Analisis Faktor Untuk Mengetahui Hambatan dalam Penggunaan Kontrasepsi Implan di Desa Suka Maju Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang

Pratiwi Nasution, Erni Naibaho

Abstract


Indonesia merupakan negara ke-5 di dunia dengan estimasi jumlah penduduk terbanyak, yaitu 249 juta. Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia maka dicanangkan program KB, selanjutnya digunakan sebagai salah satu cara untuk menekan pertumbuhan jumlah penduduk. Jika ditinjau dari beberapa metode kontrasepsi yang diajukan oleh pemerintah, metode kontrasepsi implan memiliki peminat yang masih sedikit meskipun memiliki efektifitas yang panjang. Tujuan penelitian : untuk mengetahui hambatan dalam penggunaan kontrasepsi implan. Desain penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Survey analitik cross sectional. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor yaitu mereduksi 16 variabel menjadi 3 faktor yang menjadi hambatan dalam penggunaan kontrasepsi implan. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita pasangan usia subur (PUS) Pengguna KB Non Implan (kontrasepsi suntik dan pil) dengan jumlah sampel 80 orang dengan porposive sampling menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa dari 16 variabel yang dianalisis hanya 10 variabel yang dapat diikutkan dalam analisis faktor dengan nilai MSA > 0,5. Dari 10 variabel terbentuk 3 faktor yaitu faktor karakteristik dan kenyamanan penggunaan kontrasepsi, faktor dukungan dan faktor interpersonal. faktor karakteristik dan kenyamanan penggunaan kontrasepsi memberikan kontribusi sebesar 69%, faktor dukungan memberikan kontribusi sebesar 63%, dan faktor interpersonal memberikan kontribusi sebesar 67% yang menjadi hambatan dalam penggunaan kontrasepsi implan. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa faktor karakteristik dan kenyamanan penggunaan kontrasepsi, faktor dukungan dan faktor interpersonal yang menjadi hambatan dalam penggunaan kontrasepsi implan di Desa Suka Maju Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun 2015, sehingga perlu ditingkatkan profesionalisme petugas kesehatan khususnya petugas Keluarga Berencana dalam memberikan pelayanan seperti konseling ataupun edukasi sehingga dapat memotivasi masyarakat untuk menggunakan kontrasepsi implan.  

Kata Kunci : Analisis Faktor, Hambatan, Penggunaan Kontrasepsi Implan


Full Text:

PDF

References


Lumumba P, Abdullah HH, Si M. Halaman pengesahan.

Kementrian Kesehatan RI. Pusat data dan informasi. Jakarta Selatan Kementrian Kesehat RI. 2014;

Siregar FA. Pengaruh Nilai dan Jumlah Anak Pada Keluarga Terhadap Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera. Pengaruh Nilai dan Jumlah Anak Pada Kel Terhadap Norma Kel Kecil Bahagia dan Sejah. 2003;

Zaeni A. Implementasi Kebijakan Program Keluarga Berencana di Kabupaten Batang Studi Kasus Peningkatan Kesertaan KB Pria di Kecamatan Gringsing. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro; 2006.

Sulistio E, Ispriyanti D. Penerapan Regresi Logistik Multinomial Pada Pemilihan Alat Kontrasepsi Wanita (Studi Kasus Di Desa Tonggara Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal). Media Stat. 2010;3(1):31–40.

Jurisman A, Ariadi A, Kurniati R. Hubungan Karakteristik Ibu dengan Pemilihan Kontrasepsi di Puskesmas Padang Pasir Padang. J Kesehat Andalas. 2016;5(1).

Irawani TN. Hubungan Antara Sosialisasi Program Keluarga Berencana dengan Sikap Masyarakat untuk Ber-KB (Suatu Studi Korelasional Mengenai Hubungan Antara Sosialisasi Program Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Barat Dengan Sikap Masyarakat untuk Ber-KB). Falkultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA); 2014.

Wulandari Y, Muhammad T, Ridha A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Metode Kontrasepsi JangkaPanjang (MKJP) Pada PasanganUsia Subur di Kabupaten Sambas. Fak Ilmu Kesehat. 2016;

Hargiani r. Hubungan Pengetahuan Akseptor Tentang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (mkjp) dengan Keikutsertaan MKJP di Puskesmas Tegal Timur. Universitas Airlangga; 2016.

Sarwono S. Sosiologi kesehatan: beberapa konsep beserta aplikasinya. Gadjah Mada University Press; 1993.

Rachmayani AN. Faktor–Faktor yang Behubungan dengan Perilaku Penggunaan Kontrasepsi pada Wanita Usia Subur (WUS) di Sumatera Utara (Data SDKI 2012).

Hutaminingsih ika. Persepsi Perempuan terhadap Alat Kontrasepsi.

Notoatmodjo S. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: rineka cipta; 2010.

Retnowati M, Purwanti S. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Wanita Pekerja Seksual (Wps) Dalam Menggunakan Kondom Untuk Pencegahan Hiv/Aids Di Lokalisasi Gang Sadar Baturaden. Bidan Prada J Publ Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto. 2015;6(2).

Dolan P, Gudex C, Kind P, Williams A. The time trade‐off method: results from a general population study. Health Econ. 1996;5(2):141–54.

Dwi Retnowati F. Perbedaan kenyamanan seksual pada akseptor Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) di puskesmas Sragen. UNS; 2010.

Sari SK, Suryani ES, Handayani R. Hubungan konseling keluarga berencana (KB) dengan pengambilan keputusan pasangan usia subur (PUS) dalam penggunaan alat kontrasepsi. Bidan Prada J Publ Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto. 2010;1(01).

Dini PR. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan pemakaian Metode Kontrasepsi Implant di Desa Jimbaran Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Diploma IV Kebidanan STIKES Ngudi Waluyo Ungaran; 2004.

Asep Kamaludin A. Sistem pendukung keputusan dalam pemilihan alternatif alat kontrasepsi menggunakan simple additive weighting. UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2012.

Hartanto H. Keluarga berencana dan kontrasepsi. Jakarta: Pustaka sinar harapan; 2004.




DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v1i1.3916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidan Komunitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person: Wardiah Suryani

Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.

Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106

email : bidankomunitas@helvetia.ac.id