Implimentasi Imunisasi untuk Mencapai Universal Child Immunization (UCI) di Puskesmas Raya Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar

Susilawati Susilawati

Abstract


Universal Child Immunization (UCI) adalah keadaan pencapaian imunisasi dasar lengkap untuk semua bayi (anak di bawah satu tahun). Cakupan Puskesmas Raya dan Navy 3 dari capaian pencapaian UCI di Puskesmas Raya tahun 2015-2017 telah menurun, tahun 2015 tiga desa dibidang kesehatan masyarakat Raya sudah mencapai desa tiga tahun UCI, 2016 pusat kesehatan lingkungan di wilayah Raya tidak ada bangsal yang mencapai desa UCI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi imunisasi untuk mencapai Universal Child Immunization (UCI) di Puskesmas Raya, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan mewawancarai informasi dan informasi tentang pelaksanaan imunisasi untuk mencapai UCI di Puskesmas Raya, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar pada tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan imunisasi di Puskesmas Raya tidak optimal. Pelaksana imunisasi di Puskesmas Raya, dan kegiatan Posyandu hanya dilakukan oleh 1 orang, yaitu perawat yang bertanggung jawab atas semua kegiatan imunisasi akan mempengaruhi pelaksanaan imunisasi. Fasilitas infrastruktur yang masih kurang memadai. Perencanaan dan rencana dalam pelaksanaannya belum dibuat tetapi aplikasi di lapangan belum berjalan dengan baik. Kader yang belum bertanggung jawab atas peran dan tugasnya. Kurangnya promosi dan sosialisasi yang dilakukan oleh Puskesmas dengan lintas sektor. Kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan imunisasi masih kurang. Komunikasi antara penanggung jawab program dan penanggung jawab posyandu tidak terjalin dengan baik. Pemantauan kepala Puskesmas tidak rutin dan rutin, pelatihan dilakukan dalam bentuk mini-bulanan. Perlu ada kerjasama yang baik antara kepala puskesmas Raya dan semua staf puskesmas dan lintas sektor dalam ruang lingkup imunisasi sehingga target UCI dapat tercapai.


Keywords


UCI; implementasi; Imunisasi

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Imunisasi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta; 2013.

Rahmawati SP. Analisis Faktor Sumber Daya Manusia yang Berhubungan dengan Hasil Kegiatan Imunisasi Dasar Bayi oleh Petugas Imunisasi Puskesmas di Kabupaten Blora. [Tesis]. Universitas Diponegoro; 2007.

Depkes Provinsi Sumatera Utara. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2012. Dinkes Sumatera Utara. Departemen Kesehatan Sumatera Utara. Medan; 2013.

Nainggolan ZC, Lubis R. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Batita di Desa Hutaimbaru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2016. Gizi, Kesehat Reproduksi dan Epidemiol. 2016;1(2).

Prawisda DR. Pelaksanaan Imunisasi untuk Mencapai Universal Child Immunization (UCI) di Pukesmas Kahean Kecamatan Siantar Utara Kota Pematangsiantar Tahun 201 8. [Skripsi]. Univesitas Sumatera Utara; 2018.

Arifada AY, Rochmah TN. Analisis Sistem Kemitraan dalam Program Imunisasi Berdasarkan Peran Perangkat Desa, Bidan Desa, dan Masyarakat. J Adm Kesehat Indones. 2015;3(2):139–50.

Effendi M. Peran Pendidikan Karakter dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Szmp Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Viona MA, Darwanto D. Konstruksi Sosial dan Ekonomi Tataniaga Beras: Fenomenologi Tataniaga Beras dari Kabupaten Demak ke Kota Semarang. J MEDIA. 2013;22(1).

Aprillia Y. Analisis Sosialisasi Program Inisiasi Menyusu Dini dan ASI Eksklusif kepada Bidan di Kabupaten Klaten. [Tesis]. Universitas Diponegoro; 2010.

Zainiah N, Suratini S. Hubungan Frekuensi Pelatihan yang Diikuti Kader dengan Tingkat Keterampilan Kader dalam Pelayanan Posyandu di Desa Nogotirto Sleman Gamping Yogyakarta Tahun 2014. Yogyakarta: [Skripsi]. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta; 2014.

Mahnun N. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’ (Jurnal Pemikir Islam. 2012;37(1):27–34.

Pahlevi R, Imron A, Kusumaningrum DE. Manajemen Saranan dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. J Manaj Pendidik. 2016;25(1):88–94.

Viani KO. Pentingnya Perencanaan dalam Program Imunisasi di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. J Adm Kesehat Indones. 2018;5(2):105.

Yuliana NN, Blegur F, Dafroyati Y. JURNAL 22 Modul 2 Perencanaan Kebutuhan Vaksin dan Pengelolaan Rantai Vaksin.pdf. Nusa Tenggara Timur: Bakti Husada; 2015.

Susyanty AL, Sasanti R, Syaripuddin M, Yuniar Y. Sistem Manajemen dan Persediaan Vaksin di Dua Provinsi Indonesia. Bul Penelit Kesehat. 2014;42(2 Jun):108–21.

Merindani WS, Nuryadi EW. Kajian Manajemen Penyelenggaraan Program Imunisasi Difteri di Puskesmas Suboh Kabupaten Situbondo (Management of Diphtheria Immunization Program Implementation at Suboh Public Health Center, Situbondo). [Skripsi]. Universitas Jember; 2015.

Sihombing K, Kandarina BI, Sumarni S. Peran Lurah, Petugas Kesehatan, dan Kader dalam Partisipasi Ibu Balita ke Posyandu di Wilayah Cakupan D/S Terendah dan Tertinggi di Kota Jambi. J Gizi dan Diet Indones (Indonesian J Nutr Diet. 2016;3(2):87.

Depkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. Jakarta; 2017.

Harahap S. Pelaksanaan Pembinaan Kesehatan Lingkungan di Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun 2013. Lingkung dan Kesehat Kerja. 2014;3(2).

Triana V. Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi Tahun 2015. J Kesehat Masy Andalas. 2017;10(2):123–35.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v2i1.4115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.