Pengaruh Konsumsi Telur Ayam Kampung Rebus terhadap Perubahan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil Trimester III di Kediri

Siswi Wulandari

Abstract


Latar Belakang : penyebab praktis terjadinya penuruhan kadar Hb yang di alami ibu hamil yaitu kurangnya absorbsi zat besi di dalam tubuh, sehingga kadar Hb dalam darah kurang memenuhi kebutuhan. Upaya yang bisa di lakukan untuk mengatasi anemia pada ibu hamil dengan menganjurkan kepada ibu untuk mengkonsumsi telur ayam rebus (ayam kampung) untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Tujuan : penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh mengkonsumsi telur ayam rebus (ayam kampung) terhadap perubahan kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester III. Metode : penelitian ini adalah berdasarkan lingkup penelitian termasuk jenis penelitian statistik inferensial. Kelompok subjek di observasi sebelum dilakukan perlakuan, kemudian di observasi lagi setelah perlakuan. Berdasarkan ada tidaknya perlakuan termasuk dalam penelitian  pre eksperimen tipe one group pre-test and post test design. Hasil : penelitian ini menunjukan bahwa kadar hemoglobin responden sebelum mengkonsumsi telur ayam rebus (ayam kampung) yaitu 8,73 gr/dl, sesudah konsumsi telur ayam rebus yaitu 11,20 gr/dl atau kadar hemoglobin responden sesudah mengkonsumsi telur ayam rebus (ayam kampung) mengalami peningkatan. Kesimpulan : penelitian ini ada pengaruh kadar hemoglobin sebelum dan sesudah mengkonsumsi telur ayam rebus (ayam kampung) pada ibu hamil trimester III.


Keywords


Telur, Kadar Hemoglobin, Ibu Hamil.

Full Text:

PDF

References


Manuaba. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB. Ilmu Kebidanan, Penyakit, Kandungan, dan KB.Jakarta: EGC 2012.

Wulandari S. Hubungan Antara Jarak Kehamilan dan Status Gizi dengan Kejadian Preeklamsi pada Ibu Hamil di RS Aura Syifa Kabupaten Kediri Tahun 2015; 2(1).

Sarwono Prawihardjo. Ilmu Kebidanan Edisi IV. Kesehatan Reproduksi. Jakarta: EGC. 2010.

Merida N, Utomo W. Efektifitas Terapi Kombinasi Jus Bayam dan Tomat terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil dengan Anemia. J Online Mhs Progr Stud Ilmu Keperawatan Univ Riau. 2014; 2(1)

Hechavarría, Rodney; López G. Pre Eklamsia. J Midwifery. 2013; 5(3)

Prawirohardjo S. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Ed Ke-4 Jakarta Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. 2016;

Gilly A. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC. 2010.

Wulandari S. Tomato Juice &Strawberry, IJMRS. Int J Med Res Pharm Sci. 2017;4(1):42–54.

Wulandari S, Ajunisa. Strawberry Juice & Hb Ibu Hamil. International Journal Med Res Pharm Sci. 2016;3(12):76–82.

Rukmana SC, Kartasurya MI. Hubungan Asupan Gizi dan Status Gizi Ibu Hamil Trimester III dengan Berat Badan Lahir Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Suruh Kabupaten Semarang. J Nutr Coll. 2014;4(1)

Bunga Widita Kartikasari, Mifbakhuddin DNM. Hubungan Pendidikan, Paritas, dan Pekerjaan Ibu dengan Status Gizi Ibu Hamil Trimester III. J Unimus. 2011;2(1)

Manuba 2010. Hubungan Pendidikan Dan Sosial Ekonomi Dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Bps T Yohan Way Halim Bandar Lampung Tahun 2015. Kesehatan Holistik. 2010; 10(1);

Wulandari S, Amlia Dewi N, Dwi Afriliana F, Faraswati r. Comparation of Effectivity from Consumption Tomato Juice and Strawberry Juice Against Level of Haemoglobin in Third Trimester of Pregnant Woman. Int J Med Res Pharm Sci. 2017;4(1):42–53.

Syari M, Serudji J, Mariati U. Peran Asupan Zat Gizi Makronutrien Ibu Hamil terhadap Berat Badan Lahir Bayi di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 2015;10(1)

Candra Rukmana S, Irene Kartasurya M. Hubungan Asupan Gizi dan Status Gizi Ibu Hamil Trimester III dengan Berat Badan Lahir Bayi di Wilayah Ker ja Puskesmas Suruh Kabupaten Semarang. Journal of Nutrition College. 2014; 2(1).




DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v4i1.4738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bidan Komunitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person: Wardiah Suryani

Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.

Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106

email : bidankomunitas@helvetia.ac.id