Hubungan Implementasi Kebijakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dengan Kepuasan Pasien yang Berkunjung Ke Puskesmas Bahkapul Pematangsiantar

Dewi Agustina

Abstract


Sesuai dengan peraturan BPJS telah diselenggarakan per tanggal 1 Januari 2014, namun masih banyak permasalahan yang berkaitan dengan implementasi kebijakan BPJS tersebut. Pelaksanaan kebijakan BPJS di lapangan masih sarat berbagai masalah. Kepuasan yang tinggi akan menunjukkan implementasi kebijakan yang baik. Penelitian ini merupakan survei dengan pendekatan explanatorydengan rancangan cross sectionalyang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh implementasi kebijakan BPJS terhadap kepuasan pasien yang berkunjung ke Puskesmas BahkapulKota Pematangsiantar Tahun 2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS yang berkunjung kePuskesmas BahkapulKota Pematangsiantar pada Bulan Agustus 2015 sebanyak  250 pasien. Dengan sampel sebanyak 88 orang yang diambil secara Teknik pengambilan sampel menggunakan metodeAccidentalRandom Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner selanjutnya dianalisis bivariat dengan menggunakan uji chi square dilanjutkan dengan analisis multivariat dengan uji regresi logistik berganda.

Hasil penelitian menunjukkanada hubungan akurasi komunikasi kebijakan BPJS dengan kepuasaan pasien ( p value = 0,003),ada hubungankonsistensi komunikasi kebijakan BPJS denagn kepuasaan pasien ( p value = 0,002), ada hubungan fasilitas BPJS dengan kepuasaan pasien ( p value = 0,002),ada hubungansumber daya manusia dalam pelayanan BPJS dengan kepuasaan pasien ( p value = 0,016),ada hubungan struktur birokrasi BPJS dengan kepuasaan pasien ( p value = 0,001), ada hubunganprosedur BPJS dengan kepuasaan pasien ( p value = 0,001). Berdasarkan analisis multivariat, subvariabel yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS yang berkunjung ke Puskesmas Bahkapul Kota Petangsiantar adalah faktor akurasi dengan nilai Ekp (B) = 14,571. Diharapkan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Bahkapul agar memberikan sosialisasi tentang BPJS secara akurat kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Bahkapul Kota Pematangsiantar.


Keywords


Implementasi Kebijakan BPJS; Kepuasan Pasien; Puskesmas

Full Text:

PDF

References


Kantor Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional. Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005–2025. Jakarta. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional; 2005.

Utomo ATS. Optimalisasi Pengelolaan dan Pemberdayaan Pulau-Pulau Terluar dalam Rangka Mempertahankan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. J Din Huk. 2010;10(3):319–28.

Widiastuti I. Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat. Public Inspir. 2018;2(2):91–101.

Donandro O. Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Pemegang Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Mulia Hati Wonogiri. Transform (Jurnal Ilmu-ilmu Sos. 2017;2(28).

Sutabri T. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2012.

Maulana HDJ. Promosi kesehatan. Jakarta: EGC; 2009.

Kurnia RA. Kajian Sistem Pengajuan Klaim Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di RSD Balung Kabupaten Jember Tahun 2017. [Skripsi]. Universitas Jember; 2017.

Perdanasari V. Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien pada Rumah Sakit Umum Abdul Moloek. [Tesis]. Universitas Lampung;

Ratnasari C, Suharto S, Pramono D. Hubungan Ketersediaan Fasilitas, Keramahan, Lama Pelayanan, Usia dan Tingkat Pendidikan terhadap Pemilihan Tempat Pemberi Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Askes (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Pandanaran Kota Semarang). [Tesis]. Universitas Diponegoro; 2012.

Hardiyansyah. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media; 2018.

Ramdhani A, Ramdhani MA. Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. J Publik. 2017;11(1):1–12.

Hasanah U. Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Pemberian Bantuaniuran di Puskesmas Kokop Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Publika (Junrnal Ilmu Adm Negara). 2016;4(1).

Putra WM. Analisis Implementasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan Tahun 2014. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta; 2014.

Bhaskara RA. Sikap Para Pengelola Asuransi Jiwa Syariah terhadap Kebijakan Undang-Undang No 40 Tahun 2004 tentang Transformasi PT. ASKES (Persero) Menjadi BPJS Kesehatan. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; 2014.

Rina NA, Wahyudi F, Margawati A. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Praktek Dokter Mandiri dan Klinik Swasta (Studi Kasus Kecamatan Tembalang Semarang). J Kedokt Diponegoro. 2017;6(2):930–9.

Aulia R, Adhani R, Taufiqurrahman I, Hatta I. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Layanan Primer Banjarmasin. Dentino (Jurnal Kedokt Gigi}. 2017;2(1):95–100.

Kumalasari E. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Bedah di RSUD Dr. Loekmono Hadi Kudus. Pros HEFA (Health Events All). 2017;1(1).

Alwy SNA. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pemerintah RSUD Haji Makassar. [Tesis]. Universitas Hasanuddin;

Setiawan F. Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan Puskesmas Terakreditasi dan Belum Terakreditasi di Kabupaten Wonogiri. [Tesis]. Universitas Sebelas Maret; 2014.

Humsi F. Implementasi Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Dalam Mendukung Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kota Lubuklinggau. [Tesis]. Universitas Terbuka; 2017.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v2i1.4114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.