Determinan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Pengangkut Sampah di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang

Riza Agustina Untari, Muhammad Totong Kamaluddin, HM. Hatta Dahlan

Abstract


Alat Pelindung Diri (APD) adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan dengan 10 orang pekerja pengangkut sampah, ditemukan 70% pekerja pengangkut sampah tidak menggunakan APD dan tidak merawat APD dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang bersifat kuantitatif dengan desain Cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji chi-square yang dilakukan menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan alat pelindung diri (APD) terhadap sikap (p = 0,028), ketersediaan sarana (p = 0,028), pelatihan (p = 0,021), pengawasan (p = 0,024), dan motivasi (p = 0,000), serta tidak ada hubungan yang signifikan terhadap pengetahuan (p = 0,616), dan manajemen (p = 0,836). Hasil penelitian multivariat bahwa variabel ketersediaan sarana merupakan faktor yang mempunyai pengaruh paling kuat dengan nilai p = 0,016 dan OR sebesar 2. Disarankan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang sebaiknya dapat lebih tegas dalam menerapkan regulasi pada pekerja pengangkut sampah, mengenai penggunaan APD dalam bekerja.


Keywords


Determinan; Alat Pelindung Diri; Pekerja Pengangkut Sampah

Full Text:

PDF

References


Roza E. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Petugas Kebersihan di PD. Pasar Jaya Kec. Pasar Minggu Tahun 2015. [Skripsi]. Universitas Esa Unggul; 2015.

Herlinda. Persepsi Pemulung terhadap Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja dikaitkan dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) Tegallega Bandung. [Skripsi]. Universitas Indonesia; 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta; 2003.

Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara; 2010.

Hastono SP. Analisis Data Kesehatan. Depok: Universitas Indonesia; 2007.

Wijayanti DF. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Penggunaan Alat Pelindung Diri terhadap Keluhan Gangguan Kulit pada Petugas Sampah TPA Batu Layang Pontianak. J Mhs PSPD FK Univ Tanjungpura. 2015;3(1).

Purba AB. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Perajin Keranjang Bambu Desa Sigodang Barat Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun Tahun 2017. [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara; 2017.

Notoatmodjo S. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Hayati R, Kasman, Jannah R. Fakor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Petani yang Menggunakan Pestisida. Promot (Jurnal Kesehat Masyarakat). 2015;8(1).

Lensoni, Hartaty N, Jumiati S. Hubungan Perilaku dan Sikap Pekerja Pengangkut Sampah dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri di Kampung Jawa. J Aceh Med. 2018;2(1).

Yustrianita I. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada pekerja Bagian Finishing PT di Proyek Apartemen Serpong Tahun 2014. Univ Indones Depok. 2014;

Hidayat AAA. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika; 2005.

Hutabarat EP. Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemakaian Alat Pelindung Diri pada Pekerja Bagian Produksi di PT.IndoJaya Agrinusa Unit Poultry Feed Tahun 2018. [Skripsi]. Universitas Sumatra Utara; 2018.

Gunawan I, Mudayana AA. Hubungan antara Pengetahuan, Sikap dan Motivasi dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Bagian Produksi PT. Katingan Indah Utama, Kabupaten Kota Waringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Unnes J Public Heal. 2016;5(4).

Zulliyanti S. Pengaruh Perilaku Tenaga Kerja terhadap Penerapan Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bagian Produksi PT. Gold Coin Indonesia Tahun 2010. [Tesis]. Universitas Sumatera Utara; 2011.

Raodhah S, Delfani G. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Karyawan Bagian Packer PT. Semen Bosowa Tahun 2014. J Al-Sihah (The public Heal Acience J. 2014;6(2).

Kautsar A. Faktor-Faktor yang Berhubungan dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Pekerja (Operator) di Area Wood Working I PT Yamaha Indonesia Tahun 2014. [Skripsi]. Universitas Indonesia; 2014.

Aweng ER and Fatt CC. Perception of Rubbish Collectors at the Garbage Dump Sites in Kelantan, Malaysia on the use of Personal Protective Equipments (PPE). Heal Environ Journal. 2014;5(3).

Wijayanto W. Hubungan Motivasi Perawat dengan Perilaku Pemakaian Alat Pelindung Diri saat melakukan Kemoterapi di Ruang Inap RSUD.Moewardi. [Skripsi]. STIKES Kusuma Husada; 2015.

Handoko TH. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE; 2005.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v2i1.4087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.