Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan di Desa Upaya Menurunkan Angka Kematian Neonatal di Kabupaten Tanah Datar

Yarnita Yarnita

Abstract


Kematian bayi baru lahir (neonatal) masih menjadi permasalahan kesehatan, angka kematian bayi di Indonesia sebesar 32/1000 kelahiran hidup dan kematian neonatal 19/1000 kelahiran hidup. Kematian anak merupakan salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesehatan anak dan kesejahteraan keluarga. Risiko terbesar kematian bayi baru lahir (neonatal) terjadi pada 24 jam pertama, minggu pertama dan bulan pertama kehidupannya. Upaya kesehatan yang dilakukan untuk mengurangi risiko tersebut antara lain dengan melakukan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan dan pelayanan neonatal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan di desa upaya menurunkan angka kematian neonatal di kabupaten tanah datar. Jenis penelitian ini bersifat survey analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh bidan desa di Kabupaten Tanah Datar dengan teknik total populasi dan sampel pada penelitian sebanyak 64 bidan. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan kinerja bidan meliputi lama kerja (p = 0,045, OR = 5,833), supervisi bidan koordinator (p = 0,014, OR = 4,25),  motivasi (p = 0.014, OR = 4,167), dan kepuasan kerja ( p = 0,043, OR = 3,231). Saran dari peneliti adalah diharapkan kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar untuk dapat mensiasati permasalahan kekurangan Sumber Daya Manusia kesehatan dengan penambahan kuantitas SDM serta menstimulasi penempatan SDM yang ada sedangkan instansi puskesmas juga turut fokus dalam mengikuti pelatihan-pelatihan khususnya bagi bidan desa dengan masa kerja yang masih baru dengan pelaksanaan program yang ada.


Keywords


Lama Kerja, Supervisi Bidan Koordinator, Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Bidan

Full Text:

PDF

References


SDKI. Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta : Survei Dasar Kesehatan Indonesia; 2013.

Dinkes Provinsi Sumatera Barat. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014. Padang: Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat; 2014.

Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar. Profil Kesehatan Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016. Batusangkar: Dinkes Kabupaten Tanah Datar; 2017.

J Jamhariyah. Analisis Kinerja Bidan Desa dalam Pelayanan Neonatal di Wilayah Puskesmas Kabupaten Lumajang Jawa Timur. J IKESMA. 2013;Volume 9(1).

Titaley CR. Determinants of Neonatal Mortality in Indonesia. BMC Public Health. 2008;8(232).

Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers; 2014.

Dharma S. Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2012.

Kurniawan W, Purnami CT, Wulan LRK. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan Desa dalam Pelembagaan Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA) di Wilayah Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. JMKI (Jurnal Manaj Kesehat Indones. 2014;2(3).

Meilan N. Kesehatan Reproduksi Remaja: Implementasi PKPR dalam Teman Sebaya. Malang: Wineka Media; 2016.

Kemenkes RI. Buku Pedoman Pengenalan Tanda Bahaya pada Kehamilan, Persalinan dan Nifas Bagi Kader. Jakarta: Kemenkes RI; 2011.

Ekadianti M. Analisis Pendapatan Istri Nelayan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga di Desa Tasik Agung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. [Skripsi]. Universitas Diponegoro Semarang; 2014.

Mercy. Profil Mercy-USA For Aid and Development. Medan: Mercy USA Indonesia; 2016.

Yunita, Harlen, Kuntjoro, Tjahjono, Purnami, Tri C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bidan Desa dalam Deteksi Dini Risiko Tinggi Ibu Hamil pada Pelayanan Antenatal di Kabupaten Bengkulu Selatan. [Tesis]. Universitas Diponegoro; 2013.

Wahidah N, Sulaeman ES, Budihastuti URS. Determinants of Midwife Performance in Lactation Management in Surakarta and Karanganyar, Central Java. JHPM. 2018;3(1).

Azwar S. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.

Arwani. Komunikasi dalam Keperawatan. Jakarta: EGC; 2018.

Widiastuti A, Sunarmi S, Rahmawati WR. Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bidan Desa PTT dalam Pelayanan Antenatal di Wilayah Kabupaten Banyumas. J Kebidanan. 2012;4(1).

Boseren S, Noor NB, Rantetampang AL. Determinants Affecting Performance of Village Midwife in Biak Numfor Regency. Int J Sci Basic Appl Res. 2015;24(6).

Widayatun. Ilmu Perilaku. Jakarta: Info Medika; 2009.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Kusyanti. Faktor Motivasi dan Sikap yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan dalam Pemantauan Pencatatan Pelaporan Posyandu di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. Med Respati J Ilm Kesehat. 2017;12(3).

Bekru ET, Cherie A, Anjulo AA. Job Satisfaction and Determinant Factors Among Midwives Working at Health Facilities in Addis Ababa City, Ethiopia. PLoS One. 2017;17(2).

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2016.

Wardani MPK, Sriatmi A, Wigati PA. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Bidan Praktek Mandiri Era Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Semarang. JKM (Jurnal Kesehat Masyarakat). 2016;4(4).




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v3i3.4676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.