Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Pengguna Komputer di badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara

Agnes Ferusgel, Annisa Anjanny, Dian Maya Sari Siregar

Abstract


Keluhan (MSDs) adalah keluhan pada bagian-bagian otot skeletal yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan sangat ringan sampai sangat sakit. Tujuan untuk mengetahui hubungan posisi duduk, lama kerja dan masa kerja keluhan MSDs pada pekerja pengguna komputer di Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. penelitian ini menggunakan metode penelitian survey analitik dengan desain penelitian cross sectional.Populasi dalam penelitian ini yaitu pekerja penguna komputer di Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utaradan sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yaitu sebanyak 74 pekerja pengguna komputer. pekerja pengguna komputer yang berisiko posisi duduk dengan keluhan musculoskeletal disorder pada taraf signifikan dengan nilai p-value = (0,042 < 0,05), demikian juga variabel lama kerja dengan keluhan musculoskeletal disorder pada taraf signifikan dengan nilai p-value = (0,044 < 0,05) dan variabel masa kerja dengan keluhan musculoskeletal disorder pada taraf signifikan dengan nilai p-value = (0,702 < 0,05). terdapat hubungan posisi duduk dan lama kerja dengan keluhan musculoskeletal disorder namun tidak terdapat hubungan masa kerja dengan keluhan musculoskeletal disorder pada pekerja pengguna komputer di Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara.

 


Keywords


Posisi Duduk; Lama Kerja; Masa Kerja; Keluhan MSDs

Full Text:

PDF

References


Elyas Y. Gambaran Tingkat Risiko Musculoskeletal Disorders (MsDs) pada Perawat Saat Melakukan Aktivitas Kerja di Ruang ICU PJT RSCM Berdasarkan Metode Rapid Entire Body Assesment (REBA). [Skripsi]. Universitas Indonesia; 2012.

Utami U, Karimuna SR, Jufri N. Hubungan Lama Kerja, Sikap Kerja dan Beban Kerja dengan Muskuloskeletal Disorders (MsDs) pada Petani Padi di Desa Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe Tahun 2017. JIMKESMAS (Jurnal Ilm Mhs Kesehat Masyarakat). 2017;2(6):1–11.

Rahman A. Analisis Postur Kerja dan Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculoskeletal Disorder (MSDs) pada Pekerja Beton Sektor Informal di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Tahun 2017. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2017.

Nurrahman R. Hubungan Masa Kerja dan Sikap Kerja terhadap Kejadian Low Back Pain pada Penenun di Kampoeng BNI Kab.Wajo. [Skripsi]. Universitas Hasanuddin Makassar; 2016.

Iridiastadi H. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 2017.

Ahmad A, Budiman F. Hubungan Posisi Duduk dengan Nyeri Punggung Bawah pada Penjahit Vermak Levis di Pasar Tanah Pasir Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara Tahun 2014. Forum Ilm. 2014;11(3).

Silviyani V, Susanto T, Asmaningrum N. Hubungan Posisi Bekerja Petani Lansia dengan Resiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah di Wilayah Kerja Puskesmas Sumberjambe Kabupaten Jember (The Correlation Between The Position Of Elderly Farmers Working With The Risk Of Low Back Pain In The Working Area. [Skripsi]. Universitas Jember; 2014.

Rojo GCA. Analisis Tingkat Risiko Ergonomi Berdasarkan Aspek Pekerjaan pada Pekerja Laundry Sektor Usaha Informal di Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan Tahun 2012. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta; 2012.

Nurmianto E. Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasi. Surabaya: Prima Printing; 2004.

Wardaningsih I. Pengaruh Sikap Kerja Duduk pada Kursi Kerja yang Tidak Ergonomis Terhadap Keluhan Otot-Otot Skeletal Bagi Pekerja Wanita Bagian Mesin Cucuk di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret; 2010.

Jalajuwita RN, Paskarini I. Hubungan Posisi Kerja dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Unit Pengelasan PT. X Bekasi. Indones J Occup Saf Heal. 2015;4(1):33–42.

Wijayanti F. Hubungan Posisi Duduk dan Lama Duduk terhadap Kejadian Low Back Pain (LBP) pada Penjahit Konveksi di Keluhan Way Halim Bandar Lampung. MEDULA. 2019;8(2).

Anne S. Hubungan Umur, Durasi Kerja dan Pencahayaan dengan Keluhan Subjektif Kelelahan Mata pada Penjahit Pasar Raya Kota Padang Tahun 2016. [Tesis]. Universitas Andalas; 2016.

Supriyanto. Perancangan Postur Kerja pada Pekerja Bagian Pencucian dan Penggilingan Kedelai dengan Pendekatan Rapid Entire Body Assesment (REBA) untuk Mengurangi Resiko Musculosceletal Disorders (MsD’s). [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret; 2011.

Randang MJ. Hubungan Antara Umur, Masa Kerja dan Lama Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal pada Nelayan di Desa Talikuran Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa. Media Kesehat. 2017;9(3):1–8.

Erna Novita Sari, Lina Handayani AS. Hubungan Antara Umur dan Masa Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MsDs) pada Pekerja Laundry. J Kedokt dan Kesehat. 2017;13(9).




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v2i1.4068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.