Determinan Kesediaan Ibu dalam Pemasangan IUD Post Plasenta

Sri Juliani, Dian Zuiatna, Nurrahmaton Nurrahmaton

Abstract


Latar Belakang: Insersi IUD post-placenta memiliki angka ekspulsi rata-rata 13-16%, dan dapat hingga 9-12,5% jika dipasang oleh tenaga terlatih. Angka ekspulsi ini lebih rendah bila dibandingkan dengan waktu pemasangan pada masa segera pasca-persalinan, yaitu 28-37%. Sayangnya, pemasangan IUD post-placenta belum terlalu banyak digunakan karena masih kurangnya sosialisasi mengenai hal ini dan masih adanya ketakutan pada calon akseptor mengenai terjadinya komplikasi seperti perforasi uterus, infeksi, perdarahan, dan nyeri. Tujuan: Penelitian untuk mengetahui determinan  kesediaan ibu dalam pemasangan IUD post plasenta di Praktik Bidan Mandiri Henny Kasih Tahun 2021. Metode: Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional). Populasi adalah seluruh ibu hamil yang datang untuk memeriksakan kehamilannya sebanyak 38 orang. Sampel diambil dengan teknik total populasi yaitu 38 orang ibu hamil. Analisis data dengan menggunakan uji chi square. Hasil: penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan dengan kesediaan ibu untuk pemasangan IUD post plasenta dengan nilai p-value 0,006, ada hubungan persepsi dengan kesediaan ibu untuk pemasangan IUD post plasenta dengan nilai p-value 0,001, ada hubungan sikap dengan kesediaan ibu untuk pemasangan IUD post plasenta dengan nilai p-value 0,002 dan ada hubungan dukungan suami dengan kesediaan ibu untuk pemasangan IUD post plasenta dengan nilai p-value 0,003. Kesimpulan: dari penelitian ini adalah ada hubungan pengetahuan, persepsi, sikap dan dukungan suami dengan kesediaan ibu hamil untuk pemasangan IUD post plasenta.


Keywords


IUD Post Plasenta, Pengetahuan, Persepsi, Sikap, Dukungan Suami

Full Text:

PDF

References


Arum DNS. Panduan Lengkap Pelayanan KB Terkini. Yogyakarta: Nuha Medika; 2019.

Kemenkes. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta; 2018.

Yuhedi LT, Kurniawati T. Buku Ajar Kependudukan dan Pelayanan KB. Jakarta: EGC; 2015.

Marfuati S, Sulistiyana CS, Khasanah U. Prevalensi Penggunaan Alat Kontrasepsi di Kota Cirebon. Tunas Med J Kedokt Kesehat. 2020;6(1).

Kemenkes. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta; 2015.

Aputra. Buku Sumber Pendidikan KB. Jakarta: BKKBN; 2004.

Handayani S. Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Pustaka Rihama; 2010.

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Citapustaka Media Printis; 2012.

Muhammad I. Pemanfaatan SPSS dalam Penelitian Sosial dan Kesehatan. Bandung: Citapustaka Media Printis; 2017.

Rohmaniah N, Utami I, ST S, Keb M. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan KB IUD Post Plasenta di Puskesmas Mlati II Sleman Yogyakarta. Digilib Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta; 2018.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Mulyandari A. Faktor yang Berhubungan dengan Kesediaan Ibu Bersalin untuk Pemasangan IUD pada Kala IV Persalinan di Klinik Bersalin Kecamatan Teluk Bintan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2015. Repository Universitas Sumatera Utara; 2015.

Prawirohardjo S. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: EGC; 2006.

Damanik SB. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Lama Ketidaklangsungan Pemakaian Alat Kontrasepsi dalam Rahim (AKDR) pada Ibu Pasangan Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Patumbak Tahun 2013. Repository Universitas Sumatera Utara; 2013.

Arifuddin M. Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Kontrasepsi Hormonal Pasutri di Wilayah Kerja Puskesmas Lampa Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang 2013. Repository Universitas Hasanuddin; 2013.

Irawati E. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi IUD di Puskesmas Cileungsi Bogor tahun 2013. J Ilmu Farm Terap dan Kesehat. 2016;1(1).




DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v6i1.5544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bidan Komunitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person: Wardiah Suryani

Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.

Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106

email : bidankomunitas@helvetia.ac.id