Faktor yang Memengaruhi Kinerja Pegawai di Puskesmas Rantang Medan Petisah

Rema Santy Sianturi, Hartono Hartono

Abstract


Puskesmas Rantang Medan Petisah merupakan puskesmas non perawatan rawat inap. Kinerja merupakan singkatan dari energi kerja dalam bahasa inggris adalah performance. Kinerja adalah hasil atau keluaran yang dihasilkan oleh fungsi-fungsi atau indikator-indikator suatu pekerjaan atau suatu profesi dalam kurun waktu tertentu. Menurut hasil penelitian Sumantri di puskesmas Makroman Kecamatan Sambutan Kota Samarinda pada tahun 2015 mengenai kinerja pegawai dalam pelayanan kesehatan masyarakat bahwa faktor pendukung kinerja pegawai yaitu suasana yang kondusif dan adanya kerja sama antar pegawai. Kinerja kerja pegawai puskesmas Rantang Medan Petisah masih belum dapat dikatakan baik hal ini disebabkan karena masih belum lengkapnya fasilitas kerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga kinerja kerja pegawai menjadi menurun. Desain penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 36 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data dilakukan secara analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square dengan derajat kemaknaan p-value=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan  penyediaan fasilitas kerja pegawai dengan kinerja pegawai dengan nilai p-value (0,008 < 0,05), tidak ada hubungan pemberian insentif dan pembinaan kerja pegawai dengan  kinerja pegawai dengan masing-masing p-value  pemberian insentif (0,877 > 0,05), dan p-value pembinaan kerja pegawai (0,878 > 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penyediaan faslitas kerja pegawai memiliki hubungan dengan kinerja pegawai puskesmas. Disarankan untuk meningkatkan kinerja pegawai dengan melengkapi fasilitas kerja bagi pegawai agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat yang berobat ke Puskesmas Rantang Medan Petisah


Keywords


Kinerja Pegawai; Fasilitas Kerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. Pedoman Penyelenggaraan Upaya Keperawatan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta Pusat; 2016.

Efendi F, Makhfudli M. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2011. Jakarta: Kemenkes RI;

Ruky AS. Sistem Manajemen Kerja (Performance Management System). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum; 2006.

Nursalam. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. II. Jakarta: Salemba Medika; 2015.

Pabundu M. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2016.

Yudhaningsih R. Peningkatan Efektivitas Kerja Melalui Komitmen, Perubahan dan Budaya Organisasi. J Pengemb Hum. 2011;11(1):40–50.

Makta O. Pengaruh Motivasi Kerja dengan Kinerja perawat Pelaksana di Unit Rawat Inap RS. Stella Maris Makassar Tahun 2013. [SKripsi]. Universitas Hasanuddin; 2013.

Nurhayani H, Amir MY. Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Perawat di Unit Rawat Inap RSUD Salewangan Maros. [Skripsi]. Universitas Hasanuddin; 2013.

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2014.

Gumilar EA. Pengaruh Faktor-Faktor Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. X. [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah; 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Penerbit Alfabeta; 2017.

Hasniah, Nurhayani, Yusran Amir M. Hubungan Motivasi kerja dengan Kinerja Perawat di Unit Rawat Inap RSUD Salewangan Maros. [Skripsi]. Universitas Hasanuddin; 2013.

Samsudin S. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia; 2009.

Nursalam. Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika; 2007.

Nontji. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perawat di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. [Tesis]. Universitas Hasanuddin; 2014.

Hafizurrachman. Manajemen Pendidikan dan Kesehatan. Jakarta: CV Sagung Seto; 2009.

Zubaidi Z. Perencanaan Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Mengurangi Risiko Bencana di Kota Medan. [Tesis]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara; 2018.

Lubis KA. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan. [Tesis]. Universitas Sumatera Utara; 2008.

Noorhidayah, Asrinawaty, Zam MZ. Hubungan Pelatihan dan Motivasi dengan Keaktifan Kader dalam Pelaksanaan Kegiatan Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Teluk Tiram Banjarmasin. Din Kesehatan; J Kebidanan dan Keperawatan. 2016;8(1).




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v2i3.4452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.