Kegawatdaruratan Primary dan Secondary Survey pada Pasien Chronic Kidney Disease (Ckd) di Rumah Sakit TK II Putri Hijau Medan

Sentia Putri

Abstract


Chronic Kidney Disease (CKD) merupakan suatu proses patologis dengan etiologi yang beragam. CKD aatau Gagal Ginjal Kronis (GGK) termasuk dalam kelompok penyakit Non Communicable Disease (NCD) atau penyakit tidak menular yang menyerang system eksresi tubuh. Penelitian ini berfokus pada populasi pasien CKD di Rumah Sakit TK II Putri Hijau Medan, dengan tujuan untuk menyusun Studi Kasus mengenai Asuhan Keperawatan Gawat Darurat pada pasien CKD, dengan pendekatan primary dan secondary survey. Studi ini menggali data dari tahun 2020 hingga 2022 dan mengidentifikasi jumlah pasien CKD yang datang ke IGD dengan kondisi darurat yang memerlukan pertolongan segera. Subjek penelitian terdiri dari pasien laki-laki dan perempuan berusia di atas 45 tahun dengan kondisi Gawat Darurat CKD. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa anamnesis dan pemeriksaan fisik. Data yang diperoleh dari pengkajian subjektif dan objektif dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus 1 dan kasus 2 menunjukkan adanya tanda dan gejala yang serupa, seperti sesak nafas, lemas, batuk, dan edema pada ekstremitas. Perbedaan utamanya adalah lokasi edema; kasus 1 mengalami edema pada ekstremitas bagian atas sebelah kanan, sedangkan kasus 2 mengalami edema pada ekstremitas bagian bawah dengan derajat edema yang sama, yaitu derajat 1. Kedua kasus didiagnosis dengan hipervolemia yang berkaitan dengan gangguan mekanisme regulasi, retensi cairan, dan natrium. Setelah perencanaan dilakukan, intervensi keperawatan diterapkan. Tindakan yang diambil pada kasus 1 dan kasus 2 menunjukkan bahwa asuhan keperawatan kegawatdaruratan pada pasien Chronic Kidney Disease (CKD) dengan pendekatan primary dan secondary survey berhasil mengatasi masalah yang dialami kedua pasien. Studi Kasus ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai aspek gawat darurat pada pasien CKD dan menjadi dasar untuk perbaikan sistem pelayanan kesehatan dalam menangani kasus CKD secara efektif dan komprehensif.


Keywords


Kegawatdaruratan Primary dan Secondary Survey; Chronic Kidney Disease (CKD); Rumah Sakit TK II Putri Hijau Medan

Full Text:

PDF

References


Listiyani N. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Chronic Kidney Disease (CKD) Dalam Pemenuhan Kebutuhan Aktifitas dan Istirahat. Universitas Kusuma Husada Surakarta; 2021.

WHO COF. World Health Organization. Air Quality Guidelines for Europe. 2020.

Idaiani S, Yunita I, Tjandrarini DH, Indrawati L, Darmayanti I, Kusumawardani N, et al. Prevalensi Psikosis di Indonesia berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta:Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2019.

Radella R. Kegawatdaruran Breathing Circulation dengan Adekuasi Pemenuhan Oksigen dan Cairan pada Pasien Chronic Kidney Disease on Hemodialisa di IGD RS TK II Moh Ridwan Meuraksa Jakarta Timur. Universitas Kristen Indonesia; 2022.

Wirdiani PF, Fikriyanti F, Jufrizal J. Asuhan Keperawatan pada Pasien CKD dengan Komplikasi Uremic Encephalopathy Di Instalasi Gawat Darurat: Studi Kasus. J Ilm Mhs Fak Keperawatan. 2022;1(4):22–31.

Kurniati A, Trisyani Y, Theresia SI. Keperawatan Gawat Darurat dan Bencana Sheehy. Jakarta: Elsevier. Jakarta: Elsevier; 2018.

Halimuddin H, Afrianti I. Lokasi Infark dengan Kejadian Acute Kidney Injury pada Stemi. J Ilmu Keperawatan. 2022;10(1):1–9.

Aditianti A, Raswanti I, Sudikno S, Izwardy D, Irianto SE. Prevalensi dan Faktor Risiko Stunting pada Balita 24-59 Bulan di Indonesia: Analisis Data Riset Kesehatan Dasar 2018. Penelit Gizi Dan Makanan (The J Nutr Food Res. 2020;43(2):51–64.

Sulistianingsih AR, Bantas K. Peluang Menggunakan Metode Cesar pada Persalinan di Indonesia (Analisis Data Sdki Tahun 2017). J Kesehat Reproduksi. 2018;9(2):125–33.

Umar MM. Manajemen Asuhan Keperawatan Gawat Darurat pada Tn. B dengan Diagnosis Chronic Kidney Diseases (Ckd) di Ruangan Instalasi Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Ibnu Sina Yw Umi Makassar. [Skripsi]. Universitas Makassar; 2022.

Rusdi FY, Dewi M, Dwiriani CM. The Relationship between Dietary Acid Load with Kidney Function among Chronic Kidney Disease Patients. Media Gizi Indones. 2023;18(2):103–14.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v5i2.5856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.