Pengaruh Faktor Predisposisi, Pendukung dan Penguat terhadap Perawatan Kehamilan di Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun

Rapida Saragih, Ramadhani Safitri Nasution

Abstract


Perawatan kehamilan sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin, karena dengan melakukan perawatan kehamilan dapat mencegah komplikasi pada kehamilan yang dapat mengancam jiwa ibu dan janin. Rendahnya keinginan ibu hamil dalam melakukan perawatan kehamilan di Kecamatan Raya Kahean terkait dengan adat istiadat, dan kurangnya pengetahuan, sumber informasi, dukungan suami, serta dukungan tenaga kesehatan. Tujuan; untuk menganalisis pengaruh faktor predisposisi, pendukung dan penguat terhadap perawatan kehamilan di Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Survei Analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu hamil trimester III, dengan besar sampel 97 ibu hamil. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi logistik ganda pada taraf kepercayaan 95%. Hasil uji regresi logistik ganda disimpulkan bahwa variabel dukungan suami dan sumber informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perawatan kehamilan. Sedangkan tiga variabel adat istiadat, pengetahuan dan dukungan petugas kesehatan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap perawatan kehamilan di Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun. Saran; bagi tenaga kesehatan di Kecamatan Raya Kahean khususnya bidan desa agar lebih aktif dalam memberikan dukungan serta penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya melakukan perawatan kehamilan.  Bagi anggota keluarga khususnya pada suami agar memotivasi dan mendukung ibu dalam melakukan perawatan kehamilan.

Kunci: Faktor Predisposisi, Pendukung, Penguat, Perawatan Kehamilan


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. Pedoman Pelaksanaan Strategis Nasional Making Pregnancy Safer (kehamilan yang lebih Aman)tle. Jakarta; 2006.

Siregar. Psikologi Keperawatan dan Kesehatan. Selemba Medika; 2005.

Manuaba. Buku Ajar Pengantar Kuliah Operasi Obsetri. IBG; 2013.

Prawidhardjo S. Ilmu Kebidanan. Yogyakarta: Yayasan Bina Pustaka; 2005.

Depkes RI. Penilaian K I dan K IV. 2004;

Situmeang R. Pengaruh Faktor Predisposisi, Pemungkin Dan Kebutuhan Terhadap Pemanfaatan Sarana Pelayanan Antenatal Oleh Ibu Hamil Di Kelurahan Pasir Bidang Kecamatan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2010. Pengaruh Fakt Predisposisi, Pemungkin Dan Kebutuhan Terhadap Pemanfaat Sarana Pelayanan Antenatal Oleh Ibu Hamil Di Kelurahan Pasir Bid Kec Sarudik Kabupaten Tapanuli Teng Tahun 2010. 2010;

Dasatjipta G, Murniati Manik SKK, Ria Masniari Lubis Ms. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Antenatal Oleh Ibu Hamil di Kabupaten Aceh Tenggara.

Ulina S. Pengaruh Karakteristik Ibu Hamil Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Antenatal K4 di Kelurahan Tg. Jati Wilayah Kerja Puskesmas Sambi Rejo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun 2004. Pengaruh Karakteristik Ibu Hamil Terhadap Pemanfaat Pelayanan Antenatal K4 di Kelurahan Tg Jati Wil Kerja Puskesmas Sambi Rejo Kec Binjai Kabupaten Langkat Tahun 2004.

Tambunan A. Pengaruh Karakteristik Ibu Hamil Terhadap Kunjungan Pelayanan Antenatal Di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Semayang Kabupaten Deli Serdang Tahun 2005. Pengaruh Karakteristik Ibu Hamil Terhadap Kunjungan Pelayanan Antenatal Di Wil Kerja Puskesmas Sei Semayang Kabupaten Deli Serdang Tahun 2005.

Sutomo Kasiman SPD, JP S, Yusniwarti Yusad Ms. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Cakupan Program Pemeriksaan Kehamilan (K1 Dan K4) Di Puskesmas Runding Kota Subulussalam Propinsi NAD.

Dina. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil tentang Perawatan Kehamilan, Karya Tulis Ilmiah Stikes Kebidanan Helvetia. Medan; 2000.

Depkes RI. Panduan Pelayanan Ante Natal. 2008;

Dwiyanti E. KEMATIAN IBU DI KALANGAN MASYARAKAT PEDESAAN: STUDI KASUS DI KABUPATEN BANGKALAN DAN GRESIK. J Penelit Din Sos. 2001;2(1):12–9.

Depkes RI. Buku Pedoman Bidan di Desa. Jakarta: Dirjen Binkemas; 1997.

Azwar A. Angka Kematian Ibu dan Bayi masih Tinggi, Direktur Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Depertemen Kesehatan (makalah dalam diskusi panel terkait Hari Kesehatan Sedunia 2005 yang diselenggarakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Jakarta;

Badan Pusat Statistik (BPS) dan Macro International. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2007. Macro Calverton, Maryland, USA; 1998.

Yuni K. Asuhan Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Niven. Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo; 2002.

Hartono. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Bumi Aksara; 2008.

Yuliarti E. Determinan Ibu Memilih Dukun Bayi Sebagai Penolong Persalinan Di Wilayah Kerja PUSKESMAS Bangko Pusako Kabupaten ROKAN Hilir Riau Tahun 2009.




DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v1i2.3941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidan Komunitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person: Wardiah Suryani

Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.

Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106

email : bidankomunitas@helvetia.ac.id