Perbandingan Senam Kaki dengan Variasi SPA Kaki dalam Menurunkan Resiko Ulkus Diabetik di RSU Bandung

Fitriani Nasution

Abstract


Ulkus diabetik adalah permasalahan jangka panjang yang paling ditakuti oleh penderita DM karena dapat menyebabkan amputasi kaki, sehingga kualitas hidup penderita DM semakin menurun. Tujuan dari penelitian ini yaitu Menganalisis perbandingan efektivitas senam kaki, variasi spa kaki dengan VCO (Virgin Coconout Oil) dan minyak karo dalam menurunkan resiko ulkus diabetik pada pasien DM tipe 2 di RSU Bandung. Penelitian ini adalah Experimen Semu pretest-postest dengan kontrol, yang dilaksanakan di RSU Bandung. Perbandingan sampe yang digunakan pada tiap-tiap kelompok adalah 1:1:1, masing-masing kelompok sebanyak 12 orang dan total sampel dalam penelitian ini adalah 36 orang. Indikator resiko ulkus diabeteik diukur dengan melakukan pengukuran ABI (Ankle Brachial Index). Analisis data menggunakan uji annova. Analisis uji Annova didapatkan nilai p=0,000<0,05 yang berarti ada perbedaan pada ketiga kelompok perlakuan. Penelitian menyimpulkan bahwa metode spa kaki yang menggunakan VCO dan minyak karo lebih efektif menurunkan resiko ulkus diabetik pada penderita DM tipe 2 di RSU Bandung dibandingkan dengan metode senam. Sedangkan metode spa kaki dengan VCO memiliki keefektifan yang sama dengan metode spa yang menggunakan minyak karo dalam menurunkan resiko ulkus diabetik. Diharapkan Pasien DM dapat secara rutin melakukan spa kaki dengan menggunakan minyak VCO maupun minyak tradisional karo untuk menurunkan resiko resiko ulkus diabetik.  


Keywords


Senam Kaki; SPA Kaki; Ulkus Kaki Diabetik

Full Text:

PDF

References


Ilo. Safety and health at work: A vision for sustainable prevention. International Labour Organization. 2014. 1-48 p.

Kemenkes R. Situasi kesehatan kerja. Jakarta Kemenkes RI. 2015;

Kemenkes RI. Hasil utama RISKESDAS 2018. Online) http//www depkes go id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil% 20Riskesdas. 2018;202018.

Wahyuni A. Senam Kaki Diabetik Efektif Meningkatkan Ankle Brachial Index Pasien Diabetes Melitus Tipe 2. J Ipteks Terap. 2016;9(2):19–27.

Permadani AD, Maliya A. Hubungan tingkat pengetahuan tentang ulkus Kaki diabetik dengan pencegahan terjadinya Ulkus kaki diabetik pada pasien diabetes Melitus di persadia Rumah sakit dokter Soeradji Tirtonegoro Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2017.

Rahmat WP. Pengaruh konseling terhadap kecemasan dan kualitas hidup pasien diabetes mellitus di Kecamatan Kebakkramat. UNS (Sebelas Maret University); 2010.

Sukesi N. Pengaruh Senam Kaki Terhadap Kadar Gula Darah Pada Pasien Dengan Diabetes Melitus. J Ilmu Dan Teknol Kesehat. 2017;8(1).

Indarti ET, Palupi H. SENAM KAKI LEBIH EFEKTIF MENINGKATKAN SIRKULASI DARAH KE KAKI DIBANDING PENURUNAN KADAR GLUKOSA PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REJOSO: More Effectivenes Foot Exercise In Improving Blood Circulation For Legs With Reducing Of Glucose Levels For Diabetes Mellitus Patients In Rejoso Health Center. J Ilm Keperawatan (Scientific J Nursing). 2018;4(2):141–7.

Purwanto B. Spa Kaki Diabetesi (Layanana Estetika pada Kaki Penderita Kencing Manis). Yogyakarta Gava Med. 2014;

Sukarja IMS. SPA KAKI DIABETIK DENGAN RENDAMAN AIR GARAM DAN MASASE DENGAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) EFEKTIF MEMPERBAIKI KELEMBABAN KULIT KAKI PADA DIABETESI. J GEMA KEPERAWATAN. 2018;11(2).

Sukarja IM. SPA KAKI DIABETIK EFEKTIF MEMPERBAIKI SENSASI KAKI PADA DIABETESI. J GEMA KEPERAWATAN. 2018;11(1).

Kacaribu DP. Analisis Yuridis Atas Minyak Karo Dukun Patah Pergendangen Sebagai Produk Indikasi Geografis Kabupaten Karo. 2018;

Siregar ISA. Identifikasi Jenis Tanaman Obat yang Digunakan Sebagai Bahan Pembuatan Minyak Karo.

Prihatin TW. Pengaruh Senam Kaki Diabetes Terhadap Nilai Ankle Brachial Index Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang. J Ilm Ilmu Keperawatan Indones. 2019;9(2):571–6.

Adiputra IMS, Arianta IMD, Trisnadewi NW, Oktaviani NPW. Ankle Brachial Index berhubungan dengan Sensitivitas Kaki Pada Penderita Diabetes Militus Tipe II. J Kesehat SAMODRA ILMU. 2020;11(2):183–91.

Utama YA, Nainggolan SS. Pengaruh Senam Kaki terhadap Nilai Ankle Brachial Index Pada Pasien Diebetes Melitus Tipe II: Sebuah Tinjauan Sistematis. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2021;21(2):657–63.

Katuuk ME, Mulyadi N. Pengaruh Senam Kaki Diabetes Terhadap Nilai Ankle Brachial Index Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Rumah Sakit Pacaran Kasih Gmim Manado. J Keperawatan. 2017;5(1).

REFANI D. LITERATURE REVIEW: EFEKTIFITAS SENAM KAKI DIABETIK TERHADAP NILAI ANKLE BRACHIAL INDEX (ABI) PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2. 2020;

Dewi A, Kristiyawati SP, Purnomo SEC. Pengaruh minyak kelapa terhadap penurunan rasa gatal pada pasien diabetes mellitus di rsud kota slatiga. Karya Ilm. 2016;

Satria Bagas Bayu Ramadhan S. PENGARUH SENAM DAN SPA KAKI DIABETIK TERHADAP NILAI ANKLE BRACHIAL INDEX (ABI) PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI DESA MOJOSONGO SURAKARTA. Universitas Kusuma Husada; 2020.

Dayaningsih D, Sari DP. PENERAPAN SPA KAKI DIABETIK TERHADAP SIRKULASI DARAH PERIFER PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2DI WILAYAH BINAAN PUSKESMAS ROWOSARI SEMARANG. J KEPERAWATAN SISTHANA. 2021;6(1):8–14.

Zuryati M. PENGARUH TERAPI PIJAT MENGGUNAKAN VCO (VIRGIN COCONUT OIL) TERHADAP PENURUNAN NEUROPATI PERIFER PADA KLIEN DIABETES MELITUS TIPE 2. Indones J Nurs Sci Pract. 2019;1(2):15–26.

Dafriani P, Niken N, Ramadhani N, Marlinda R. Potensi Virgin Coconut Oil (VCO) Pada Minyak Herbal Sinergi (MHS) Terhadap Ulkus Diabetes. J Kesehat PERINTIS (Perintis’s Heal Journal). 2020;7(1):51–6.

Primadina N. Pengaruh Pemberian Minyak Tradisional Karo Terhadap Proses Percepatan Penyembuhan Luka Akut (Penelitian Pada Tikus Model). UNIVERSITAS AIRLANGGA; 2020.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v6i1.5474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.