Efektivitas Pemberian Air Rebusan Daun Binahong (Anredera Cordifolia) dengan Hipertensi pada Lansia di Dusun Ii Desa Helvetia Medan

Maria Haryati Butar Butar, Maya Siregar

Abstract


 

Hipertensi merupakan salah satu faktor  utama terjadinya penyakit kardiovaskuler dan menjadi salah satu beban kesehatan global yang paling penting karena kasus kardiovaskuler merupakan salah satu penyumbang kematian tertinggi di dunia termasuk di Indonesia. Pengobatan hipertensi dapat dilakukan secara farmakologis dan non farmakologis. Salah satu pengobatan non farmakologis dan terapi komplementer seperti air rebusan daun binahong (anredera cordifolia) yang mengandung flavonoid tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui distribusi frekuensi tekanan darah sebelum dan sesudah diberikan air rebusan daun binahong (anredera cordifolia)  pada lansia di Dusun II Desa Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan quasi experiment (quasi ekseperiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh lansia yang hipertensi di Dusun II Desa Helvetia. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu dengan sampel sebanyak 40 lansia. Tekanan darah diukur sebelum pemberian air rebusan daun binahong (anredera cordifolia)  selama 7 hari, lalu di ukur kembali.  Persentase terjadinya perubahan tekanan darah sebelum dan sesudah dilakukan terapi air rebusan daun binahong untuk sistol 151,55 menjadi 93,5 sedangkan untuk diastol 94,33 menjadi  86,80 yang artinya terjadi penurunan tekanan darah pada sistol dan diastol. Hasil analisa data dengan menggunakan uji paired sample T-test pada sistol dan diastol menunjukkan nilai P= 0,000 yang berarti nilai P=<0,05, artinya ada efektivitas terapi air rebusan daun binahong (anredera cordifolia) terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi. Diharapkan lansia dengan hipertensi dapat menurunkan tekanan darah dengan mengkonsumsi air rebusan binahong secara rutin.

 

 


Keywords


Daun Binahong (Anredera Cordifolia);Hipertensi;Lansia

Full Text:

PDF

References


Imelda I, Sjaaf F, Puspita T. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Puskesmas Air Dingin Lubuk Minturun. Heal Med J. 2020;2(2):68–77.

Senjaya Arifin A. Gigi Lansia. J Skala Husada. 2016;13(1):72–81.

Nova M. Pengaruh Terapi Yoga “ Pranayama ” dan Aromatherapy Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Rheumatoid Arthritis pada Lansia di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta 2019. J Med respati. 2019;14(3):20–8.

Fazriana E, Roslinda M, Luju D. Profil Aktivitas Sehari-Hari Lansia Demensia di Panti Sosial Tresna Wredha Nazareth. J sehat masada. 2021;15(1):128–35.

Ibrahim I, Dewi RIS, Utami DP. Pengaruh Daun Binahong (Anredera cordifolia) Terhadap Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya. J abdimas saintika. 2019;1(1):93–103.

Festi P. Pengaruh Ekstrak Mengkudu (Morinda citrifolia) Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Tikus Putih Wistar Jantan dengan Hipertensi. J Muhammadiyah Med Lab Technol. 2020;3(1):1–12.

Siswantari YD, Isnaeni Y. Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Binahong Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia di Desa Kopat Karangsari Pengasih Kulonprogo Yogyakarta. [Skripsi]. Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta; 2011.

Fridalni N, Minropa A, Sapardi VS. Pengenalan Dini Penyakit Degeneratif. J Abdimas Saintika. 2019;1(1):129–35.

Aidha Z, Tarigan AA. Survey Hipertensi dan Pencegahan Komplikasinya di Wilayah Pesisir Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun 2018. JUMANTIK (Jurnal Ilm Penelit Kesehatan). 2019;4(1):101–12.

Firdaus M, Rezeki NT. Pengaruh Mengkonsumsi Air Rebusan Daun Binahong (Anredera Cordifolia) terhadap Penurunan Tekanan Darah Tinggi pada Lansia di UPT PSTW Khusnul Khotimah Pekanbaru. J STIKes Awal Bros pekanbaru. 2020;1(2):29–37.

Purba R, Girsang R, Tinambunan TR, Barus DT, Hariati H. Penyuluhan Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Desa Samura Kabanjahe. J Pengabdi Masy Putri Hijau. 2021;1(4):16–20.

Saputra S. Pengaruh Pemberian Terapi Komplementer Air Rebusan Daun Binahong terhadap Tekanan Darah pada Lansia Dengan Hipertensi di Desa Bantarjaya. J Ilm Kesehat Med drg Suherman. 2021;3(2):21–31.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v3i2.5657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.