Hubungan Kepatuhan Menjalani Terapi Hemodialisa dengan Tingkat Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik di Rumah Sakit Ginjal Rasyida Medan

Maria Haryati Butar Butar

Abstract


Gagal ginjal kronik atau penyakit ginjal tahap akhir adalah gangguan fungsi ginjal yang menahun yang bersifat progresif dan irreversibel. Dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit yang menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan menjalani terapi hemodialisa dengan tingkat kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Ginjal Rasyida Medan. Desain penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah sampling aksidental, sampel berjumlah 75 responden. Data yang digunakan adalah data primer, sekunder, dan tersier sedangkan analisa data yang digunakan yaitu analisa univariat dan analisa bivariat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p-value dengan menggunakan  uji chi-square sebesar 0,010 (<α=0,05) yang artinya ada hubungan kepatuhan menjalani terapi hemodialisa dengan tingkat kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Ginjal Rasyida Medan. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara stasitik ada hubungan antara  kepatuhan menjalani terapi hemodialisa dengan tingkat kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Ginjal Rasyida Medan Tahun 2018. Disarankan kepada pasien yang menjalani hemodialisa agar patuh  menjalani terapi hemodialisa sesuai jadwal yang telah ditentukan sehingga kualitas hidupnya lebih baik. Untuk pihak Rumah Sakit Rasyida Medan disarankan agar dapat meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien yang menjalani hemodialisa.

Keywords


Kepatuhan, Hemodialisa, Kualitas Hidup

Full Text:

PDF

References


Tunjung D. Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat depresi pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di PTPN X Rumah Sakit Mojokerto. 2011 April; 5(1).

Wiji A. Hubungan antara kepatuhan menjalani terapi hemodialisa dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik di Ruang Hemodialisa RSUD DR.Soedirman Kebumen. 2016 April.

Eva D. Hubungan motivasi pasien dengan kepatuhan menjalani hemodialisa pada pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Pekalongan. 2015 Juni.

Rostanti A. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan menjalani terapi hemodialisa pada penyakit ginjal kronik di Ruangan Dahlia Dan Melati RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado. 2016 Agustus; 4(2).

Afan M. Hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Moewardi Surakarta. 2015 Juni.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v1i1.4522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.