Formulasi Sediaan Salep dari Ekstrak Daun Pare (Momordica charantia L.) sebagai Obat Luka Gores

Putri Disimawati Zebua, Vivi Eulis Diana

Abstract


Pendahuluan; Masyarakat dengan pengetahuan dan pengalaman dari para orang tua nenek moyang ternyata telah mampu mangatasi permasalahan kesehatan. Seperti tanaman daun pare (Momordica Charantia L.) sebagai masyarakat daun pare mudah didapat dan memiliki manfaat, dan daun pare juga dapat di formulasikan kedalam sediaan salep sebagai obat  luka gores. Metode; Penelitian ini merupakan bersifat eksperimental. Daun pare (Momordica Charantia L.) di ekstraksi dengan maserasi dengan menggunakan penyari etanol 70% dengan konsentrasi (3%, 5%, dan 7%) kemudian dibandingkan dengan sediaan salep. Mencit yang digunakan adalah mencit jantan sebanyak 12 ekor. Hasil; penelitian menunjukkan pada perlakuan pengobatan menggunakan ekstrak daun pare perubahan luka gores menurun secara berlahan-lahan. Pada konsentraksi 3% dan 5% perubah luka mengecil 0,72 cm dan 0,6 cm, sedangkan pada konsentrasi 7% peruban luka 0,46 cm. Kesimpulan; ini adalah daun pare dapat menyembuhkan luka gores, disarankan kepada penelitian selanjutnya ekstrak daun pare supaya membuat sediaan yang lain.


Keywords


Ekstrak Daun Pare (Momordica Charantia L.), Salep, Luka Gores

Full Text:

PDF

References


Herwindo R. Kajian Jenis Kemasan danSimulasi Pengangkutan Terhadap Mutu FisikBuah Terung (Solanummelongena L.). Dep Tek Mesin dan Biosist Fak Teknol Pertanian Inst Pertan Bogor, Bogor. 2014;

Meylani Putri V. Uji Aktivitas Gel Ekstrak Etanol Daun Alpukat (Persea American Mill) Sebai Obat Luka Sayat pada Kelinci (Oryctolagus Cunniculus). UIN Alauddin Makassar; 2014.

Castella CN. Pemaknaan Penonton Terhadap Pencitraan Bakal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Melalui Tayangan Kuis (Analisis Resepsi Pemaknaan Penonton Terhadap Pencitraan Bakal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Wiranto-Hary Tanoesoedibyo melalui Tayangan “Kuis Kebangsaan” di RCTI). 2014;

Hastuti S. Analisis kualitatif dan kuantitatif formaldehid pada ikan asin di Madura. Agrointek. 2016;4(2):132–7.

Mutiara EV, Wildan A. Ekstraksi Flavonoid Dari Daun Pare (Momordica charantia L.) Berbantu Gelombang Mikro Sebagai Penurun Kadar Glukosa Secara In Vitro. METANA. 2014;10(01):1–11.




DOI: https://doi.org/10.33085/jdf.v1i3.4374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Muhammad Andry
Department of Pharmacy, Faculty of Pharmacy, Institut Kesehatan Helvetia
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6281262445695. Tel: (061) 42084606
email: duniafarmasi@helvetia.ac.id
Faks. (061) 42084606Website: https://helvetia.ac.id/.