Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa di Rumah Sakit Rasyida Medan

Dedi Syaiful

Abstract


Estimasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan pertumbuhan jumlah penderita gagal ginjal pada tahun 2013 telah meningkat 50% dari tahun sebelumnya, di Amerika Serikat kejadian dan prevalensi gagal ginjal meningkat 50% di tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di rumah sakit Rasyida Medan Medan Tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan Survei analitik yang menggunakan Metode cross sectional populasi dalam penelitian ini berjumlah 75 orang dan sampel yang diambil dengan menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer, sekunder,dan tersier. Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan uji chi square. Hasil  penelitian ini dengan uji statistik pearson chi square, menunjukkan bahwa hasil p-value sebesar 0,001. Dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai α sebesar 0,05, maka ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di rumah sakit Rasyida   Medan Tahun 2018. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara, tingkat kecemasan dengan kualitas hidup pasien yang menjalani hemodialisa di Rumah Sakit Rasyida medan tahun 2018. Disarankan penelitian ini lebih lanjut tentang hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa dengan menggunakan lokasi penelitian dan metode penelitian yang berbeda.


Keywords


Anxiety Level, Quality Of Life, Hemodialysis

Full Text:

PDF

References


Tokala BF, Kandou L, Dundu A. Hubungan antara lamanya menjalani hemodialisis dengan tingkat kecemasan pada pasien dengan penyakit ginjal kronik Di RSUD.prof.Dr.Kandau Manado Tahun 2015. ; 3.

W. Perbedaan tingkat kecemasan dengan penyakit gagal ginjal kronik tahun2017. Fakultas ilmu kesehatan UMP; 2017.

Hagita D, B, Woferst R. Studi fenomenologi kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis Di RSUD Arifin ahcmad pekan Baru. 2015 Oktober; 2.

Rostanti A, Bawotong J, onibala F. faktor faktor yang berhubungan dengan kepatuhan menjalani terapi hemodialisis pada penyakit gagal ginjal kronik diruangan dahlia dan melati di RSUP.PROF.Dr.R.D.kandao manado. 2016 Agustus; 4.

Hanafi R, Bidjuni H, Babakal A. Hubungan peran perawat sebagai care giverdengan kualitas hidup pasien penyakit gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis Di RSUP.Prpf.DR.R.D.Kandau Manado. 2016 Februari; 4.

Lestari A, Rukmi Dk. Gambaran Tingkat kecemasan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis berdasarkan kuesioner zung self-ratingenxiety scale di RSUD wates Tahu 2017. 2017.

cahyani nd, tyaswati je, rachmawati da. hubungan antara tingkat kecemasan denagan kualitas hidup pada pasien chronic kidney disease (CKD) yang menjalani hemodialisis di RSD dr.soebandi jember. 2016 mei; 4.

Hanafi R, Bidjuni H, Babakal A. hubungan peran perawat sebagai cre giver dengan kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di RSUP Prof.Dr.R.D. kandau Manado. 2016 februari; 4.

Jangkup JYK, Elim C, Kandau LFJ. Tingkat kecemasan pada pasien penyakit ginjal kronik (PGK) yang menjalani hemodialisis di blu RSUP. prof. Dr.R.D. Kandau manado. 2015 januari; 3.

Hartono A. Sinopsis Organ system Ginjal Ali Z, editor. Tangerang Selatan: KARISMA; 2013.

Wijaya AS, putri Ym. keperawatan medical bedah. 1st ed. yogyakarta: Nuha Medika; 2013.

Kholiq A. Stop Gagal ginjal Yogyakarta: Istana Media; 2016.

Prabowo E, Pranata AE. Asuhan Keperawatan sistem perkemihan. 1st ed. Yigyakarta: Nuha Medika; 2014.

J, B, Utami GT. Hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis di RSUD arifin acmad pekan baru. 2015.

Mubarak WI, Indrawati L, Susanto J. Buku ajar Ilmu keperawatan dasar Jakarta: Selemba Medika; 2015.

Muhammad I. panduan penyusunan Penelitian bidang kesehtan menggunakan metode penelitian ilmiah. 5th ed. Suroyo RB, editor. Banung: Citapustaka Media Perintas; 2016.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v1i1.4510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.