Hubungan Disiplin Kerja dengan Kinerja Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Berastagi Kabupaten Karo

Ismira Erlayasna Ginting, Herbert Wau

Abstract


Disiplin kerja yang tinggi sangat diperlukan oleh setiap organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi yakni efektif dan efisien. Kedisiplinan diartikan jika pegawai selalu datang dan pulang tepat pada waktunya, mengerjakan semua pekerjaan dengan baik, mematuhi semua peraturan dan norma-norma sosial yang berlaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 70 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah  total  populasi sebanyak 70 orang yang terdiri dari 60 PNS dan 10 tenaga honorer. Penelitian ini menggunakan analisa data chi-square. Hasil uji statistik menggunakan uji Chi-square diperoleh nilai p = 0,002 (p<0,05) berarti ada hubungan yang signifikan antara disiplin waktu dengan kinerja pelayanan. Ada hubungan yang signifikan antara disiplin peraturan dengan kinerja pelayanan dengan nilai p = 0,003 (p<0,05). Ada hubungan yang signifikan antara disiplin tanggung jawab dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Berastagi Kabupaten Karo dengan nilai           p=0,000 (p<0,05).  Kesimpulan pada penelitian ini diperoleh ada hubungan yang signifikan antara disiplin waktu dengan kinerja pelayanan. Ada hubungan yang signifikan antara disiplin peraturan dengan kinerja pelayanan dan ada hubungan yang signifikan antara disiplin tanggung jawab dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Berastagi Kabupaten Karo. Diharapkan pihak Puskesmas Berastagi Kabupaten Karo untuk memberikan penghargaan kepada pegawai yang dinilai teladan berdasarkan disiplin kerja sehingga kinerja pelayanan menjadi lebih baik lagi.


Keywords


Disiplin Kerja; Kinerja Pelayanan; Puskesmas Berastagi

Full Text:

PDF

References


Arifuddin A, Napirah MR. Hubungan Disiplin dan Beban Kerja dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu. J Kesehat Tadulako. 2015;1(1).

Asniar, Junaid, Lymbran. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Disiplin Kerja Pegawai Puskesmas Puriala Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe. [Skripsi]. Universitas Haluoleo; 2016.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI. Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2016. Jakarta; 2015.

Usman. Analisis Kinerja Tenaga Kesehatan pada Puskesmas Lapadde Kota Parepare. J Media Kesehat Masy Indones. 2016;12(1).

Dea N. Hubungan Disiplin Waktu dengan Kinerja Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tawangrejo Kota Madiun Tahun 2017. [Skripsi]. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun; 2017.

Kasim S, Robot FJ., Hamel R. Hubungan Disiplin Waktu dengan Kinerja Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tataba. Ejournal Keperawatan (e-Kp). 2013;1(1).

Fathoni A. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.

Prihantoto A. Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, dan Komitmen. Yogyakarta: Deepublish; 2019.

Zakiyudin A. Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Karyawan. Perspekt J Ekon dan Manaj Univ Bina Sarana Inform. 2016;14(2).

Sutrisno E. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana; 2017.

Ramandey L. Pengaruh disiplin terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai pada Kantor Distrik Heram Kota Jayapura. [Skripsi]. Universitas Sriwijaya; 2017.

Luthfi K. Masyarakat Indonesia dan Tanggung Jawab Moralitas. Bogor: Guepedia; 2018.

Afandi P. Concept & Indikator. Yogyakarta: Deepublish; 2016.

Hasibuan M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2012.

Didi Pianda. Kinerja Guru. Sukabumi: CV Jejak; 2018.

Fattah H. Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Penerbit Elmatera; 2017.

Rismawati, Mattalata. Evaluasi Kinerja. Makassar: Celebres Media Perkasa; 2018.

Elbadiansyah. Manajemen sumber daya manusia. Malang: CV IRDH; 2019.

Darmadi. Manajemen Sumber Daya Manusia Ke kepala Sekolahan. Yogyakarta: Deepublish; 2018.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v2i3.4436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.