Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Anemia pada Ibu Hamil Trisemester III di Klinik Siti Hajar

Maya Ardilla, Maria Haryanti

Abstract


 

Anemia merupakan suatu penurunan kadar hemoglobin, hematokrit dan jumlah eritrosit dibawah nilai normal yaitu kurang dari 11 gr/dl.Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tingkat anemia pada ibu hamil trimester 3 di Klinik Siti Hajar tahun 2020. Metode: desain penelitian ini menggunakan Survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional dan mengunakan uji chi-square. Populasi dalam penenlitian ini adalah pasien anemia berjumlah 30 responden, sedangkan sampel yang digunakan adalah total sampling.  Hasil: Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan uji Chi Square test memperlihatkan bahwa nilai signifikan probabilitas (Asymp.Sig) ada hubungan paritas dengan anemia pada ibu hamil dengan nilai p(sig) = 0,003, ada hubungan pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil dengan nilai p(sig) = 0,005, ada hubungan pengetahuan dengan anemia pada ibu hamil dengan nilai p(sig) = 0,011, ada hubungan kepatuhan dengan anemia pada ibu hamil dengan nilai p(sig) = 0,028. dalam penelitian ini ada hubungan paritas, pemeriksaan kehamilan, pengetahuan, kepatuhan minum tablet Fe dengan anemia pada ibu hamil trimester 3. Kesimpulan: dalam penelitian ini ada hubungan paritas, pemeriksaan kehamilan, pengetahuan, kepatuhan minum tablet Fe dengan anemia pada ibu hamil trimester 3. Diharapkan kepada ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya dan diupayakan untuk sering cek Hb serta memperhatikan makanan yang di konsumsi selama hamil karena ibu sehat belum tentu kadar Hb nya normal.

 


Keywords


Anemia;Pemeriksaan Kehamilan;Kepatuhan Minum Tablet Fe

Full Text:

PDF

References


Rukiyah AY, Yulianti L. Asuhan kebidanan IV (Patologi Kebidanan). Jakarta: Trans Info Media. Jakarta: Trans Info Media; 2010.

WHO. World Health Statistics 2016. Amerika Serikat; 2016.

Kementerian K. Hasil Utama Riskesdas 2018. 2018. Jakarta:Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Dinas Kesehatan Sumatera Utara. Profil Kesehatan Sumatera Utara. Medan: Sumatera Utara; 2018.

Ani LS. Anemia Defisiensi Besi. Jakarta: EGC; 2019.

Pratami E. Evidence-Based dalam Kebidanan. Jakarta: EGC; 2016.

Abidah SN, Anggasari Y. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III di Klinik Kusmawati Surabaya. J Heal Sci. 2019;12(1):99–108.

Purwandari A, Lumy F, Polak F. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia. J Ilm Bidan. 2016;4(1):62–8.

Asmariana Y, Perwitasari N, Andriani E. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Anemia dalam Kehamilan di Kota Singkawang. J Kesehat Prima. 2018;12(9):83–95.

Kafiyanti N. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemi dengn Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester 3. [Skripsi]. Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta (UNISA); 2016.

Adilestari W. Hubungan Kepatuhan Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Fe dengan Kejadian Anemia Di Puskesmas Mantrijeron Yogyakarta. [Skripsi].Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta (UNISA); 2017.

Siregar NY, Hiola S. Factors Related To The Incidence Of Anemia In The Third Trimester Of Pregnancy In The Work Area Of The Mapane Community Health Center. J Ilmu Kesehat. 2019;13(2):69–75.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v3i2.5179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.