Pengaruh Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Nifas di RSU Mitra Sejati Medan

Hasanah Pratiwi Harahap, Sri Rintani Sikumbang, Fransiska Manalu

Abstract


Peningkatan standar dalam menjaga mutu pelayanan kebidanan sangat diperlukan dalam menurunkan AKI dan AKB di Indonesia. salah satu caranya dengan menerapkan jasa pelayanan sesuai kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan bidan terhadap tingkat kepuasan ibu nifas di RSU Mitra Sejati Medan. Desain penelitian ini bersifat survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian ini dilakukan di RSU Mitra Sejati Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua ibu nifas hari ke-3 yang dirawat inap sebanyak 36 orang diruangan teratai RSU Mitra Sejati Medan pada bulan maret tahun 2019 dan teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Data dianalisis dengan univariat, bivariat dengan uji statistic chi square dan multivariat dengan uji statistik binary logistic.. Hasil Penelitian diperoleh ada hubungan mutu pelayanan kebidanan dari segi daya tanggap (p value = 0,039), empati (p value = 0,014), bukti fisik (p value = 0,025), jaminan (p value = 0,018), keandalan (p value = 0,003) dan uji multivariat menggunakan uji binay logistic menunjukkan ada pengaruh empati (OR= 6,087), jaminan (OR=5,839) terhadap tingkat  kepuasan ibu postpartum di RSU Mitra Sejati Medan Tahun 2019.  Kesimpulan yang didapatkan ada pengaruh mutu pelayanan kebidanan dari segi empati terhadap tingkat kepuasan ibu nifas. Diharapkan kepala pihak rumah sakit mempertahankan dan meningkatkan pelayanan-pelayanan yang sudah dianggap baik oleh pasien dan memperbaiki pelayanan yang masih membuat pasien kurang puas.


Keywords


Empati, Jaminan, Kepuasan Ibu Nifas

Full Text:

PDF

References


UNICEF. Maternal mortality. New york : UNICEF; 2015.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Tahun 2016 Indonesia. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2016.

Purwoastuti E, Walyani ES. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2018.

Wijiwinarsih A. Hubungan Mutu Pelayanan Kebidanan pada Ibu Nifas dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di RS PKU Muhammadiyah Unit II Yogyakarta. [Skripsi].Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta; 2016.

Yun DC. Hubungan Mutu Pelayanan Kebidanan dengan Tingkat Kepuasan Ibu Nifas Rumah Sakit Ibu dan Anak Sri Ratu Medan Tahun 2014. [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara; 2014.

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2016.

Umrana S, Syahwal M. Hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Lavender RSUD Abunawas Kota Kendari. Prev J. 2017;2(1).

Nurfadani M, Jati SP, Arso SP. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Klinik Pratama Pt X Kota Semarang. [Skripsi]. Universitas Diponegoro; 2018.

Setiawan I, Kariasa IM. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Perawat di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Haji Jakarta. [Skripsi]. Universitas Indonesia; 2013.

Satrinegara F. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan: Teori dan Aplikasi dalam Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Muninjaya. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: EGC; 2011.

Bakri MH. Manajemen Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka baru press; 2017.

Muninjaya. Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC; 2019.

Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. J Kesehat Vokasional. 2017;2(1):140.

Desimawati DW. Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap. [Skripsi]. Universitas Jember; 2013.

Handayani E, Pujiastuti W. Asuhan Holistik Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Trans Info Media; 2016.

Herlambang S. Customer Service Rumah Sakit dan Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka baru press; 2017.

Kahar AW, Palu B, Raodhah S. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Barru Sulawesi Selatan Tahun 2017. Al-Sihah Public Heal Sci J. 2017;9(2).

Manengkei B. Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di ruang Rawat Inap RSU Gmim Pancaran Kasih Manado. [Tesis]. Universitas Sam Ratulangi Manado; 2016.

Respati SA. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Halmahera Kota Semarang Tahun 2014. [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang; 2015.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v3i3.4718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.