Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan pada Pelayanan Kesehatan di Klinik Haji Medan Mabar

Dwi Putri Chinintya, Putranto Manalu

Abstract


BPJS Kesehatan adalah Jaminan Kesehatan Nasional dengan salah satu fokus utamanya adalah meningkat kepuasan pesertanya yaitu penduduk Indonesia dengan target kepuasan pada tahun 2019 adalah 85%. Kepuasan pasien ditentukan oleh banyak faktor antara lain seperti kualitas produk/jasa, kualitas pelayanan, dan faktor emosional (persepsi pasien). Kualitas pelayanan yang diterima pasien meliputi aspek  realiability, assurance, responsivenes, tangibles, dan empathy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Klinik Haji Medan Mabar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan jenis penelitian survei analitik dan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian sebesar 1743 orang dan Sampel peneliti sebanyak 95 orang yang merupakan pasien peserta BPJS Kesehatan di Klinik Haji Medan Mabar. Penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi bivariat.  Hasil analisis data menunjukan adanya hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Klinik Haji Medan Mabar dengan nilai r = 0,419 dan nilai signifikan atau p = 0,000, taraf signifikan yang digunakan 5% (0,05). Aspek yang paling mempengaruhi adalah assurance yang meliputi tentang ketersedian dokter yang ahli dibidangnya, keandalan, keramahan dan kesopanan perawat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diterima pasien akan mempengaruhi kepuasan pasien itu sendiri. Saran untuk Klinik Haji Medan Mabar adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh pasien terutama pada aspek yang masih dalam kategori sedang yaitu responsiveness, reliability dan tangible.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Pasien, BPJS Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Kotler P. Manajemen Pemasaran di Indonesia 2. 8th ed. Jakarta: Salemba Empat; 2005. 646 p.

Priansa DJ. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta; 2017.

Sangadji EM, Sopiah. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2016.

Zeithaml, Valerie A, Bitner MJ. Customer Contibutions and Roles in Service Delivery. North Carolina: University of North Carolina; 2005. 193-205 p.

Tjiptono F, Chandra G. Service, Quality dan Satisfaction. 4th ed. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2016.

Bleich SN, Ozaltin E, Murray CJL. How does Satisfaction with the Health-Care System Relate to Patient experience. Bull World Health Organ. 2009;87(4):271–8.

Schoenfelder T, Klewer J, Kugler J. Determinants of Patient Satisfaction_ a Study Among 39 Hospitals in an in-Patient Setting in Germany. Int J Qual Heal Care. 2017;23(5):503–9.

Adhikary G, Shajedur Rahman Shawon M, Wazed Ali M, Shamsuzzaman M, Ahmed S, Shackelford KA, et al. Factors Influencing Patients’ Satisfaction at Different Levels of Health Facilities in Bangladesh: Results from Patient Exit Interviews. J PLoS ONE. 2018;13(5):1–13.

Primatika AS. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dengan Pasien Umum RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogori. [Skripsi].Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

Nasution NM. Analisa Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Keperawatan Prima di Ruang rawat Inap Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Nina Maisyaroh. [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara; 2009.

Saragih E. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap tentang Pelayanan Keperawatan di RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan. [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara; 2017.

Johan Y. Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Studi Kasus Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Kecamatan Gambir Jakarta Pusat. [Tesis]. Universitas Indonesia; 2009.

Kavalnien R, Kasiulevi V, Virginijus Š, Aranauskas L. Patient Satisfaction with Primary Healthcare Services : are There Any Links with Patients ’ Symptoms of Anxiety and Depression. J BMC Fam Pract. 2018;19(1):1–9.

Zaniarti D. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jamkesmas di Salatiga. [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang; 2011.

Al-eisa IS, Al-mutar MS, Radwan MM, Al-terkit AM. Patients’ Satisfaction with Primary Health Care Services at Capital Health Region, Kuwait. Middle East J Fam Med. 2005;3(3):10–6.

Karaca A, Durna Z. Patient Satisfaction with the Quality of Nursing Care. Nurs Open J. 2019 Apr;6(2):535–45.

Ardey R, Ardey R. Patient Perceptions and Expectations From Primary Health-Care Providers in India. J Fam Med Prim care. 2015;4(1):53–63.

Almutairi A. Patients’ Satisfaction with Primary Health Care Centers’ Services, Majmaah, Kingdom of Saudi of Saudi Arabia. Int J Health Sci (Qassim). 2015;9(2).

Bhattacharya A, Chatterjee S, De A, Majumder S, Chowdhury, Kanti Bhusan Basu M. Patient Satisfaction at a Primary Level Health‑care Facility in a District of West Bengal: Are Our Patients Really Satisfied? Med J. 2018;11(4).

Abdulrahman AA. Patients’ Satisfaction with the Quality of Provided Services for Management of Hypertension in Public Primary Health Care Facilities, Sharg-Alneel Locality, Khartoum State, Sudan. Public Heal Open J. 2018;3(1):13–9.

Hemadeh R, Hammoud R, Kdouh O, Jaber T, Ammar L. Patient Satisfaction with Primary Healthcare Services in Lebanon. Int J Health Plann Manage. 2019 Jan;34(1):e423–35.

Sritharan V, Velnampy T. Service Quality And Customer Satisfaction: A Study Of Selected Private Hospitals In Jaffna District, Sri Lanka. In: Proceedings of International Conference on Business Management. India: Annamalai Nagar University; 2011.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v3i1.4527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.