Hubungan Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Sundari Medan

Eki Maryo Harahap

Abstract


Pendahuluan; Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediannya wajib di selenggarakan oleh pemerintah sebagaimana telah di manatkan dalam Undang-Undang Dasar pasal 28 H ayat (1) setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tingal, dan mendapatan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan pasal 34 ayat (3) Negara bertangung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak. Tujuan; untuk mengetahui hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat Inap di Rumah Sakit Umum Sundari Medan. Bahan dan Metode; Desain penelitian adalah korelasi. Sampel 80 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Hasil; penelitian diperoleh bahwa 48 responden (60%) memiliki pelayanan keperawatan cukup, dan kepuasan pasien mayoritas puas sebanyak 47 responden (61,3%), Hasil uji statistk dengan Uji Chi-square ada hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap dengan nilaip-Velue=0,045. Kesimpulan; diperoleh bahwa ada hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap. Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih dalam lagi tentang kepuasan pelayanan keperawatan di Rumah Sakit.


Keywords


Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien, BPJS

Full Text:

PDF

References


Eater TC. Hubungan Pelayanan Keperwatan dengan Kepasuan Pasien BPJS Rawat Inap Di ruang Hana Rumah Sakit RSU Pancaran Kasih GMIM. Jurnal Kpperawatan. 2017 februari; 5(1).

Nepe L. Hubungan Pelayanan Kesehtan Dengan Kepuasan Pasien PPeserta BPJS Di Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Nursing New. 2017; 2(2).

Kumalasari E. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Bedah Di Rsud Dr. Loekmono Hadi Kudus. Riset Kesehatan Untuk Daya Saing Bangsa. 2017.

Hasan I. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Kelas Iii Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. R.Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Skripsi. Purwerkarto: Ump, Fakultas Kesehatan; 2016.

Fransisca AM. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Diruang Kelas III RSUD Ulin Banjjar Masin. 2016 Mei.

DNMN. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 3 Susila A, Lestari PP, editors. Jakarta: Salemba Medika; 2012a.

PDNMN. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4 Suslia A, editor. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Nduru F. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan. Ilmu Keperawatan. 2016.

Nurhidayah A. Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Rsud Labuang Baji Makassar. Skrisi. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin, Fakultas Ilmu Kesehatan; 2014.

Iman. Panduan Penyusunan PenelitianBidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. 5th ed. Razia Begum Suroyo HR, editor. Medan: Citapustaka Media Perintis; 2015.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v1i1.4511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.