Hubungan Manajemen Laboratorium dengan Pencapaian Kompetensi KDPK dan Antenatal Care Mahasiswa Semester IV Prodi DIII Kebidanan Stikes Sumatera Barat

Rahmatul Ulya Rahmatul

Abstract


Latar Belakang: Pengalaman belajar mahasiswa terdiri dari pembelajaran teori, laboratorium/pembelajaran praktik dan praktik klinik. Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian hasil belajar, bahwa beban studi pendidikan Diploma terdiri dari 40 % teori dan 60 % praktik. Berdasarkan hal tersebut untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal diperlukan pengelolaan pembelajaran praktik/praktik klinik atau disebut juga pembelajaran Laboratorium yang efektif dan efisien. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara manajemen laboratorium dengan pencapaian kompetensi dalam praktik KDPK dan Antenatal Care mahasiswi Semester IV Prodi DIII Kebidanan STIKes Sumatera Barat. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dan retrospektif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang akan ditetapkan dalam penelitian ini yaitu total sampling sebanyak Jumlah populasi penelitian terdiri dari 89 orang mahasiswi semester IV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatera Barat. Analisa yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Hasil: penilaian manajemen laboratorium sebagian besar yaitu 64% (cukup). Pencapaian kompetensi praktik KDPK sebagian besar adalah 62,2 (sedang) dan untuk praktik Antenatal Care sebagian besar yaitu 61.4 (sedang). Terdapat hubungan yang bermakna antara manajemen laboratorium dengan pencapaian kompetensi dalam praktik KDPK dan Antenatal Care mahasiswa prodi DIII Kebidanan STIKes Sumbar, dengan keeratan hubungan yang cukup dengan arah yang positif. Kesimpulan: Manajemen laboratorium yang cukup perlu ditingkatkan pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar dapat tercapai kompetensi mahasiswa dalam praktik kebidanan yang baik.


Keywords


Manajemen Laboratorium, Kompetensi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ristekdikti. Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (Pkm) Tahun 2016 I. 2016;

Sutisna M. Buku Ajar Teknologi Pendidikan dan Media Pembelajaran. Bandung: Gravindo Media Pratama; 2009.

Jannah N. Penuntun Belajar Laboratorium Kebidanan. Jakarta: Egc; 2016.

Kodiyah N, Herawati Dd, Lestari Bw, Husin F, Wirakusumah Ff, Setiawati Ep. Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Asuhan Persalinan. J Pendidik Dan Pelayanan Kebidanan Indonesia. 2017;2(3):58.

Sudarmi. Analisis Mutu Pembelajaran Praktik Laboratorium Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Praktik Asuhan Kebidanan di Program Studi DIII Kebidanan Tanjungkarang. J Kebidanan [Internet]. 2012;108–18. Available From: Http://Digilib.Stikeskusumahusada.Ac.Id/Files/Disk1/12/01-Gdl-Yuniseniwa-594-1-B11059y-I.Pdf

Kesehatan Kr. Standar Laboratorium Diploma Iii Kebidanan. 2016;

Saputra O, Lisiswanti R. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Keterampilan Klinik. J Kedokt. 2015;5(9):104–9.

Yunitasari L. Hubungan Kualitas Pelayanan Laboratorium dengan Nilai Ujian Praktikum Osca Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana Mahasiswa Semester 3 Diploma III Stikes Aisyiyah Yogyakarta. Stikes Aisyiyah Yogyakarta; 2013.

Asiyah S. Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Prodi D4 Kebidanan pada Mata Kuliah Asuhan Kehamilan dengan Metode Pembelajaran Laboratorium Klinik di Laboratorium Ante Natal Care Stikes Karya Husada Kediri. J Kebidanan Midwiferia. 2019;4(2):24.

Lieskusmastuti Ad. Hubungan Keaktifan Praktikum dengan Hasil Evaluasi Ujian Antenatal Care pada Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Stikes Mamba’ul ‘Ulum Surakarta. 2018;1(1):73–83.

Muryani S. Hubungan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dengan Kompetensi Keterampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) Mahasiswa Semester 1 di Akbid Bhakti Nusantara Salatiga. Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga; 2010.

Harini Rt, Rusiawati D. Hubungan Faktor Bimbingan Praktik terhadap Pencapaian Kompetensi Keterampilan Asuhan Kehamilan pada Praktek Klinik. 2018;2(2):42–7.

Prahesti T. Hubungan antara Hasil Evaluasi Pembelajaran Teori dengan Laboratorium Manajemen Aktif Kala III Mahasiswa Akbid Mitra Husada Karanganyar. Universitas Sebelas Maret; 2009.

Notoadmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Afreni D. Manajemen Laboratorium Biologi Beberapa SMA Swasta di Kota Jambi. J Sainmatika. 2013;7(1):1–10.




DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v3i2.4614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bidan Komunitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person: Wardiah Suryani

Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.

Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106

email : bidankomunitas@helvetia.ac.id