Efektivitas Terapi Bekam Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Pusat Bekam Ruqyah Medan

Hizrah Hanim, Maria Haryanti

Abstract


Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg dalam keadaan istirahat atau relaksasi yang cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas terapi bekam terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di Pusat Bekam Ruqyah Medan tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan quasi experimental design dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pretest (pengamatan awal) terlebih dahulu sebelum diberikan intervensi, setelah diberikan intervensi, kemudian akan dilakukan kembali posttest (pengamatan akhir). Hasil yang didapat setelah dilakukan intervensi sebanyak 1 kali, tekanan darah sistol dan diastol mengalami penurunan secara signifikan sebesar 0,000 (<0,05), yang berarti hipotesa nol (H0) ditolak yaitu adanya efektivitas terapi bekam terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa terapi bekam memiliki efektivitas dalam menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dan informasi kepada responden bahwa terapi bekam bisa dijadikan salah satu terapi komplomenter untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.


Keywords


Hipertensi;Terapi Bekam;Penurunan Tekanan Darah

Full Text:

PDF

References


Nuridah dkk. Pengaruh Terapi Bekam terhadap Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi : Studi Quasy Eksperimental. J Kesehat Vokasional. 2021;6 No.:53–4.

Raden Surahmat D. Pengaruh Terapi Bekam dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Rumah Bekam Palembang. Univ Sriwij E-Journal. 2017;44–6.

Ainurrafiq dkk. Terapi Non Farmakologi dalam Pengendalian Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi: Systematic Review. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2019;Vol 2. No:193.

Pipit Festi Wiliyanarti dkk. Pengaruh Ekstrak Mengkudu (Morinda citrifolia) terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Tikus Putih Wistar Jantan dengan Hipertensi. J Muhammadiyah Med Lab Technol. 2020;Vol 3.NO 1:2.

Teti Yanna Pane. Gambaran Pemakaian Obat Hipertensi di Puskesmas Air Batu Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan Tahun 2019. Institut Kesehatan Helvetia Medan; 2019.

Ahmad D. Penurunan Tekanan Darah dengan Pemberian Terapi Bekam pada Pasien Hipertensi Primer di Klinik Pengobatan Nabawi Al-Jundi Kota Bima Tahun 2019. Bima Nurs J. 2020;Vol 2. No:23–8.

Zuhrina Aidha D. Survey Hipertensi dan Pencegahan Komplikasi di Wiayah Pesisir Kecamatan Percut Sei Tuan 2018. UIN Sumatera Utara Medan; 2018.

Khoirul latifin dkk. Aplikasi Keperawatan Komplomenter “Cupping” dalam Mengontrol Hipertensi di Masa Pandemi COVID-19. 2020;375–6.

Hanina Amaliyah dkk. Terapi Bekam terhadap Penurunan Tekanan Darah. 2016;395–9.

Hengky Irawan dkk. Pengaruh Terapi Bekam terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Klien Hipertensi. 2010;32.

Puspitorini E. Pengaruh Terapi Bekam Basah Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Dengan Hipertensi Di Klinik Bekam Medical Center Kepanjen Kabupaten Malang. 2017;

Sardaniah dkk. Pengaruh Terapi Bekam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Pondok Pengobatan Alternatif Miftahusyifa Kota Bengkulu. 2019;

Medika TB. Berdamai Dengan Hipertensi. cetakan pe. Sari YNI, editor. Jakarta: Bumi Medika; 2017. 1–27 p.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v4i2.5661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.