dilakukan Di Puskesmas Kota Malang). Pharm J Indones. 2020;5(2):131–9.

Aidha Z, Tarigan AA. Survey Hipertensi dan Pencegahan Komplikasinya di Wilayah Pesisir Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun2018. JUMANTIK (Jurnal Ilm Penelit Kesehatan). 2019;4(1):101–12.

Bisnu MIKH, Kepel B, Mulyadi N. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Derajat Hipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Ranomuut Kota Manado. J Keperawatan. 2017;5(1):23–31.

Hanum S, Puetri NR, Marlinda M, Yasir Y. Hubungan antara Pengetahuan, Motivasi, dan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. J Kesehat Terpadu (Integrated Heal Journal). 2019;10(1):30–5.

Wede C. Mengatasi Hipertensi. irwan kurniawan, editor. bandung: Cipta Pustaka; 2016.

Amira N. Buku Ajaran Keperawatan Keluarga Askep Stroke. Sumatra Barat: Pustaka Galeri Mandiri; 2020. 23–35 p.

kurniati prihatin D. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Berobat Penderita Hipertensi. Ilm stikes Yars mataram. 2020;10(2):22–34.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v5i1.6044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.