Formulasi Lipstik dari Sari Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) dan Kunyit (Curcuma Longa L.l

Sulpy Anggraini, Mandike Ginting

Abstract


Pendahuluan: Setiap wanita mempunyai kecendrungan serupa, yaitu ingin terlihat cantik dan menyenangkan untuk dipandang sehingga produk kosmetik merupakan kebutuhan mutlak  bagi dirinya. Salah satu produk kosmetika yang sering digunakan khususnya bagi para wanita yaitu lipstik. Tujuan: Membuat sediaan lipstik menggunakan sari buah naga merah dan kunyit sebagai zat warna alami dalam sediaan lipstik dengan konsentrasi buah naga merah 0%, 30%, 40% dan kunyit 0%, 2%, 2%. Dan mengetahui konsentrasi lipstik yang memberikan warna paling banyak disukai. Methode: Penelitian ini dilakukan secara eksperimental, buah naga dan kunyit diblender dan disaring lalu sari dikentalkan, digunakan tiga variasi konsentrasi yaitu sari buah naga 0%, 30%, 40% dan kunyit 0%, 2%, 2%. Pengujian yang dilakukan berupa uji homogenitas, uji pH, uji oles, uji iritasi dan uji Kesukaan. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa Lipstik dengan konsentrasi warna buah naga merah, 30% dan kunyit 2% menghasilkan warna ungu kemerahan, lipstik dengan konsentrasi warna buah naga merah 40% dan kunyit 2% menghasilkan ungu pekat. Kesimpulan Sari buah naga merah dan kunyit dapat digunakan sebagai pewarna alami dalam formulasi sediaan lipstik, Setelah dilakukan uji kesukaan terhadap panelis dari ke 3 formula sediaan lipstik, menunjukan bahwa formula konsentrasi buah naga 40% dan kunyit 2% yang sangat disukai panelis.


Keywords


Lipstik, Buah Naga Merah, Kunyit

Full Text:

PDF

References


Sukristiani D, Hayatunnufus H, Yuliana Y. Pengetahuan Tentang Kosmetika Perawatan Kulit Wajah Dan Riasan Pada Mahasiswi Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. E-Journal Home Econ Tour. 2014;7(3).

Muliyawan D. AZ tentang Kosmetik. Elex Media Komputindo; 2013.

Wardani E. Pengaruh facial image, cosmetic usage pada brand personality dan brand attitude (studi pada mahasiswi Universitas Sebelas Maret Surakarta). Fokus Manajerial. 2013;11(1):41–57.

Yonita As. Hubungan Pengetahuan, Sikap Terhadap Motivasi Mahasiswa Untuk Bertindak Menggunakan Kosmetik Mengandung Merkuri (Hg)(Studi Kuantitatif Di Fakultas Dan Program Studi Kesehatan Universitas Jember). 2015;

Arfina A. Analisis Kandungan Rhodamin B Pada Kosmetik Perona Pipi Yang Beredar Di Pasar Tradisional Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2012.

Pratiwi Ds. Hubungan Konsep Diri Remaja Putri Dengan Perilaku Membeli Produk Kosmetik Pemutih Wajah. Universitas Negeri Semarang; 2011.

Rias Pt, Akhir P. Rias Fantasi Tokoh Raja Dalam Cerita Rapunzel Pada.

Lokal Ipdanm, Di Pinggiran Km, Saeni R. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Winangun YWW. Membangun karakter petani organik sukses dalam era globalisasi. Kanisius; 2005.

Irnawati I, Suryani S, Sari I. Variasi Lama Maserasi Daun Tanaman Jati (Tectona grandis Linn. F) dan Pemanfaatannya sebagai Pewarna Alami dalam Sediaan Lipstik. Pharmauho. 2015;1(2).

Ide P. Health secret of dragon fruit. Elex Media Komputindo; 2013.

Supriyanti L, Kasrina K, Yennita Y. Studi Etnobotani Jenis-jenis Tumbuhan Obat oleh Masyarakat Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu sebagai Sumber Belajar Biologi SMP. Universitas Bengkulu; 2014.




DOI: https://doi.org/10.33085/jdf.v1i3.4373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Muhammad Andry
Department of Pharmacy, Faculty of Pharmacy, Institut Kesehatan Helvetia
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6281262445695. Tel: (061) 42084606
email: duniafarmasi@helvetia.ac.id
Faks. (061) 42084606Website: https://helvetia.ac.id/.