Hubungan Perawatan Tali Pusat dengan Lama Lepas Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir di Klinik Tio Siringo-Ringo Medan

Veronica Anggreni Damanik

Abstract


Neonatus atau bayi baru lahir normal adalah bayi yang lahir dari kehamilan aterm (37 minggu sampai 42 minggu) dengan berat badan lahir 2500 gr sampai dengan 4000 gr,tanpa ada masalah atau kecacatan pada bayi sampai umur 28 hari. World Health Organization (WHO) memperkirakan 4 juta anak meninggal selama periode neonatal setiap tahunnya, terutama di Negara berkembang dengan infeksi sebagai penyebab utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perawatan tali pusat dengan lama lepas tali pusat pada bayi lahir di klinik Tio Siringo-Ringo Medan Tahun 2018. Jenis penelitian ini yaitu dengan survey analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 responden, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Accidental Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan Uji Chi-Square test memperlihatkan bahwa nilai signifikan probabilitas (Asymp.Sig) perawatan tali pusat adalah 0,001<nilai sig α 0,05, hal ini membuktikan bahwa ada hubungan perawatan tali pusat dengan lama lepas tali pusat di Klinik Tio Siringo-Ringo Medan Tahun 2018. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perawatan tali pusatsangat mempengaruhi lama lepas tali pusat pada bayi baru lahir.Dianjurkan kepada ibu nifas yang memiliki bayi baru lahir agar belajar dan membiasakan diri melakukan perawatan tali pusat pada bayi baru lahir dengan cara dan teknik yang baik dan benar.

Keywords


Perawatan Tali Pusat, Lama Lepas Tali Pusat

Full Text:

PDF

References


Priscilla V. Kemandirian Ibu Postpartum Dalam Perawatan Bayi Baru Lahir dengan Menggunakan PendekatanModel “Mother-Baby Care (M-BC). Ners Jurnal Keperawatan. 2013 Oktober; 09.

Rejeki S, dkk. Praktik Perawatan Tali Pusat Oleh Ibu Dengan KejadianInfeksi Tali Pusat Bayi Baru Lahir Di Semarang. 2017 Februari.

Pitriani R, dkk. Umbilical Cord Care Effectiveness Closed and Open To Release Cord Newborn. Jurnal Doppler Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. 2017; 01.

Sarinah. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi PercepatanPutusnya Tali Pusat Pada Bayi Diklinik Paberna Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Kohesi. 2017 April; 01.

Noorhidayah, dkk. Efektifitas Perawatan Tali Pusat Teknik Kering Dan Terbuka Terhadap Lama Puput Tali Pusat Di Kota Banjarbaru. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2015 April; 02.

Asiyah N, dkk. Perawatan Tali Pusat Terbuka Sebagai Upaya Mempercepat Pelepasan Tali Pusat. Indonesia Jurnal Kebidanan. 2017; 01.

Ronald H.S. Pedoman Perawatan Balita. Bandung: CV Nuansa Aulia; 2011.

Hindratni F. Hubungan Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Perawatan Tali PusatDengan Waktu Lepasnya Tali Pusat. 2018 Januari; 12.

Sulasikin N. Hubungan Perawatan Tali Pusat Dengan LamaLepas Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir Di Bpm Mujiasih Pandak BantulYogyakarta Tahun 2014. Naskah Publikasi.

Sandra Rambing J, dkk. Pengaruh Perawatan Tali Pusat Secara Terbuka Dengan Alkohol Terhadap Proses Pupus Tali Pusat Bayi Baru Lahir Di Ruang Nifas Rumah Sakit Umum Daerah Bitung. Buletin Sariputra. 2015 Februari; 05.

Muliawati S, dkk. Studi Diskriptif Perawatan Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir Di Puskesmas Gajahan Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta.

Arfiana, Lusiana A. Asuhan Neonatus Bayi Balita dan Anak Pra Sekolah. Yokyakarta: Trans Medika; 2016.

Sodikin. Buku Saku Perawatan Tali Pusat. Jakarta: EGC; 2018.

Rijema Putra S. Asuhan Neonatus Bayi dan Balita untuk Keperawatan dan Kebidanan. Yokyakarta: D-Medika; 2012.

Riksani R. Keajaiban Tali Pusat dan Plasenta Bayi. Jakarta: Dunia Sehat; 2012

Aina Abata Q. Merawat Bayi Baru Lahir. Jawa Timur: Yayasan PP Al-Furqon; 2015.

Wayan Armini N. Asuhan Kebidanan: Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Yokyakarta: Andi; 2017.

POGI, IDAI, dkk. Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal. Departemen Kesehatan Indonesia.

Trusty T S. Panduan Praktis Merawat Bayi. Jakarta: Niaga Swadaya; 2017.

Iman. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2015.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v1i1.4513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.