Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan

Maria Haryati Butar Butar, Hizrah Hanim

Abstract


Diabetes milletus (DM) merupakan penyakit menahun yang di tandai oleh  kadar glukosa darah lebih dari nilai normal (≥ 200 mg/dL)menimbulkan penyakit-penyakit yang dapat berakibat fatal seperti seperti penyakit jantung, ginjal, stoke dan kebutaan.Menurut World Health Organization (WHO)  pada tahun 2000 sebanyak 150  juta penduduk dunia menderita DM dan angka ini akan menjadi dua kali lipat sampai pada tahun 2025. Tujuan  Untuk mengetahui hubungan aktifitasdengan kadar glukosa darah pada pasien diabetes melitus tipe II di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan Tahun 2021. Metode  Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien diabetes melitus tipe II berjumlah 235 responden. Pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive   sampling, yaitu dimana semua  subyek yang datang dan memenuhi kriteria pemilihan dimasukkan dalam penelitian sampai jumlah subyek yang diperlukan terpenuhi yaitu sebanyak 51 responden. Hasil : Berdasarkan hasil uji chi-squaremenunjukkan nilai p-value (0,002 < α 0,05), hal ini membuktikan bahwa ada hubungan antara aktifitas fisik dengan kadar glukosa darah pada pasien diabetes millitus tipe II di Rumah Sakit Mitra Medika Medan tahun 2021. Kesimpulan  Adanya hubungan antara aktifitas fisik dengan kadar glukosa darah pada pasien diabetes millitus tipe II di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Tahun 2021. Disarankan kepada pasien penderita diabetes millitus tipe II untuk memperbaiki serta meningkatkan aktivitas fisik demi menjaga kadar glukosa darah pasien.


Keywords


Aktifitas Fisik;Kadar Gula Darah;Diabetes Melitus Tipe II

Full Text:

PDF

References


Anggraeni I, Alfarisi R. Hubungan Aktifitas Fisik dengan Kadar Gula Darah Puasa pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek. J Dunia Kesmas. 2018;7(3):140–6.

Meidikayanti W, Wahyuni CU. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Diabetes Melitus Tipe 2. J Berk Epidemiol. 2017;5(2):240–52.

Ekasari E, Dhanny DR. Faktor yang Mempengaruhi Kadar Glukosa Darah Penderita Diabetes Melitus Tipe II Usia 46-65 Tahun di Kabupaten Wakatobi. J Nutr Coll. Department of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro; 2022;11(2):154–62.

Alza Y, Arsil Y, Marlina Y, Novita L, Agustin ND. Aktivitas Fisik, Durasi Penyakit dan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Mellitus (DM) Tipe 2. J Gizido. 2020;12(1):18–26.

S Pitriani SH. Epidemiologi Kesehatan Lingkungan. Makassar: Nas Media Pusaka; 2019.

Azhari R, Septimar ZM. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kadar Glukosa Darah pada Penyandang Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Perumahan Bugel Mas Indah Rw 009. Nusant Hasana J. 2022;2(7):86–90.

Azitha M, Aprilia D, Ilhami YR. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kadar Glukosa Darah Puasa pada Pasien Diabetes Melitus yang Datang ke Poli Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit M. Djamil Padang. J Kesehat Andalas. 2018;7(3):400–4.

Darmayanti S. Diabetes Millitus dan Penatalaksanaan Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2019.

Siti Fathimatuz Zahroh SFZ, Isti Suryani IS, Nurul Huda Syamsiyatun NHS. Hubunganantara Asupan Serat dan Aktivitas Fisik dengan Kadar Glukosa Darah Puasa Karyawan Puskesmas Rongkop Gunungkidul. [Skripsi]. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta; 2017.

Muflihatin SK. Hubungan antara Latihan Fisik dengan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda Tahun 2017. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur; 2017.

Nababan ASV, Pinem MM, Mini Y, Purba TH. Faktor yang Memengaruhi Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Mellitus (DM) Tipe 2 di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Djasamen Saragih Pematang Siantar. J Dunia Gizi. 2020;3(1):23–31.

Almaini A, Heriyanto H. Pengaruh Kepatuhan Diet, Aktivitas Fisik dan Pengobatan dengan Perubahan Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Suku Rejang. J Keperawatan Raflesia. 2019;1(1):55–66.

Hidayah M. Hubungan Perilaku Self-Management dengan Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Pucang Sewu, Surabaya. Amerta Nutr. 2019;3(3):176.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v4i1.5650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.