Evaluasi Penggunaan Dosis Pada Anak Demam di Klinik Dina Karya Medan

Wahyuni Yuni, Adek Chan

Abstract


Pendahuluan; Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas 37.50C. Infeksi ringan hingga parah bisa menyebabkan demam. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. Tujuan;  Untuk mengevaluasi penggunaan dosis  obat anak demam di klinik dina karya medan pada periode januari-juni 2016. Metode; yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yaitu mendeskripsikan dan menganalisa pennggunaan dosis dan pemilihan obat yang tepat pada pasien anak demam dengan berpedoman pada refrensi yang baku. Hasil;  penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dosis obat dan pemeilihan jenis obat sudah tepat dan rasional, terutama penggunaan obat narkotika diazepam untuk anak. Dari 8 pasien anak yang datang berobat ke Klinik Dina Karya, semua penggunaan dosis dan pemilihan obat tidak ditemukan adanya penggunaan dosis dan pemelihan obat yang tidak sesuai. Kesimpulan; Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan dosis obat dan pemilihan obat pada anak demam di klinik Dina Karya sudah tepat. Adapun saran yang diberikan kepada pihak klinik yaitu membuat data rekam medik pasien secara lengkap dan dibuat perorang atau perpasien. Sehingga bisa menjadi pedoman dalam menangani kasus yang sama untuk kedepannya.


Keywords


Demam, Obat, Dosis.

Full Text:

PDF

References


Karnila R, Nazriati E. Analisis Penerapan Keselamatan Kerja Pada Petugas Laboratorium Klinik Di Kota Pekanbaru. Din Lingkung. 3(1):24–32.

Chatib M. Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi Dan Kecerdasan Dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Kaifa; 2012.

Perempuan Kp. Profil Anak Indonesia 2012. Jakarta Cv Miftahur Rizky. 2012;4–6.

Alimul A. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Salemba Med Jakarta. 2008;

Febriani V. Karya Tulis Ilmiah Asuhan Keperawatan Pada An. K Usia 2, 5 Tahun Dengan Diagnosa Medis Bronkopneumonia Di Ruang V Rumkital Dr. Ramelan Surabaya.

Suryandono A. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Kepala Keluarga Tentang Demam Berdarah Dengue (Dbd) Dengan Perilaku Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (Psn Dbd) Di Rw I, Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Universitas Negeri Semarang; 2009.

Kusumaningrum K. Pengaruh Faktor-Faktor Individual Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Obat Lewat Resep Pada Apotik Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Jember Klinik. J Sains Manaj Dan Bisnis Indones. 2017;6(2).

Daulay Im. Laporan Praktek Kerja Profesi Apotek Kimia Farma 27 Medan.

Indonesia Dkr. Farmakope Indonesia Edisi Ketiga. Dep Kesehat Republik Indonesia Jakarta. 1979;

Pusponegoro Hd, Widodo Dp, Ismael S. Konsensus Penatalaksanaan Kejang Demam. Jakarta Badan Penerbit Idai. 2006;1–9.




DOI: https://doi.org/10.33085/jdf.v1i2.4358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Muhammad Andry
Department of Pharmacy, Faculty of Pharmacy, Institut Kesehatan Helvetia
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6281262445695. Tel: (061) 42084606
email: duniafarmasi@helvetia.ac.id
Faks. (061) 42084606Website: https://helvetia.ac.id/.